Pengaruh model pembelajaran koopeartif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar TIK kelas X SMA Negeri 1 Kepanjen / Ali Mustofa

Main Author: Mustofa, Ali
Format: Thesis NonPeerReviewed
Online Access: http://repository.um.ac.id/45693/
Daftar Isi:
  • KataKunciTeamAssistedIndividualizationPBLHasilBelajarTIKModelpembelajarandalamprosesbelajarmengajarsangatberperandalamkeberhasilanbelajarsiswa.Pemilihanmodelpembelajaranyangtepatakanmemperbesarpeluangpencapaiankeberhasilanbelajar.Langkahyangdapatdiupayakanolehseorangguruadalahdenganmelakukanpendekatan-pendekatansecaraindividukepadasiswayangmemilikikemampuandibawahrata-ratauntukmemberikanbantuandalampemahamanmateriagartidaktertinggalolehsiswalaindanmemberikanmotivasiagarsiswayangbersangkutanmauberusahasepertisiswalain.Tujuanpenelitianinimendeskripsikan(1)PerbedaanhasilbelajarsiswaantarayangkegiatanpembelajaranyamenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeTAI(TeamAssistedIndividualization)danmodelpembelajaranPBL(ProblemBasedLearning)(2)PengaruhpenerapanmodelpembelajaranantarayangkegiatanpembelajaranyamenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeTAI(TeamAssistedIndividualization)danmodelpembelajaranPBL(ProblemBasedLearning).RancanganpenelitianyangdigunakanadalahquasieksperimentdenganteknikpurposivesamplingadapunsampelpenelitianadalahsiswakelasX-2sebagaikelaskontroldanX-6sebagaikelaseksperimen.InstrumenyangdigunakanyaituinstrumenpermbelajaranyaitusilabusrppdaninstrumenpengukuranmenggunakanrubrikafektifrubrikunjukkerjajobsheettessertaangketuntukmengukurvariabelXdanvariabelY.TeknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisstatistikkuantitatifdenganbantuanSPSSdananalisiskualitatif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwarata-ratanilaihasilbelajarsiswapadakelompokeksperimenadalah8485danpadakelompokkontroladalah8086sertahasilrerataresponsiswakelaseksperimen8314dan8060padakelaskontrol.Datahasilbelajardarimasing-masingkelasdiujihipotesismenggunakanuji-tsertadatahasilbelajardandataresponsiswadiujihipotesismenggunakanujiregresilinearsederhana.Dariuji-tdiperolehhasilyaituthitung(5152)ttabel(2000)sehinggaterdapatperbedaanhasilbelajarsiswakelaseksperimendankelaskontrol.Kesimpulanpenelitianini(1)TerdapatperbedaanhasilbelajaryangsignifikanantarakelasyangkegiatanpembelajaranyamenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeTAI(TeamAssistedIndividualization)danmodelPBL(2)TerdapatpengaruhyangsignifikanantaramodelpembelajaranbaikpadakelaseksperimenmaupunkelaskontrolterhadaphasilbelajarsiswasehinggamodelpembelajarankooperatiftipeTAI(TeamAssistedIndividualization)lebihbaikdaripadamodelpembelajaranPBL(ProblemBasedLearning).