Pengembangan sumber belajar interaktif berbasis quantum teaching pada pokok bahasan perangkat lunak pengolah angka siswa kelas XI SMAN 1 Talun / Rio Kurnia Ramada

Main Author: Ramada, Rio Kurnia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/45786/
Daftar Isi:
  • KataKunciSumberbelajarinteraktifModelpembelajaranQuantumTeachingPokokbahasanperangkatlunakpengolahangkaPeranseorangpengajardalammenuntunsiswamemahamilangkahdemilangkahpenggunaanperangkatlunakpengolahangkasangatlahpenting.Namundengankaraktermasing-masingpelajaryangberbeda-bedaberdampakpadalamanyaprosespembelajarankarenamenunggusalahsatusiswayangbelumpahammengenaimateriyangbersangkutan.Untukmengatasimasalahtersebutmakadibutuhkansebuahsumberbelajaralternatifdenganmodelpembelajaranyangdapatmemudahkanprosesterbentuknyapengetahuanpadasiswasehinggamahirdalammenggunakanperangkatlunakpengolahangka.SalahsatusolusipengembanganmediaalternatiftersebutdapatdiwujudkandenganmemanfaatkansumberbelajarinteraktifyangmenerapkanmetodepembelajaranQuantumTeaching.DalammembangunsumberbelajarinteraktifberbasisQuantumTeachingpadapokokbahasanperangkatlunakpengolahangkamenggunakanduamodelpengembanganyaknimodelpengembanganDickCareydanmodelpengembanganADDIEyangdimodifikasisesuaikebutuhanyangmenghasilkanSumberBelajarInteraktifBerbasisQuantumTeachingPadaPokokBahasanPerangkatLunakPengolahAngkaSiswaKelasXISMAN1Talun.ProdukyangdihasilkandalampenelitianpengembanganiniberupasumberbelajarinteraktifyangdipadukandenganmetodepembelajaranQuantumTeachingsebagaistrategidalampenyampaianmateripelajaran.SumberbelajarinteraktifberbasisQuantumTeachingdapatmembantugurudalammembimbingsiswamemahamimateriperangkatlunakpengolahangkadanmempermudahsiswadalammenangkapmateripelajarantersebut.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenelitiandanpengembanganmenghasilkanproduksumberbelajarinteraktifberbasisQuantumTeachingpadapelajaranTIKuntuksiswaSMAN1TalunkelasXIpadamateriperangkatlunakpengolahangka.HasilpenelitiandanpengembangantersebutmenunjukkanbahwasumberbelajarinteraktifberbasisQuantumTeachingtermasukdalamkualifikasivaliddankriterialayakdigunakandalampembelajaran.