Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis WEB pada mata pelajaran IPS Sejarah untuk peserta didik kelas VII SMP / Teguh Wahyudi

Main Author: Wahyudi, Teguh
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/45774/
Daftar Isi:
  • KataKunciPengembanganMediaPembelajaranE-learningPerkembanganTeknologiInformasidanKomunikasi(TIK)yangsemakinpesatberdampakpadameningkatnyakebutuhantentangkonsepdanmekanismebelajarmengajarberbasisTIK.Proseskegiatanbelajarmengajardisekolah-sekolahseharusnyaberlangsungmenarikyangditandaidenganantusiasnyapesertadidikdalammengikutisetiapmatapelajaran.NamunkenyataandibeberapasekolahdiKabupatenTrenggalekmenunjukanlainkegiatanpembelajaranyangseharusnyamenarikpenuhaktivitasdankreativitasitubelummuncul.Olehkarenaitudiperlukansolusipengembanganmediapembelajaranyangbisamemotivasipesertadidikdalammengikutikegiatanbelajarmengajar.Tujuandaripengembanganmediapembelajaraniniadalahmenghasilkanprodukmediapembelajarane-learningberbasiswebpadamatapelajaranIPSsejarahkelasVIISMPyangdapatmembantugurudanpesertadidikdalammenyelenggarakankegiatanbelajarmengajar.Pengembanganmediapembelajarane-learningberbasiswebinimenggunakanmodelpengembanganAnalysisDesignDevelopmentImplementationEvaluate(ADDIE)menggunakanaplikasimoodle.Pengambilandatavalidasidalammediapembelajaraninimenggunakaninstrumenberupaangketyangdilakukanterhadap3(tiga)subjekyaituahlimediaahlimateridansiswa(responden).Hasilujicobaprodukyangdilakukanterhadap3(tiga)subjekpenelitiandiperolehhasilsebagaiberikut(1)ahlimediamenyatakanprodukinivaliddanlayakdenganpersentase9667%(2)ahlimaterimenyatakanprodukinivaliddanlayakdenganpersentase9629%(3)respondenkelompokkecilmenyatakanprodukinivaliddanlayakdenganpersentase9333%dan(4)respondenkelompokbesarmenyatakanprodukinivaliddanlayakdenganpersentase9135%.Dengandemikiandinyatakanbahwamediapembelajaranyangdikembangkansudahmemenuhikriteriavaliddanlayakuntukdigunakandalampembelajaran.