Pengaruh kolaborasi model pembelajaran quantum teaching dan cooperative learning tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 1 Pogalan Kabupaten Trenggalek / Novi Dyah Puspitasari

Main Author: Puspitasari, Novi Dyah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/45659/
Daftar Isi:
  • KataKunciQuantumTeachingTGTMotivasidanHasilBelajarPendidikanmemilikiperananyangsangatpentinguntukmenciptakankehidupanbangsayangcerdasdamaiterbukadandemokratis.DariobeservasiawaldisekolahdiketahuibahwamotivasidanhasilbelajaryangkurangpadamatapelajaranTIKdiSMPNegeri1PogalankhususnyasiswakelasVIIGdanVIIH.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatditerapkanuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarTIKyaituQuantumTeachingdanCooperativeLearningTipeTGT(TeamsGamesTournament).AdapuntujuanpenelitianiniuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswayangmengalamiperlakuanyangberbedamengetahuiperbedaanmotivasibelajarsiswayangmengalamiperlakuanyangberbedamengetahuipengaruhkolaborasimodelpembelajaranQuantumTeachingdanCooperativeLearningtipeTGT(TeamsGamesTournament)terhadapmotivasibelajarsiswadanmengetahuipengaruhkolaborasimodelpembelajaranQuantumTeachingdanCooperativeLearningtipeTGT(TeamsGamesTournament)hasilbelajarsiswa.Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimentalsemu(quasyexperimentaldesign).Kemampuanawalsiswadiperolehdarihasilpretes.PopulasidaripenelitianiniadalahseluruhkelasVIISMPN1Pogalanyangterdiridari9kelas.Sampeldaripenelitianinihanyamenggunakan2kelasyaitukelasVIIGsebagaikelaseksperimendenganpenerapankolaborasimodelpembelajaranQuantumTeachingdanCooperativeLearningTipeTGTdankelasVIIHsebagaikelaskontroldenganpenerapanmodelpembelajaranCTL.Teknikpengumpulandatadilakukanmelalui3tahapyaitutahappersiapantahappelaksanaandantahapakhir.Instrumenyangdigunakanyaituinstrumenperlakuandaninstrumenpengukuran.Analisishasilpenelitianyangdipakaiadalahujinormalitasujihomogenitasujihipotesisyangmenggunakanuji-tdanujiregresilinieruntukmengetahuipengaruh.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa(1)terdapatperbedaanhasilbelajarantarakelaskontroldengankelaseksperimensesuaidenganhasilujityaituthitung(2486)lebihbesardarittabel(1671).(2)terdapatperbedaanmotivasibelajarantarakelaskontroldengankelaseksperimensesuaidenganhasilujityaituthitung(1815)lebihbesardarittabel(1671).(3)terdapatpengaruhyangsignifikanantaraketerlaksanaanmodelpembelajarandenganhasilbelajarsesuaidenganhasilanalisisregresisederhanayaituPsig.(0001)lebihkecildari001.(4)terdapatpengaruhyangsignifikanantaraketerlaksanaanmodelpembelajarandengahasilbelajarsesuaidenganhasilanalisisregresisederhanayaituPsig.(0005)lebihkecildari001.iiHalinimenunjukkanbahwapembelajaranTIKdenganpenerapankolaborasimodelpembelajaranQuantumTeachingdanCooperativeLearningTipeTGTdapatditerapkandalamprosespembelajaranTIKdandapatmeningkatkanhasilbelajardanmotivasibelajarsiswa.