Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis WEB pada mata pelajaran IPS Sejarah untuk peserta didik kelas VII SMP / Teguh Wahyudi
Main Author: | Wahyudi, Teguh |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45774/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPengembanganMediaPembelajaranE-learningPerkembanganTeknologiInformasidanKomunikasi(TIK)yangsemakinpesatberdampakpadameningkatnyakebutuhantentangkonsepdanmekanismebelajarmengajarberbasisTIK.Proseskegiatanbelajarmengajardisekolah-sekolahseharusnyaberlangsungmenarikyangditandaidenganantusiasnyapesertadidikdalammengikutisetiapmatapelajaran.NamunkenyataandibeberapasekolahdiKabupatenTrenggalekmenunjukanlainkegiatanpembelajaranyangseharusnyamenarikpenuhaktivitasdankreativitasitubelummuncul.Olehkarenaitudiperlukansolusipengembanganmediapembelajaranyangbisamemotivasipesertadidikdalammengikutikegiatanbelajarmengajar.Tujuandaripengembanganmediapembelajaraniniadalahmenghasilkanprodukmediapembelajarane-learningberbasiswebpadamatapelajaranIPSsejarahkelasVIISMPyangdapatmembantugurudanpesertadidikdalammenyelenggarakankegiatanbelajarmengajar.Pengembanganmediapembelajarane-learningberbasiswebinimenggunakanmodelpengembanganAnalysisDesignDevelopmentImplementationEvaluate(ADDIE)menggunakanaplikasimoodle.Pengambilandatavalidasidalammediapembelajaraninimenggunakaninstrumenberupaangketyangdilakukanterhadap3(tiga)subjekyaituahlimediaahlimateridansiswa(responden).Hasilujicobaprodukyangdilakukanterhadap3(tiga)subjekpenelitiandiperolehhasilsebagaiberikut(1)ahlimediamenyatakanprodukinivaliddanlayakdenganpersentase9667%(2)ahlimaterimenyatakanprodukinivaliddanlayakdenganpersentase9629%(3)respondenkelompokkecilmenyatakanprodukinivaliddanlayakdenganpersentase9333%dan(4)respondenkelompokbesarmenyatakanprodukinivaliddanlayakdenganpersentase9135%.Dengandemikiandinyatakanbahwamediapembelajaranyangdikembangkansudahmemenuhikriteriavaliddanlayakuntukdigunakandalampembelajaran.