Implementasi direct intruction berbasis modul dan tutor sebaya untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar TIK pokok bahasan membuat lembar kerja(worksheet) menggunakan formula dan grafik program aplikasi pengolahan angka(MS Excel) pada siswa kelas XI IPA 3 di SMAN

Main Author: Bayusih A., Andika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/45700/
Daftar Isi:
  • KatakuncidirectinstructionberbasismodultutorsebayamotivasibelajarprestasibelajarSiswakelasXIIPA3SMANegeriKesambenmemilikimotivasidanprestasiyangrendah.GejalayangmenunjukkanrendahnyamotivasibelajarmatapelajaranTIKantaralain(1)tidaksemuasiswaantusiasdalammengikutikegiatanpembelajaran(2)tidaksemuasiswamemperhatikanketikagurusedangmenyampaikanmateripelajaranbahkansiswacenderungapatissehinggaketertibankelasmenjaditerganggu(3)jikatidakdiberikansangsitertentuataudiberipenguatandalambentukpunishmentsiswaakanmelakukankegiatanlaindidalamkelassepertimengerjakanPRmatapelajaranlaintidurberbicarasendiriataubahkandiluarkelasuntukpergikekantindiluarjamistirahat.Halinidikarenakankurangnyaketerlibatanaktivitassiswadalamprosespembelajaransehinggakebanyakansiswacenderungpasifdanhanyasiswa-siswatertentusajayangmaudanmampumenjawabpertanyaan.Rendahnyamotivasibelajardanaktivitassiswatersebutberdampakterhadaphasilbelajaryangdiperolehsiswakurangmemuaskan.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan(1)BagaimanaimplementasidirectinstructionberbasismoduldantutorsebayadalammeningkatkanmotivasibelajarTIKpokokbahasanmembuatlembarkerja(worksheet)menggunakanformuladangrafikprogramaplikasipengolahangka(Ms.Excel)padasiswakelasXIIPA3diSMAN1Kesambendan(2)BagaimanaimplementasidirectinstructionberbasismoduldantutorsebayadalammeningkatkanprestasibelajarTIKpokokbahasanmembuatlembarkerja(worksheet)menggunakanformuladangrafikprogramaplikasipengolahangka(Ms.Excel)padasiswakelasXIIPA3diSMAN1Kesamben.Penelitianinimenggunakanmetodekualitatifdeskriptif.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(classroomactionresearch).Instrumenpenelitianberupalembarwawancaracatatanlapanganlembarpenilaianmotivasilembarpenilaiankognitiflembarpenilaianafektiflembarpenilaianpsikomotordanangketresponsiswa.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaimplementasidirectinstructionberbasismoduldantutorsebayadapatmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarsiswapadamatapelajaranTIKpokokbahasanmembuatlembarkerja(worksheet)menggunakanformuladangrafikprogramaplikasipengolahangka(Ms.Excel)padasiswakelasXIIPA3diSMAN1Kesamben.Berdasarkanpaparandatadiperolehnilaiskorrata-ratamotivasibelajarsiswasiklusIadalah5636%dengankategoricukupsedangkansiklusIIskorrata-ratamotivasibelajarsiswaadalah7176%dengankategoribaik.Skorrata-ratamotivasibelajarsiswadalampembelajaranmengalamipeningkatansebesar154%.BerdasarkanpaparandataprestasibelajarmenunjukkanbahwapersentaseketuntasanbelajarsiswadilihatdariaspekkognitifpadasiklusIadalah8056%sedangkanpadasiklusIIsebesar8888%.AspekafektifpadasiklusIsebesar3333%dansiklusIIsebesar75%.AspekpsikomotorikpadasiklusIsebesar75%dansiklusIIsebesar8611%.PersentaseketuntasanbelajarsiswadilihatdariketigaaspekprestasibelajarsiswamengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusII.Aspekkognitifmeningkatsebesar832%aspekafektifmeningkatsebesar4167%sedangkanaspekpsikomotorikmeningkatsebesar1111%.