Implementasi direct intruction berbasis modul dan tutor sebaya untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar TIK pokok bahasan membuat lembar kerja(worksheet) menggunakan formula dan grafik program aplikasi pengolahan angka(MS Excel) pada siswa kelas XI IPA 3 di SMAN
Main Author: | Bayusih A., Andika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45700/ |
Daftar Isi:
- KatakuncidirectinstructionberbasismodultutorsebayamotivasibelajarprestasibelajarSiswakelasXIIPA3SMANegeriKesambenmemilikimotivasidanprestasiyangrendah.GejalayangmenunjukkanrendahnyamotivasibelajarmatapelajaranTIKantaralain(1)tidaksemuasiswaantusiasdalammengikutikegiatanpembelajaran(2)tidaksemuasiswamemperhatikanketikagurusedangmenyampaikanmateripelajaranbahkansiswacenderungapatissehinggaketertibankelasmenjaditerganggu(3)jikatidakdiberikansangsitertentuataudiberipenguatandalambentukpunishmentsiswaakanmelakukankegiatanlaindidalamkelassepertimengerjakanPRmatapelajaranlaintidurberbicarasendiriataubahkandiluarkelasuntukpergikekantindiluarjamistirahat.Halinidikarenakankurangnyaketerlibatanaktivitassiswadalamprosespembelajaransehinggakebanyakansiswacenderungpasifdanhanyasiswa-siswatertentusajayangmaudanmampumenjawabpertanyaan.Rendahnyamotivasibelajardanaktivitassiswatersebutberdampakterhadaphasilbelajaryangdiperolehsiswakurangmemuaskan.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan(1)BagaimanaimplementasidirectinstructionberbasismoduldantutorsebayadalammeningkatkanmotivasibelajarTIKpokokbahasanmembuatlembarkerja(worksheet)menggunakanformuladangrafikprogramaplikasipengolahangka(Ms.Excel)padasiswakelasXIIPA3diSMAN1Kesambendan(2)BagaimanaimplementasidirectinstructionberbasismoduldantutorsebayadalammeningkatkanprestasibelajarTIKpokokbahasanmembuatlembarkerja(worksheet)menggunakanformuladangrafikprogramaplikasipengolahangka(Ms.Excel)padasiswakelasXIIPA3diSMAN1Kesamben.Penelitianinimenggunakanmetodekualitatifdeskriptif.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(classroomactionresearch).Instrumenpenelitianberupalembarwawancaracatatanlapanganlembarpenilaianmotivasilembarpenilaiankognitiflembarpenilaianafektiflembarpenilaianpsikomotordanangketresponsiswa.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaimplementasidirectinstructionberbasismoduldantutorsebayadapatmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarsiswapadamatapelajaranTIKpokokbahasanmembuatlembarkerja(worksheet)menggunakanformuladangrafikprogramaplikasipengolahangka(Ms.Excel)padasiswakelasXIIPA3diSMAN1Kesamben.Berdasarkanpaparandatadiperolehnilaiskorrata-ratamotivasibelajarsiswasiklusIadalah5636%dengankategoricukupsedangkansiklusIIskorrata-ratamotivasibelajarsiswaadalah7176%dengankategoribaik.Skorrata-ratamotivasibelajarsiswadalampembelajaranmengalamipeningkatansebesar154%.BerdasarkanpaparandataprestasibelajarmenunjukkanbahwapersentaseketuntasanbelajarsiswadilihatdariaspekkognitifpadasiklusIadalah8056%sedangkanpadasiklusIIsebesar8888%.AspekafektifpadasiklusIsebesar3333%dansiklusIIsebesar75%.AspekpsikomotorikpadasiklusIsebesar75%dansiklusIIsebesar8611%.PersentaseketuntasanbelajarsiswadilihatdariketigaaspekprestasibelajarsiswamengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusII.Aspekkognitifmeningkatsebesar832%aspekafektifmeningkatsebesar4167%sedangkanaspekpsikomotorikmeningkatsebesar1111%.