Pengembangan e-module berbasis WEB sebagai media pembelajaran interaktif untuk standar kompetensi memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi bagi siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang / Kartikadyota Kusumaningtyas
Main Author: | Kusumaningtyas, Kartikadyota |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45745/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipengembangane-modulewebmediapembelajaraninteraktif.Dalamprosesbelajarmengajaradabanyakfaktoryangmempengaruhitercapainyatujuanpembelajarandiantaranyaadalahpendidikpesertadidiklingkunganmetodesertamediapembelajaran.Pemilihanmediayangtepatdiupayakanolehguruuntukdapatmencapaitujuanpembelajaran.Salahsatumediayangmemungkinkansiswauntukbelajarsesuaidengankecepatanbelajaryangdimilikisertadapatmemberikangambarannyatadalammembelajarkanmateriadalahe-moduleberbasisweb.Denganmengoptimalkanketersediaansaranadanprasaranayangsudahmemadaie-moduleberbasiswebdirancangsebagaimediapembelajaraninteraktifsesuaidenganpenyajianmateripadastandarkompetensimemahamifungsidanproseskerjaberbagaiperalatanteknologiinformasidankomunikasidimanadapatmemberikangambarannyatadalammem-perkenalkanperangkatkeraskomputermenunjukkancarakerjajaringantele-komunikasimodemdansatelitsertamemperkenalkanperangkatlunakaplikasikomputer.Tujuanpengembanganiniadalahuntukmenyusunmaterimerancangaplikasie-moduleberbasiswebyangmenekankanpadasistempembelajarantuntas(masterylearning)danmengujikelayakanaplikasie-moduleberbasisweb.Aplikasie-moduleberbasiswebterdiridaritigamenuutamayaitu(1)ModulMateri(2)ModulEvaluasidan(3)RecordNilai.ModelpengembanganyangdigunakanpadapengembanganiniadalahmodelpengembanganvariasiyangberasaldarimodelpengembanganmenurutSadimanyangdigunakansebagaimodelpengembanganmaterisertamodelpengembanganperangkatlunakIncrementalyangdigunakansebagaimodelpengembanganperangkatlunaknya.Berdasarkanhasilvalidasiyangdilakukankepadaahlimateridanahlimediamenyatakanbahwaaplikasie-moduleberbasiswebmencapaitingkatvaliditassebesar85%dan9783%.Hasilujicobaperorangansiswadankelompokkecilyangdilakukanmencapaitingkatvaliditassebesar8583%dan8656%.Sedangkanhasilujilapanganyangdilakukanmenyatakantingkatvaliditassebesar8909%.MerujukpadakriteriavaliditasanalisispersentasemenurutAkbardanSriwiyana(2010212)makadapatdiketahuibahwaaplikasie-moduleberbasiswebsangatvalidsehinggaaplikasie-moduleberbasiswebdikatakanlayakdandapatdigunakandalampembelajarandiSMANegeri9Malangterutamapadastandarkompetensimemahamifungsidanproseskerjaberbagaiperalatanteknologiinformasidankomunikasi.8195