Pengembangan sumber belajar jarak jauh berbasis WEB pada materi desain website untuk siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan / Akhmad Andik Saputra

Main Author: Saputra, Akhmad Andik
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/45637/
Daftar Isi:
  • KataKunciPengembangansumberbelajardesainwebsitepenmbelajaranjarakjauhWordpress.Seiringdenganperkembanganteknologidaninformasikebutuhanterhadapdesainwebmeningkatdanmemberikanpeluanguntukmembukausahadalambidangwebdesainer.PadaSekolahMenengahKejuruansalahsatumateriyangdiajarkanadalahdesainwebsite.Tetapikarenaketerbatasanwaktupenyampaianmateritidakdapatdisampaikansecarautuh.Untukmengatasihaltersebutdiperlukansumberbelajaryangbisadiaksestanpaadanyaketerbatasantempatruangdanwaktusehinggasiswadapatbelajarlebihmandiridanutuh.Olehsebabitudiperlukanaplikasiyangmendukungterciptanyasumberbelajartersebut.Moodleadalahsalahsatuaplikasiyangdigunakanuntukpembelajaranberbasiswebsehinggadapatdilakukanpembelajaranmandiriolehsiswakapandandimanapunberada.Denganadanyasumberbelajarberbasiswebinidiharapkanpembelajaranpadamateridesainwebsitekhususnyaakanberjalanlebihefektifefisiendanmenarikuntukdipelajarisiswa.ModelpengembanganyangdigunakandalampenelitianiniadalahmodelpengembanganArifSadimanyangmenitikberatkanpadamasalahmediaprodukdarisumberbelajarberbasiswebinimenggunakansoftwareMoodle.Instrumenpengumpulandatayangdigunakanpadapengembanganiniberupaangketyangdisebarkankepadaahlimediaahlimateridanresponden.Sampelujicobakelompokkecildanujicobakelompokbesar(ujicobalapangan)diambildaripesertadidikSMKArrahmahPapar.Hasilujikelayakansumberbelajardariahlimediamendapatpersentase828%dariahlimaterimendapatpersentase8684%dariresponden(siswakelompokkecil)89.17%dandariresponden(siswakelompokbesar)87.67%.BerdasarkanhasilvalidasitersebutsumberbelajarpendidikanjarakjauhberbasiswebpadamateridesainwebsiteuntuksiswakelasXISMKdapatdisimpulkanvaliddanlayakdigunakansebagaisumberbelajarjarakjauh.