Pengembangan media pembelajaran materi aritmetika berbantuan tools animasi di SMP Terbuka Negeri 1 Malang / Sigid Budianto
Main Author: | Budianto, Sigid |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45706/ |
Daftar Isi:
- KataKunciMediaPembelajaranAritmetikaSosialAnimasi.SMPTerbukaadalahsalahsatusubsistempendidikanjalurformalyangmenggunakanprinsipbelajarsecaramandiriyaitubelajardenganbantuanseminimalmungkindarioranglain.BerdasarkanSuratDirekturPembinaanSMPNo.870/C3/DS/2009tentangperintisanprogramPembelajaranBerbasisICT(InformationandCommunicationTechnology)padaSMPTerbukaditiga(3)Daerah(JakartaKandanghaurdanMalang)makaSMPTerbuka1MalangsebagaisekolahpilotprojectuntukprogramrintisandalammelaksanakanPBM(ProsesBelajarMengajar)menggunakanPembelajaranberbasisICT/TIK(InformationandCommunicationTechnology/TeknologiInformasidanKomuniksi).DenganmenggunakanMultimediapesertadidikmemilikikesempatanuntukmenghubungkandanberinteraksidenganmediayangpalingcepatefektifdanefisienMultimediamenjanjikanpotensibesardalammeningkatkanpemahamanpesetadidikterhadapmateriyangdiberikancaramemperolehinformasicaraberadaptasidenganinformasi.Multimediajugamenyediakanberbagaipeluangkepadaparaguruuntukmembentukpengetahuanberdasarkankeperluanmasingmasingsertamengalamisuasanapembelajaranyanglebihmenarikdanberkesan.Denganinimakapenelitimengembangkanmultimediapembelajaraninteraktifyangdikemasdalambentukcdpembelajaranagarpembelajaranbisalebihmenyenangkanmenarikdantidakmembosankansertamampumeningkatkanpemahamandandapatmerubahanggapansiswabahwamatematikasulituntukdipelajarimenjadimudah.Mediapembelajaraninijugadapatdimanfaatkanolehguruuntukmembantuprosespenyampaianmateridanbelajarsiswadengandidampingiataubelajarsendiri.MetodeyangdipakaiadalahmetodepengembanganSadimandikarenakanmetodeinimenitikberatkanpadamasalahpengembanganmediayangmemilikikecenderunganuntukdimanfaatkanpadaprosespendidikanformalyangberisi9tahappengembanganyaitu(a)identifikasikebutuhan(b)analisatujuanpengembanganmateri(c)pengembanganalatevaluasi(d)menyusunnaskah(e)produksi(f)petunjukpemanfaatan(g)validasirevisidanpenyempurnaan.Hasilyangtelahdicapaidariahlimediamenunjukkanpresentase95.5%sehinggadapatdikatakanmedialayakdigunakandariahlimaterimenunjukkanpresentase94.64%sehinggadapatdikatakanmedialayakdigunakandandarisiswamenunjukkanpresentase89.81%untukujikelompokkecildan88.15%untukujilapangansehinggadapatdikatakanmedialayakdigunakandalampembelajaran.