Perbedaan hasil belajar siswa antara metode Numbered Head Together (NHT) berbasis CTL dengan metode NHT pada materi fungsi dan proses kerja peralatan TIK kelas X SMA Negeri 1 Sutojayan Blitar / Inge Ratna Dwi Alitalya

Main Author: Alitalya, Inge Ratna Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/45722/
Daftar Isi:
  • KataKunciNumberedHeadTogether(NHT)CTLNHTberbasisCTLPendidikanmerupakanprosespembelajaranyangbertujuanagarpesertadidikdapatmengembangkanpotensiyangmerekamilikisecaraaktif.HasilobservasidiSMAN1Sutojayanmenunjukkanbahwafasilitaslaboratoriumkomputerkurangmemadaidanmetodebelajaryangdigunakankurangmenarikperhatiansiswa.Metodebelajarmasihberpusatpadaguruyangmenyebabkansiswacenderungpasifdanhasilbelajarpunrendah.Agardapatmeningkatkanhasilbelajarsiswamakaperluditerapkanmetodebelajaryangsesuaidengankondisidikelas.PenelitianinimenerapkanmetodeNHTberbasisCTLpadamaterifungsidanproseskerjaperalatanTIK.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswaantarapenerapanmetodeNHTberbasisCTLdenganmetodeNHTpadamaterifungsidanproseskerjaperalatanTIKsertapengaruhdarikeduametodebelajarterhadaphasilbelajarsiswa.Rancanganpenelitianiniadalaheksperimensemudenganpretest-posttest.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasXSMAN1Sutojayantahunajaran2011/2012.PenelitimenggunakanpurposivesamplingdengankelasX.7sebagaikelaseksperimenmenggunakanmetodeNHTberbasisCTLdankelasX.4sebagaikelaskontrolmenggunakanmetodeNHT.Variabelbebasyaitumetodepembelajarandanvariabelterikatyaituhasilbelajar.Instrumenyangdigunakanyaituinstrumenperlakuandaninstrumenpengukuran.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmetodeNHTberbasisCTLpadakelaseksperimenmemilikinilairata-ratahasilbelajarlebihtinggidaripadapenerapanmetodeNHTpadakelaskontrolyaitu8479981086.HasilbelajarantarakelaseksperimendankelaskontrolmenunjukkanperbedaanyangsignifikanyaitudengannilaiSig.0001005.HasilpenelitianinijugamenunjukkanbahwaterdapatpengaruhyangsignifikanantarametodeNHTberbasisCTLterhadaphasilbelajardenganhubungansebesar855%dansumbanganpengaruhsebesar731%.SelainituterdapatpengaruhyangsignifikanantarametodeNHTterhadaphasilbelajardenganhubungansebesar425%dansumbanganpengaruh181%.KesimpulandaripenelitianiniyaitupenerapanmetodeNHTberbasisCTLdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadanpenerapanmetodeNHTjugadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.NamunpenerapanmetodeNHTberbasisCTLlebihbaikdaripadapenerapanmetodeNHT.HalinidikarenakanpeningkatanhasilbelajarsiswadenganmetodeNHTberbasisCTLlebihtinggidaripadahasilbelajarsiswadenganmetodeNHT.TerdapatperbedaanhasilbelajaryangsignifikanantarakelasyangmenerapkanmetodeNHTberbasisCTLdankelasyangmenerapkanmetodeNHT.SelainituterdapatpengaruhyangsignifikanantarakeduametodebelajarterhadaphasilbelajarsiswakelasXSMAN1SutojayanBlitar.