Perbedaan hasil belajar dalam mata pelajaran TIK pokok bahasan rumus dan fungsi dalam perangkat lunak pengolah angka menggunakan metode STAD dengan metode SFAE pada siswa kelas VIII SMPN 1 Beji Kabupaten Pasuruan / Yustyan Okta Diansyah
Main Author: | Diansyah, Yustyan Okta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45797/ |
Daftar Isi:
- KatakunciStudentTeamAchivementDivisions(STADdanMetodeStudentFasilitatorAndExplaining(SFAE)hasilbelajarTIK.Pembelajaranyangadapadateknologiinformasidankomunikasimemilikikarateristikyangberbeda-beda.Karateristikkognitifsangatberperanpentingdalampembelajaranuntukmeningkatkanpemahaman.Pemahamanyangkurangdapatmempersulitprosespembelajaran.BerdasarkanobservasiawaldiSMPN1BejiterdapatberbagaimasalahdiantaranyasiswayangremidialuntukmencapaiSKMsekitar35%darijumlahsiswa.permasalahtersebutdikarenakankurangaktifnyasiswadalampembelajarandansebagiansiswacenderungpasif.Metodeyangdigunakankurangmaksimaldalampelaksanaannyadandapatdilihatdaripelaksanaandanwaktupembelajaranyangkurangefektif.SolusidaripermasalahantersebutadalahmenggantimetodeyanglamayaitumetodeSFAEdenganmetodeyanglebihsesuaisepertimetodeStudentTeamAchivementDivisions(STAD).TujuandaripenelitianadalahuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarantarakelasyangdiberiperlakuanmetodeStudentTeamAchivementDivisions(STAD)dengankelasyangdiberiperlakuanmetodeStudentFasilitatorAndExplaining(SFAE).Rancanganpenelitianinibersifateksperimentalsemu.Variabelpenelitianiniterdiridarivariabelbebasyaitumetodepembelajarandanvariabelterikatnyahasilbelajar.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasVIIISMPN1Beji.PenentuansampelmenggunakanduakelasyangmemilikikemampuansamadandiperolehkelasVIIIBsebagaikelaskontrolyangdiberiperlakuanmetodeStudentFasilitatorAndExplaining(SFAE)danVIIIFsebagaikelaseksperimenyangdiberiperlakuanmetodeStudentTeamAchivementDivisions(STAD).HasilpenelitianmenunjukkanbahwapadakelaseksperimenyangdiberiperlakuanmetodeStudentTeamAchivementDivisions(STAD)memilikirata-ratahasilbelajar8344dankelaskontrolyangdiberiperlakuanmetodeStudentFasilitatorAndExplaining(SFAE)rata-ratahasilbelajar7938.Hasilbelajarkelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrol.TerdapatperbedaanhasilbelajarantarakelaseksperimendankelaskontrolyangdiketahuidenganmelihatsignifikansinilaiSig(p)0000005.KesimpulanpenelitianiniadalahterdapatperbedaanhasilbelajaryangsignifikanantarapenerapanmetodeStudentTeamAchivementDivisions(STAD)denganmetodeStudentFasilitatorAndExplaining(SFAE)padapokokbahasanrumusdanfungsipadaperangkatlunakpengolahangkasiswakelasVIIISMPN1Beji.