Pengembangan sumber belajar jarak jauh berbasis WEB pada materi desain website untuk siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan / Akhmad Andik Saputra
Main Author: | Saputra, Akhmad Andik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45637/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPengembangansumberbelajardesainwebsitepenmbelajaranjarakjauhWordpress.Seiringdenganperkembanganteknologidaninformasikebutuhanterhadapdesainwebmeningkatdanmemberikanpeluanguntukmembukausahadalambidangwebdesainer.PadaSekolahMenengahKejuruansalahsatumateriyangdiajarkanadalahdesainwebsite.Tetapikarenaketerbatasanwaktupenyampaianmateritidakdapatdisampaikansecarautuh.Untukmengatasihaltersebutdiperlukansumberbelajaryangbisadiaksestanpaadanyaketerbatasantempatruangdanwaktusehinggasiswadapatbelajarlebihmandiridanutuh.Olehsebabitudiperlukanaplikasiyangmendukungterciptanyasumberbelajartersebut.Moodleadalahsalahsatuaplikasiyangdigunakanuntukpembelajaranberbasiswebsehinggadapatdilakukanpembelajaranmandiriolehsiswakapandandimanapunberada.Denganadanyasumberbelajarberbasiswebinidiharapkanpembelajaranpadamateridesainwebsitekhususnyaakanberjalanlebihefektifefisiendanmenarikuntukdipelajarisiswa.ModelpengembanganyangdigunakandalampenelitianiniadalahmodelpengembanganArifSadimanyangmenitikberatkanpadamasalahmediaprodukdarisumberbelajarberbasiswebinimenggunakansoftwareMoodle.Instrumenpengumpulandatayangdigunakanpadapengembanganiniberupaangketyangdisebarkankepadaahlimediaahlimateridanresponden.Sampelujicobakelompokkecildanujicobakelompokbesar(ujicobalapangan)diambildaripesertadidikSMKArrahmahPapar.Hasilujikelayakansumberbelajardariahlimediamendapatpersentase828%dariahlimaterimendapatpersentase8684%dariresponden(siswakelompokkecil)89.17%dandariresponden(siswakelompokbesar)87.67%.BerdasarkanhasilvalidasitersebutsumberbelajarpendidikanjarakjauhberbasiswebpadamateridesainwebsiteuntuksiswakelasXISMKdapatdisimpulkanvaliddanlayakdigunakansebagaisumberbelajarjarakjauh.