Pengaruh penerapan remedial intelligent tutoring system berbasis web terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran TIK kelas VIII semester II tahun ajaran 2011/2012 di SMP Negeri 18 Malang / Baiq Fiya Hidayani Azhar

Main Author: Azhar, Baiq Fiya Hidayani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/45715/
Daftar Isi:
  • KatakunciRemedialIntelligentTutoringSystemHasilBelajar.Prosesbelajarakanmenghasilkanperubahan-perubahandalamdiriseseorang.Untukmengetahuiseberapajauhperubahanyangterjadiperluadanyapenilaiandarihasilbelajarnya.Untukmencapaitujuanpembelajarandijumpaiadanyapesertadidikyangmengalamikesulitanataumasalahbelajar.Untukmengatasimasalahtersebutsetiapsatuanpendidikanperlumenyelenggarakanprogrampembelajaranremedialatauperbaikan.Namunpembelajaranremedialtidakselamanyaberdampakpositifbagipendidikan.BerdasarkanhasilobsevasidiSMPN18Malangdiketahuibahwaseringterjadinyawaktuyangtidakefisiendalampelaksanaanremedial.Banyaknyatesremedialberartitambahanpekerjaanyangmenyitawaktudantenagabagiseorangguru.Dimanaguruharusmampumendeteksisiapasajasiswayangperlumendapatperhatiandanperlumemperolehpengajaranremedial.Sementaraitutidakmenutupkemungkinanhasilremedialitusendiritidaklebihbaikdarihasiltessebelumnya.Makaperluditerapkanmetodepembelajaranremedialyangdapatmempermudahgurudalammengajarsertameningkatkanhasilbelajar.OlehkarenaitudalampenelitianiniditerapkanremedialITSterhadaphasilbelajaruntukmengetahuikeefektifanpenerapanpembelajaranremedialITSdalammeningkatkanhasilbelajarsiswadiSMPN18Malang.Rancanganpenelitianiniyaitueksperimensemudenganpretest-posttest.PopulasipenelitianinisiswakelasVIIISMPN18Malangtahunpelajaran2011/2012pengambilansampeldenganpurposivesamplingyaitukelasVIIIFsebagaikelaseksperimendanVIIIEsebagaikelaskontrol.VariabelbebasyaitupembelajaranremedialITSdanvariabelterikatyaituhasilbelajar.Instrumenyangdigunakanyaituinstrumenperlakuandaninstrumenpengukuran.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanremedialITSberbasiswebpadakelaseksperimenmemilikirata-ratahasilbelajarlebihtinggidaripadapenerapanremedialkonvensionalpadakelaskontrolyaitu73626793.HasilbelajarantarakelaseksperimendankelaskontrolmenunjukkanperbedaanyangsignifikanyaitudengannilaiSig(p)0003005.TerdapatpengaruhsignifikanantarapembelajaranremedialITSberbasiswebterhadaphasilbelajardenganhubungansebesar534%sertasumbanganpengaruh285%.KesimpulandarihasilpenelitianyaituterdapatperbedaanyangsignifikanantarahasilbelajarsiswaremedialyangmengikutipembelajaranremedialITSdenganpembelajaranremedialkonvensionaldanterdapatpengaruhyangsignifikanantarapenerapanpembelajaranremedialITSterhadaphasilbelajarsiswakelasVIIISMPN18Malang