Perbedaan hasil belajar pokok bahasan setting peripheral pada sistem operasi antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis CTL dengan model pembelajaran CTL pada siswa kelas X semester II di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang / Risan Pratikto Wibowo
Main Author: | Wibowo, Risan Pratikto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45783/ |
Daftar Isi:
- KatakunciSTADCTLhasilbelajarSettingPeripheralPadaSistemOperasiMateriPokokBahasanSettingPeripheralPadaSistemOperasiadalahsalahsatumateriTIKyangmenjelaskantentangbagaimanauntukmen-settingperipheral-peripheralkomputer.Materiinitidakhanyamenuntutsiswauntuksekedarpahamterhadapkonseptetapijugaterampildalampenggunaandanpenerapannya.karenadalamkehidupansehari-haribanyakditemukansettingperipheraltersebut.Namundalampembelajarandirasakurangmelibatkansiswa(teacheroriented)siswalebihdominanmenerimakonsepdaripadapraktiknya.Halinilahyangkemudianmembuatsiswasemakinkurangtertarikdenganmateriini.OlehkarenaitudalampenelitianiniditerapkanmetodeSTADberbasisCTLpadamateriMelakukanSettingPeripheralPadaSistemOperasi.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiPerbedaanHasilBelajarPokokBahasanSettingPeripheralPadaSistemOperasiAntaraPenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeSTADBerbasisCTLDenganModelPembelajaranCTLRancanganpenelitianiniadalaheksperimentalsemudenganpretestdanposttestdesignyangdiberikankepadakelaseksperimendankontrol.PopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXMAN3Malang.Pengambilansampeldilakukandenganpurposivesamplinguntukmenentukankeduakelas.Variabelbebasyaitumodelpembelajarandanvariabelterikatyaituhasilbelajar.Instrumenyangdigunakanyaituinstrumenperlakuandaninstrumenpengukuran.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifSTADberbasisCTLpadakelaseksperimenmemilikirata-ratahasilbelajarlebihtinggidaripadapenerapanCTLpadakelaskontrolyaitu83687949.IniterbuktidarihasilbelajarantarakelaseksperimendankelaskontrolmenunjukkanperbedaanyangsignifikanyaitudengannilaiSig(p)0003005.SelainituterdapatpengaruhsignifikanpenerapanpembelajarankooperatifSTADberbasisCTLterhadaphasilbelajardenganhubungansebesar948%sertasumbanganpengaruh899%danjugaterdapatpengaruhsignifikanpenerapanCTLterhadaphasilbelajardenganhubungansebesar934%sertasumbanganpengaruh872%.KesimpulandarihasilpenelitianiniadalahbahwapenerapanpembelajarankooperatifSTADberbasisCTLpadakelaseksperimenlebihbaikdanberpengaruhsignifikandaripadapenerapanCTLpadakelaskontrolkarenasiswalebihbisaaktifmengolahpengetahuannyadalammenyelesaikanmasalahdenganberkolaborasidenganteman-temansatukelompoknyadanbersainguntukmendapatkanpoinsebanyak-banyaknyauntukdisumbangkankekelompokmasing-masing.Halinimembuatsiswamenjadilebihaktifsehinggamampumembuatpembelajaranberpusatpadasiswa(studentcentered).