Pengaruh penerapan model coperative integrated reading and composition (CIRC) berbasis komputer dengan bantuan tutor sebaya terhadap hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi siswa kelas VIII SMP Ngeri 13 Malang / Aprila Lucyana Dewi
Main Author: | Dewi, Aprila Lucyana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45630/ |
Daftar Isi:
- KatakunciCooperativeIntegratedReadingandCompositionberbasiskomputertutorsebayahasilbelajar.PembelajarankooperatiftipeCIRCberbasiskomputerdenganbantuantutorsebayamerupakanmodelpembelajarankooperatifyangmengintegrasikandanmengkomposisikansebuahbacaansecaramenyeluruhyangkemudianpembelajarannyadibantudengantemansebaya.TujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenerapanmodelCIRCberbasiskomputerdenganbantuantutorsebayasertauntukmengetahuipengaruhpenerapannyaterhadaphasilbelajarteknologiinformasidankomunikasi(TIK).Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahquasiexperimentdenganteknikpurposivesampling.SampelyangdigunakanadalahKelasVIII-CsebagaikelompokeksperimendanKelasVIII-GSMPNegeri13Malangsebagaikelompokkontrol.InstrumenyangdigunakanyaituinstrumenperlakuanyangterdiridariRPPsilabuskisi-kisisoalbesertakuncijawabandaninstrumenpengukuranterdiridarilembarobservasiketerlaksanaanaktivitasgurudanketerlaksanaanaktivitassiswa.TeknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisstatistikkuantitatifdenganbantuanSPSS.Hasilpenelitianyangdiperolehdidapatbahwaaktivitasketerlaksanaangurudanketerlaksanaansiswadenganmenerapkanmodelpembelajaraniniadalah9391%dan8810%.Sehinggadapatdisimpulkanbahwamodelpembelajaranterlaksanadengansangatbaik.Perolehannilaiindeksgain050tergolongkriteriasedangpadakelompokeksperimendanuntukkelompokkontrolnilaiindeksgain030tergolongkriteriarendah.Hasilperhitungandatagainkeduakelompokdilanjutkanuji-tsehinggadiperolehnilaisignifikansi(Sig)yanglebihrendahdaripada005yangberartihasiltersebutsignifikan.HalinimenunjukkanbahwapenerapanmodelCIRCberbasiskomputerdenganbantuantutorsebayaberpengaruhsignifikanterhadaphasilbelajarTIK.DaripenelitiantersebutdiharapkandapatmenjadipertimbangandalamupayamemperbaikipenerapanmodelpembelajarandiSMPNegeri13Malangdanguruperlumemperhatikanalokasiwaktuagartahapanpelaksanaankegiatanpembelajarandapatberlangsungdenganbaik.