Pengembangan web komunitas (web education) sebagai media pembelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) untuk siswa SMA negeri se Kota Malang / Retno Indah Rokhmawati

Main Author: Rokhmawati, Retno Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/45725/
Daftar Isi:
  • KataKuncipengembanganmediapembelajaranwebkomunitas.Electroniclearning(e-learning)merupakansalahsatubentukmediapembelajaranyangmarakdikembangkan.Bentuke-learningsangatberagamantaralainanimasiinternetvideotutorialwebsitedanlainsebagainya.Salahsatubentuke-learningyangkerapdijumpaiadalahwebsite.Websiteyangmemuatkontenpembelajaranmendukungsiswauntukbelajarsecaramandiri.Sifatwebsiteyangbisadiakseskapanpundandimanapunmenjadikanwebsitepembelajaranmemilikikeunggulanyangtidakdimilikisaatpembelajarandikelas.BerdasarkanobservasidanwawancaradenganbeberapaguruSMAdiKotaMalangmunculsalahsatufaktayaknisiswamembutuhkansumberbelajaryangtidakhanyamenyajikanmateriTIKsesuaidengankurikulumsekolahtetapijugamenyediakanfiturforumuntukmendiskusikanhal-halyangberkaitandenganTIK.DengandemikianketikasiswaSMAyanginginmengikutiperlombaantentangTIKsiswadapatmemperluaswawasannyamelaluiforumdiskusidansiswadapatmengasahkemampuannyadenganmengerjakanlatihansoal.BerdasarkanpaparandiatasakandikembangkanwebsitekomunitassebagaimediapembelajaranTIKuntuksiswaSMANegeriseKotaMalang.WebkomunitasiniselanjutnyadisebutWebEducationatauWebEdu.WebEduinimenerapkanmodelpengembanganResearchandDevelopment(RD)danmodelpengembanganPrototyping.InstrumenyangdigunakanadalahangketuntukmenilaimediadanskorlatihansoalsebagaiindikatorkelayakanWebEdu.HasilvalidasiWebEdupadamasing-masingtahapanujicobayaitu(1)persentasehasilvalidasiahlimediasebesar98%danWebEdudinyatakanvalid(2)persentasehasilvalidasiahlimaterisebesar8333%danWebEdudinyatakanvaliddan(3)persentasehasilujicobapemakaianWebEduterhadapsiswasebesar854%danWebEdudinyatakanvalid.WebEdudapatmembantusiswauntukmemperdalampemahamanterhadapsuatumateri.HalinidapatdibuktikandariperolehanskorlatihansoalpadaWebEdudibandingkandenganskorulanganhariansiswadenganhasilsebagaiberikut(1)diSMAN3Malangsiswamemperolehskortertinggi100skorterendah75danskorrata-ratameningkatdari844menjadi879(2)diSMAN8Malangsiswamemperolehskortertinggi100skorterendah80danskorrata-ratameningkatdari874menjadi911dan(3)diSMAN9Malangsiswamemperolehskortertinggi95skorterendah65danskorrata-ratameningkatdari7678menjadi8148.BerdasarkanhasiltersebutmakadapatditarikkesimpulanbahwaWebEduvaliddigunakansebagaimediapembelajaran.SelainituWebEdudapatmembantusiswauntukmemperdalampemahamanterhadapsuatumateri.