Pengaruh penerapan remedial intelligent tutoring system berbasis web terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran TIK kelas VIII semester II tahun ajaran 2011/2012 di SMP Negeri 18 Malang / Baiq Fiya Hidayani Azhar
Main Author: | Azhar, Baiq Fiya Hidayani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45715/ |
Daftar Isi:
- KatakunciRemedialIntelligentTutoringSystemHasilBelajar.Prosesbelajarakanmenghasilkanperubahan-perubahandalamdiriseseorang.Untukmengetahuiseberapajauhperubahanyangterjadiperluadanyapenilaiandarihasilbelajarnya.Untukmencapaitujuanpembelajarandijumpaiadanyapesertadidikyangmengalamikesulitanataumasalahbelajar.Untukmengatasimasalahtersebutsetiapsatuanpendidikanperlumenyelenggarakanprogrampembelajaranremedialatauperbaikan.Namunpembelajaranremedialtidakselamanyaberdampakpositifbagipendidikan.BerdasarkanhasilobsevasidiSMPN18Malangdiketahuibahwaseringterjadinyawaktuyangtidakefisiendalampelaksanaanremedial.Banyaknyatesremedialberartitambahanpekerjaanyangmenyitawaktudantenagabagiseorangguru.Dimanaguruharusmampumendeteksisiapasajasiswayangperlumendapatperhatiandanperlumemperolehpengajaranremedial.Sementaraitutidakmenutupkemungkinanhasilremedialitusendiritidaklebihbaikdarihasiltessebelumnya.Makaperluditerapkanmetodepembelajaranremedialyangdapatmempermudahgurudalammengajarsertameningkatkanhasilbelajar.OlehkarenaitudalampenelitianiniditerapkanremedialITSterhadaphasilbelajaruntukmengetahuikeefektifanpenerapanpembelajaranremedialITSdalammeningkatkanhasilbelajarsiswadiSMPN18Malang.Rancanganpenelitianiniyaitueksperimensemudenganpretest-posttest.PopulasipenelitianinisiswakelasVIIISMPN18Malangtahunpelajaran2011/2012pengambilansampeldenganpurposivesamplingyaitukelasVIIIFsebagaikelaseksperimendanVIIIEsebagaikelaskontrol.VariabelbebasyaitupembelajaranremedialITSdanvariabelterikatyaituhasilbelajar.Instrumenyangdigunakanyaituinstrumenperlakuandaninstrumenpengukuran.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanremedialITSberbasiswebpadakelaseksperimenmemilikirata-ratahasilbelajarlebihtinggidaripadapenerapanremedialkonvensionalpadakelaskontrolyaitu73626793.HasilbelajarantarakelaseksperimendankelaskontrolmenunjukkanperbedaanyangsignifikanyaitudengannilaiSig(p)0003005.TerdapatpengaruhsignifikanantarapembelajaranremedialITSberbasiswebterhadaphasilbelajardenganhubungansebesar534%sertasumbanganpengaruh285%.KesimpulandarihasilpenelitianyaituterdapatperbedaanyangsignifikanantarahasilbelajarsiswaremedialyangmengikutipembelajaranremedialITSdenganpembelajaranremedialkonvensionaldanterdapatpengaruhyangsignifikanantarapenerapanpembelajaranremedialITSterhadaphasilbelajarsiswakelasVIIISMPN18Malang