Pengembangan sumber belajar desain interior 3D menggunakan Google Sketchup untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ) / Dian Posita

Main Author: Posita, Dian
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/45613/
Daftar Isi:
  • Katakuncipengembangansumberbelajare-learningdesainInterior3Dpendidikanjarakjauh.Perkembanganteknologiinformasitersebutsemakinmendorongupaya-upayapembaharuandalammemanfaatkanhasilteknologidibidangpendidikan.Teknologipendidikanjarakjauh(PJJ)inisebagaialternatifpemerataankesempatanbelajaryangmemungkinkanpesertadidikdapatmengaksessendirimateriataubahanyangdibelajarkanyaitudalambentuke-learning.PJJmerupakanpembelajaranyangdisampaikankepadapesertadidikyangterpisahsecararuangdanwaktudenganguru/instrukturdenganmemanfaatkanTIKdansumberbelajar.Tujuanpenelitianiniadalah(1)Tersedianyasumberbelajarberbasise-learningpadamateridesaininterior3DmenggunakanGoogleSketchUpuntukPJJ.Denganharapansumberbelajarinidapatmembantugurudanpesertadidik.(2)Teridentifikasinyakelayakansumberbelajaryangdikembangkan.(3)Teridentifikasinyaefektifitasdarisumberbelajaryangdikembangkan.Modelpengembanganyangdigunakandalampenelitianiniadalahmodelpengembangansadimanyangdisesuaikandenganpengembangansumberbelajarberbasise-learning.Instrumenpengumpulandatayangdigunakanpadapengembanganiniberupaangketyangdisebarkankepadaahlimediaahlimateridanresponden.SampelujicobakelompokkecildanujicobalapangandiambildaripesertadidikSMANegeri1ParekelasXIdanX.Produksumberbelajarberbasise-learninginimennggunakansoftwareMoodledenganwebserverXampp.Hasilvalidasisumberbelajardariahlimediamendapatpersentase88125%dariahlimaterimendapatpersentase835%darirespondenkelompokkecil89%danrespondenlapangan889%.Berdasarkanhasilvalidasitersebutsumberbelajarberbasise-learningpadamateridesaininterior3DmenggunakanGoogleSketchUpuntukpendidikanjarakjauhdapatdisimpulkanvaliddanefektifdigunakansebagaisumberbelajarjarakjauh.Penggunaansaranakomunikasiyangdisediakandalamsumberbelajarinisebaiknyadimanfaatkansecaramaksimalsebagaipenggantikomunikasipadatatapmuka.DeseminasisumberbelajarinidapatditerapkanpadaSMANegeri1Pare.Pengembangansumberbelajarlebihlanjutdapatdilakukandenganmenambahkanmaterilainbaikyangberhubungandengandesaininterior3D.