Pengaruh penerapan model coperative integrated reading and composition (CIRC) berbasis komputer dengan bantuan tutor sebaya terhadap hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi siswa kelas VIII SMP Ngeri 13 Malang / Aprila Lucyana Dewi

Main Author: Dewi, Aprila Lucyana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/45630/
Daftar Isi:
  • KatakunciCooperativeIntegratedReadingandCompositionberbasiskomputertutorsebayahasilbelajar.PembelajarankooperatiftipeCIRCberbasiskomputerdenganbantuantutorsebayamerupakanmodelpembelajarankooperatifyangmengintegrasikandanmengkomposisikansebuahbacaansecaramenyeluruhyangkemudianpembelajarannyadibantudengantemansebaya.TujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenerapanmodelCIRCberbasiskomputerdenganbantuantutorsebayasertauntukmengetahuipengaruhpenerapannyaterhadaphasilbelajarteknologiinformasidankomunikasi(TIK).Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahquasiexperimentdenganteknikpurposivesampling.SampelyangdigunakanadalahKelasVIII-CsebagaikelompokeksperimendanKelasVIII-GSMPNegeri13Malangsebagaikelompokkontrol.InstrumenyangdigunakanyaituinstrumenperlakuanyangterdiridariRPPsilabuskisi-kisisoalbesertakuncijawabandaninstrumenpengukuranterdiridarilembarobservasiketerlaksanaanaktivitasgurudanketerlaksanaanaktivitassiswa.TeknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisstatistikkuantitatifdenganbantuanSPSS.Hasilpenelitianyangdiperolehdidapatbahwaaktivitasketerlaksanaangurudanketerlaksanaansiswadenganmenerapkanmodelpembelajaraniniadalah9391%dan8810%.Sehinggadapatdisimpulkanbahwamodelpembelajaranterlaksanadengansangatbaik.Perolehannilaiindeksgain050tergolongkriteriasedangpadakelompokeksperimendanuntukkelompokkontrolnilaiindeksgain030tergolongkriteriarendah.Hasilperhitungandatagainkeduakelompokdilanjutkanuji-tsehinggadiperolehnilaisignifikansi(Sig)yanglebihrendahdaripada005yangberartihasiltersebutsignifikan.HalinimenunjukkanbahwapenerapanmodelCIRCberbasiskomputerdenganbantuantutorsebayaberpengaruhsignifikanterhadaphasilbelajarTIK.DaripenelitiantersebutdiharapkandapatmenjadipertimbangandalamupayamemperbaikipenerapanmodelpembelajarandiSMPNegeri13Malangdanguruperlumemperhatikanalokasiwaktuagartahapanpelaksanaankegiatanpembelajarandapatberlangsungdenganbaik.