Pengembangan media pembelajaran interaktif pada pokok bahasan kemagnetan mata pelajaran fisika untuk kelas IX di SMP Negeri 18 Malang / Jayanti Tunggal Nardi
Main Author: | Nardi, Jayanti Tunggal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45758/ |
Daftar Isi:
- KataKunciMediaPembelajaranInteraktifKemagnetanProsesbelajarmengajarpadahakekatnyaadalahproseskomunikasiyaituprosespenyampaianpesandarisumberpesanmelaluimediatertentukepenerimapesan.Sesuatudapatdikatakanmediapembelajaranapabilamediatersebutdigunakanuntukmenyampaikanpesandengantujuan-tujuanpendidikandanpembelajaran.Berbagaimediadapatdigunakansalahsatunyaadalahmediapembelajaraninteraktif.Denganmediainteraktifpebelajarmenjadilebihaktifdalammengikutiinformasiyangterdapatdimediatersebutkarenainteraktifinimemilikikomunikasiduaarah.Sehinggakonsepfisikamenjadilebihmenariksehinggadapatmeningkatkanmotivasisiswauntukmempelajaridanmenguasainya.BerdasarkanhasilobservasiawalmelaluiwawancaradengangurufisikadisekolahSMPNegeri18MalangkelasIXdatayangdiperolehyaituselamaprosespembelajaranfisikadisekolahpadapokokbahasankemagnetansaatprosesbelajarmengajargurumegalamikesulitandalampenyampaianmateridanketerbatasanalatpraktekpadasaatmelakukanpraktikum.Halinimenyebabkansiswakurangtermotivasidanmerasakesulitandalammemahamidanmembayangkankonsep-konseppadapokokbahasankemagnetansecarajelas.OlehkarenaitudalampenelitianiniakanmengembangkanmediapembelajaraninteraktifmatapelajaranfisikapadapokokbahasankemagnetankelasIXdiSMPNegeri18Malang.DalampenelitiandanpengembanganinimengadopsimodelpengembangandariSugiyono(2008298)danSadiman(200298)penelitimenggunakandelapanlangkah.Adapundelapanlangkahyangdilakukanantaralain1)analisiskebutuhandilakukanwawancara2)perumusantujuandenganmemintaRPP3)pengembanganmateridilakukanpenyusunanmateri4)produksimulaimerancangdanmembuatproduk5)validasiprodukmemvalidasiprodukdengancarapemberianangket6)revisiprodukmemperbaikiprodukyangtelahdivalidasi7)ujicobaprodukdilakukanpadasiswa8)produkakhiryaituhasilakhirproduk.Produkyangdihasilkandalampengembanganiniberupamediapembelajaraninteraktif.Berdasarkanhasilpersentasedarievaluasiyangdilakukanolehahlimedia9583%ahlimateri96%ujicobakelompokkecil8028%danujicobakelompokbesar9318%.Memperolehhasilrata-ratakeseluruhanyaitu9132%yangdinyatakanvalidtanparevisi.JadidarikeseluruhanhasilevaluasidanujicobalapangandapatdisimpulkanbahwamediapembelajaraninteraktifinisudahlayakdigunakansebagaisumberbelajarolehgurudansiswadisekolahSMPNegeri18Malang.