Pengembangan media pembelajaran game edukasi pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) kelas VII semester gasal SMP Negeri 1 Trenggalek / Romita Apriyani
Main Author: | Apriyani, Romita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45675/ |
Daftar Isi:
- KatakuncimultimediainteraktifgameedukasiTIKPerkembanganteknologiinformasidankomunikasisaatiniberpengaruhbesarterhadapberbagaiaspekkehidupanbahkanperilakudanaktivitasmanusiakinibanyaktergantungkepadateknologiinformasidankomunikasi.Salahsatucontohnyaadalahpemanfaatanteknologipadaprosesbelajarmengajarterutamateknologimultimediakomputer.Dalamduniapendidikanberbagaimediapembelajaranberbasismultimediainimulaidikembangkanuntukmembantuterciptanyaprosespembelajaranyangefektifdanmenarik.Salahsatubentukmediapembelajaranberbasismultimediaadalahgameedukasi.Gameedukasidipilihkarenagamesebagaimediavisualmemilikikelebihandibandingkandenganmediavisualyanglainkarenagamemengajakpemainnyauntukturutsertadanandildalammenentukanhasilakhirdarigametersebut.GamepadasaatinijugatelahdikenalolehsebagianbesarsiswaSMPdanSMA.TujuandaripengembanganiniadalahuntukmerancangdanmembuatmediapembelajarangameedukasipadamatapelajaranTeknologiInformasidanKomunikasi(TIK)untukSMPKelasVIIsemestergasalsertamelakukanujicobamediauntukmembuktikanbahwamediatersebutlayakdigunakanuntukpembelajaran.PenelitianinimenggunakanmodelpengembanganmediapembelajaranArifS.Sadiman(2002).Padamodelinipengembanganmediamediapembelajarandikelompokkankedalam10tahapbesaryaitu1)analisiskebutuhan2)analisistujuan3)pengembanganmateri4)produksi5)menyusunpetunjukpemanfaatan6)komentarahlimediaahlimateridanaudiens7)ujicobaperseorangan8)ujicobakelompokkecil9)ujicobalapangandan10)revisi.Subjekcobapadapenelitianiniterdiridariahlimediaahlimateridancalonpengguna(siswa).Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakankuesioner.Instrumenpengumpulandatayangdigunakanadalahangket(kuesioner)yangbersifatsemitertutup.Setelahdataujicobaberhasildidapatkanmakadilakukanpengolahandata.Pengolahandatahasilujicobadianalisismenggunakanrumuspresentase.Berdasarkananalisisdatayangtelahdilakukandidapatkanpersentasehasilujicobaolehahlimediasebesar884%ahlimaterisebesar915%siswa(perseorangan)sebesar791%hasilujicobakelompokkecilsebesar896%danhasilujicobalapangansebesar9405%.Rata-ratapersentasehasilujicobaadalah885%.Menurutpedomankriteriatingkatkelayakanmediamakamediapembelajarangameedukasiinisudahvaliddantidakperludilakukanrevisi.Darihasiltersebutdapatdisimpulkanbahwapengembanganmediapembelajaranberbasisgameedukasiinilayakuntukdigunakansebagaimediapembelajaran.