Pengembangan media pembelajaran interaktif pada pokok bahasan kemagnetan mata pelajaran fisika untuk kelas IX di SMP Negeri 18 Malang / Jayanti Tunggal Nardi

Main Author: Nardi, Jayanti Tunggal
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/45758/
Daftar Isi:
  • KataKunciMediaPembelajaranInteraktifKemagnetanProsesbelajarmengajarpadahakekatnyaadalahproseskomunikasiyaituprosespenyampaianpesandarisumberpesanmelaluimediatertentukepenerimapesan.Sesuatudapatdikatakanmediapembelajaranapabilamediatersebutdigunakanuntukmenyampaikanpesandengantujuan-tujuanpendidikandanpembelajaran.Berbagaimediadapatdigunakansalahsatunyaadalahmediapembelajaraninteraktif.Denganmediainteraktifpebelajarmenjadilebihaktifdalammengikutiinformasiyangterdapatdimediatersebutkarenainteraktifinimemilikikomunikasiduaarah.Sehinggakonsepfisikamenjadilebihmenariksehinggadapatmeningkatkanmotivasisiswauntukmempelajaridanmenguasainya.BerdasarkanhasilobservasiawalmelaluiwawancaradengangurufisikadisekolahSMPNegeri18MalangkelasIXdatayangdiperolehyaituselamaprosespembelajaranfisikadisekolahpadapokokbahasankemagnetansaatprosesbelajarmengajargurumegalamikesulitandalampenyampaianmateridanketerbatasanalatpraktekpadasaatmelakukanpraktikum.Halinimenyebabkansiswakurangtermotivasidanmerasakesulitandalammemahamidanmembayangkankonsep-konseppadapokokbahasankemagnetansecarajelas.OlehkarenaitudalampenelitianiniakanmengembangkanmediapembelajaraninteraktifmatapelajaranfisikapadapokokbahasankemagnetankelasIXdiSMPNegeri18Malang.DalampenelitiandanpengembanganinimengadopsimodelpengembangandariSugiyono(2008298)danSadiman(200298)penelitimenggunakandelapanlangkah.Adapundelapanlangkahyangdilakukanantaralain1)analisiskebutuhandilakukanwawancara2)perumusantujuandenganmemintaRPP3)pengembanganmateridilakukanpenyusunanmateri4)produksimulaimerancangdanmembuatproduk5)validasiprodukmemvalidasiprodukdengancarapemberianangket6)revisiprodukmemperbaikiprodukyangtelahdivalidasi7)ujicobaprodukdilakukanpadasiswa8)produkakhiryaituhasilakhirproduk.Produkyangdihasilkandalampengembanganiniberupamediapembelajaraninteraktif.Berdasarkanhasilpersentasedarievaluasiyangdilakukanolehahlimedia9583%ahlimateri96%ujicobakelompokkecil8028%danujicobakelompokbesar9318%.Memperolehhasilrata-ratakeseluruhanyaitu9132%yangdinyatakanvalidtanparevisi.JadidarikeseluruhanhasilevaluasidanujicobalapangandapatdisimpulkanbahwamediapembelajaraninteraktifinisudahlayakdigunakansebagaisumberbelajarolehgurudansiswadisekolahSMPNegeri18Malang.