Perbedaan hasil belajar siswa antara metode Numbered Head Together (NHT) berbasis CTL dengan metode NHT pada materi fungsi dan proses kerja peralatan TIK kelas X SMA Negeri 1 Sutojayan Blitar / Inge Ratna Dwi Alitalya
Main Author: | Alitalya, Inge Ratna Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45722/ |
Daftar Isi:
- KataKunciNumberedHeadTogether(NHT)CTLNHTberbasisCTLPendidikanmerupakanprosespembelajaranyangbertujuanagarpesertadidikdapatmengembangkanpotensiyangmerekamilikisecaraaktif.HasilobservasidiSMAN1Sutojayanmenunjukkanbahwafasilitaslaboratoriumkomputerkurangmemadaidanmetodebelajaryangdigunakankurangmenarikperhatiansiswa.Metodebelajarmasihberpusatpadaguruyangmenyebabkansiswacenderungpasifdanhasilbelajarpunrendah.Agardapatmeningkatkanhasilbelajarsiswamakaperluditerapkanmetodebelajaryangsesuaidengankondisidikelas.PenelitianinimenerapkanmetodeNHTberbasisCTLpadamaterifungsidanproseskerjaperalatanTIK.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswaantarapenerapanmetodeNHTberbasisCTLdenganmetodeNHTpadamaterifungsidanproseskerjaperalatanTIKsertapengaruhdarikeduametodebelajarterhadaphasilbelajarsiswa.Rancanganpenelitianiniadalaheksperimensemudenganpretest-posttest.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasXSMAN1Sutojayantahunajaran2011/2012.PenelitimenggunakanpurposivesamplingdengankelasX.7sebagaikelaseksperimenmenggunakanmetodeNHTberbasisCTLdankelasX.4sebagaikelaskontrolmenggunakanmetodeNHT.Variabelbebasyaitumetodepembelajarandanvariabelterikatyaituhasilbelajar.Instrumenyangdigunakanyaituinstrumenperlakuandaninstrumenpengukuran.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmetodeNHTberbasisCTLpadakelaseksperimenmemilikinilairata-ratahasilbelajarlebihtinggidaripadapenerapanmetodeNHTpadakelaskontrolyaitu8479981086.HasilbelajarantarakelaseksperimendankelaskontrolmenunjukkanperbedaanyangsignifikanyaitudengannilaiSig.0001005.HasilpenelitianinijugamenunjukkanbahwaterdapatpengaruhyangsignifikanantarametodeNHTberbasisCTLterhadaphasilbelajardenganhubungansebesar855%dansumbanganpengaruhsebesar731%.SelainituterdapatpengaruhyangsignifikanantarametodeNHTterhadaphasilbelajardenganhubungansebesar425%dansumbanganpengaruh181%.KesimpulandaripenelitianiniyaitupenerapanmetodeNHTberbasisCTLdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadanpenerapanmetodeNHTjugadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.NamunpenerapanmetodeNHTberbasisCTLlebihbaikdaripadapenerapanmetodeNHT.HalinidikarenakanpeningkatanhasilbelajarsiswadenganmetodeNHTberbasisCTLlebihtinggidaripadahasilbelajarsiswadenganmetodeNHT.TerdapatperbedaanhasilbelajaryangsignifikanantarakelasyangmenerapkanmetodeNHTberbasisCTLdankelasyangmenerapkanmetodeNHT.SelainituterdapatpengaruhyangsignifikanantarakeduametodebelajarterhadaphasilbelajarsiswakelasXSMAN1SutojayanBlitar.