Perbedaan hasil belajar dalam mata pelajaran TIK pokok bahasan rumus dan fungsi dalam perangkat lunak pengolah angka menggunakan metode STAD dengan metode SFAE pada siswa kelas VIII SMPN 1 Beji Kabupaten Pasuruan / Yustyan Okta Diansyah

Main Author: Diansyah, Yustyan Okta
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/45797/
Daftar Isi:
  • KatakunciStudentTeamAchivementDivisions(STADdanMetodeStudentFasilitatorAndExplaining(SFAE)hasilbelajarTIK.Pembelajaranyangadapadateknologiinformasidankomunikasimemilikikarateristikyangberbeda-beda.Karateristikkognitifsangatberperanpentingdalampembelajaranuntukmeningkatkanpemahaman.Pemahamanyangkurangdapatmempersulitprosespembelajaran.BerdasarkanobservasiawaldiSMPN1BejiterdapatberbagaimasalahdiantaranyasiswayangremidialuntukmencapaiSKMsekitar35%darijumlahsiswa.permasalahtersebutdikarenakankurangaktifnyasiswadalampembelajarandansebagiansiswacenderungpasif.Metodeyangdigunakankurangmaksimaldalampelaksanaannyadandapatdilihatdaripelaksanaandanwaktupembelajaranyangkurangefektif.SolusidaripermasalahantersebutadalahmenggantimetodeyanglamayaitumetodeSFAEdenganmetodeyanglebihsesuaisepertimetodeStudentTeamAchivementDivisions(STAD).TujuandaripenelitianadalahuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarantarakelasyangdiberiperlakuanmetodeStudentTeamAchivementDivisions(STAD)dengankelasyangdiberiperlakuanmetodeStudentFasilitatorAndExplaining(SFAE).Rancanganpenelitianinibersifateksperimentalsemu.Variabelpenelitianiniterdiridarivariabelbebasyaitumetodepembelajarandanvariabelterikatnyahasilbelajar.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasVIIISMPN1Beji.PenentuansampelmenggunakanduakelasyangmemilikikemampuansamadandiperolehkelasVIIIBsebagaikelaskontrolyangdiberiperlakuanmetodeStudentFasilitatorAndExplaining(SFAE)danVIIIFsebagaikelaseksperimenyangdiberiperlakuanmetodeStudentTeamAchivementDivisions(STAD).HasilpenelitianmenunjukkanbahwapadakelaseksperimenyangdiberiperlakuanmetodeStudentTeamAchivementDivisions(STAD)memilikirata-ratahasilbelajar8344dankelaskontrolyangdiberiperlakuanmetodeStudentFasilitatorAndExplaining(SFAE)rata-ratahasilbelajar7938.Hasilbelajarkelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrol.TerdapatperbedaanhasilbelajarantarakelaseksperimendankelaskontrolyangdiketahuidenganmelihatsignifikansinilaiSig(p)0000005.KesimpulanpenelitianiniadalahterdapatperbedaanhasilbelajaryangsignifikanantarapenerapanmetodeStudentTeamAchivementDivisions(STAD)denganmetodeStudentFasilitatorAndExplaining(SFAE)padapokokbahasanrumusdanfungsipadaperangkatlunakpengolahangkasiswakelasVIIISMPN1Beji.