Pengembangan sumber belajar desain interior 3D menggunakan Google Sketchup untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ) / Dian Posita
Main Author: | Posita, Dian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45613/ |
Daftar Isi:
- Katakuncipengembangansumberbelajare-learningdesainInterior3Dpendidikanjarakjauh.Perkembanganteknologiinformasitersebutsemakinmendorongupaya-upayapembaharuandalammemanfaatkanhasilteknologidibidangpendidikan.Teknologipendidikanjarakjauh(PJJ)inisebagaialternatifpemerataankesempatanbelajaryangmemungkinkanpesertadidikdapatmengaksessendirimateriataubahanyangdibelajarkanyaitudalambentuke-learning.PJJmerupakanpembelajaranyangdisampaikankepadapesertadidikyangterpisahsecararuangdanwaktudenganguru/instrukturdenganmemanfaatkanTIKdansumberbelajar.Tujuanpenelitianiniadalah(1)Tersedianyasumberbelajarberbasise-learningpadamateridesaininterior3DmenggunakanGoogleSketchUpuntukPJJ.Denganharapansumberbelajarinidapatmembantugurudanpesertadidik.(2)Teridentifikasinyakelayakansumberbelajaryangdikembangkan.(3)Teridentifikasinyaefektifitasdarisumberbelajaryangdikembangkan.Modelpengembanganyangdigunakandalampenelitianiniadalahmodelpengembangansadimanyangdisesuaikandenganpengembangansumberbelajarberbasise-learning.Instrumenpengumpulandatayangdigunakanpadapengembanganiniberupaangketyangdisebarkankepadaahlimediaahlimateridanresponden.SampelujicobakelompokkecildanujicobalapangandiambildaripesertadidikSMANegeri1ParekelasXIdanX.Produksumberbelajarberbasise-learninginimennggunakansoftwareMoodledenganwebserverXampp.Hasilvalidasisumberbelajardariahlimediamendapatpersentase88125%dariahlimaterimendapatpersentase835%darirespondenkelompokkecil89%danrespondenlapangan889%.Berdasarkanhasilvalidasitersebutsumberbelajarberbasise-learningpadamateridesaininterior3DmenggunakanGoogleSketchUpuntukpendidikanjarakjauhdapatdisimpulkanvaliddanefektifdigunakansebagaisumberbelajarjarakjauh.Penggunaansaranakomunikasiyangdisediakandalamsumberbelajarinisebaiknyadimanfaatkansecaramaksimalsebagaipenggantikomunikasipadatatapmuka.DeseminasisumberbelajarinidapatditerapkanpadaSMANegeri1Pare.Pengembangansumberbelajarlebihlanjutdapatdilakukandenganmenambahkanmaterilainbaikyangberhubungandengandesaininterior3D.