Pengembangan sumber belajar interaktif berbasis quantum teaching pada pokok bahasan perangkat lunak pengolah angka siswa kelas XI SMAN 1 Talun / Rio Kurnia Ramada
Main Author: | Ramada, Rio Kurnia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45786/ |
Daftar Isi:
- KataKunciSumberbelajarinteraktifModelpembelajaranQuantumTeachingPokokbahasanperangkatlunakpengolahangkaPeranseorangpengajardalammenuntunsiswamemahamilangkahdemilangkahpenggunaanperangkatlunakpengolahangkasangatlahpenting.Namundengankaraktermasing-masingpelajaryangberbeda-bedaberdampakpadalamanyaprosespembelajarankarenamenunggusalahsatusiswayangbelumpahammengenaimateriyangbersangkutan.Untukmengatasimasalahtersebutmakadibutuhkansebuahsumberbelajaralternatifdenganmodelpembelajaranyangdapatmemudahkanprosesterbentuknyapengetahuanpadasiswasehinggamahirdalammenggunakanperangkatlunakpengolahangka.SalahsatusolusipengembanganmediaalternatiftersebutdapatdiwujudkandenganmemanfaatkansumberbelajarinteraktifyangmenerapkanmetodepembelajaranQuantumTeaching.DalammembangunsumberbelajarinteraktifberbasisQuantumTeachingpadapokokbahasanperangkatlunakpengolahangkamenggunakanduamodelpengembanganyaknimodelpengembanganDickCareydanmodelpengembanganADDIEyangdimodifikasisesuaikebutuhanyangmenghasilkanSumberBelajarInteraktifBerbasisQuantumTeachingPadaPokokBahasanPerangkatLunakPengolahAngkaSiswaKelasXISMAN1Talun.ProdukyangdihasilkandalampenelitianpengembanganiniberupasumberbelajarinteraktifyangdipadukandenganmetodepembelajaranQuantumTeachingsebagaistrategidalampenyampaianmateripelajaran.SumberbelajarinteraktifberbasisQuantumTeachingdapatmembantugurudalammembimbingsiswamemahamimateriperangkatlunakpengolahangkadanmempermudahsiswadalammenangkapmateripelajarantersebut.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenelitiandanpengembanganmenghasilkanproduksumberbelajarinteraktifberbasisQuantumTeachingpadapelajaranTIKuntuksiswaSMAN1TalunkelasXIpadamateriperangkatlunakpengolahangka.HasilpenelitiandanpengembangantersebutmenunjukkanbahwasumberbelajarinteraktifberbasisQuantumTeachingtermasukdalamkualifikasivaliddankriterialayakdigunakandalampembelajaran.