Pengembangan media pembelajaran berbasis e-learning pada mata pelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 2 R-SBI Bojonegoro / Indah Rahmawati

Main Author: Rahmawati, Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/45773/
Daftar Isi:
  • KataKunciMediapembelajarane-LearningMatematikaSMPN2R-SBIBojonegorokelasVIII.SelamainipenerapanpembelajaranberbasisICTmasihbelummeratadankurangmaksimalterutamapadapelajaranMatematika.PenggunaanmediapadaMatematikamasihdidominasiolehpapantulisdanbukuadapunwebyangdibuatolehguruMatematikahanyaberisigambarkegiatanMatematikadidalamsekolahdansedikitmaterisebagaisyarat.Minimnyavariasimediamembuatsiswamudahjenuhmalasbelajardankurangmotivasibelajar.HalinimenyebabkankurangnyanilaiMatematikapadaUjianNasionaldibandingmatapelajaranlaindiSMPNegeri2Bojonegoro.OlehkarenaitupenelitianinibertujuanuntukmengembangkanmediapembelajaranMatematikayangberbasise-Learningdanmengukurtingkatkelayakannya.Hasilakhirmediaininantinyadisebute-Math(e-LearningMathematics).PenelitianinimenggunakanmodelpengembanganADDIEyangterdiridaritahap1)analisis2)disain3)pengembangan4)evaluasidan5)implementasi.Evaluasiprosesdilakukansecaraberulanghinggadiperolehhasilyangdiharapkanyaknisuatumediapembelajarane-Math.Subjekcobapadapenelitianiniterdiridariahlimediaahlimateridancalonpenggunaatausiswa.Setelahdataujicobadidapatmakadilakukanpengelolaandata.Hasilpengelolaandatadianalisismenggunakanrumuspresentase.Berdasarkananalisisdatayangtelahdilakukandidapatpresentasehasilujicobaahlimediasebesar96%ahlimateri96%siswapadakelompokkecil87%dansiswapadaujilapangankelompokbesar85%disimpulkanrata-ratapresentasehasilujicobasebesar91%berartipadamediapembelajarane-Mathyangdikembangkansudahmemenuhikriterialayakdansecarakeseluruhandinyatakanbaiksertadapatdiujicobakanlebihluasagarnantinyabisadiimplementasikandalampembelajaran.