Perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode ekspositori terhadap peningkatan hasil belajar TIK pada pokok bahasan pengenalan perangkat internet dan intranet siswa kelas IX SMP Negeri 4 Malang / Fatkhur Rochman

Main Author: Rochman, Fatkhur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/45610/
Daftar Isi:
  • KataKuncikooperatifTipeSTADEkspositoriHasilBelajarTIKPermasalahanyangseringkalidijumpaidalampembelajarankhususnyapembelajaranTIKadalahbagaimanacaramenyajikanmaterikepadasiswasecarabaiksesuaidengankarakteristikmateripembelajaransehinggadiperolehhasilyangmaksimal.Dalammenyampaikanmateripembelajaranguruharusmampumemilihmetodemengajaryangpalingefektifdaninovatifsesuaidengankondisidansituasi.Kenyataanbahwasiswamemilikikemampuanyangheterogenmerupakantantanganbagiguruuntukmembantumeningkatkanhasilbelajarsiswadenganmetodepembelajaranyanginovatif.SalahsatumetodeyangdapatmenunjangkemampuansiswayangheterogenadalahmodelpembelajarankooperatiftipeSTAD.Penelitianinibertujuanuntuk(1)untukmengetahuihasilbelajarsiswaKelasIXSMPNegeri4MalangdenganmenggunakanmetodekooperatifLearningTipeSTAD(StudentTeamAchievementDivision)(2)untukmengetahuihasilbelajarsiswaKelasIXSMPNegeri4Malangdenganmenggunakanmetodeekspositori(3)UntukmengetahuiperbedaanhasilbelajaryangsignifikanantaramodelpembelajarankooperatiftipeSTADdenganmetodepembelajaranekspositoripadamateriPengenalanPerangkatInternetdanIntranetSiswaKelasIXSMPNegeri4Malang.Rancanganpenelitianinimenggunakanrancanganeksperimentalsemu(quasyexperimentaldesign)denganpre-testdanpost-testnonequivalentcontrolgroupdesigndanjenispenelitiannyayaitukuantitatif.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasIXSMPNegeri4Malangsemestersatutahunajaran2010/2011.SampelpenelitianterdiridariduakelompokyaitukelasIXAsebagaikelaskontroldankelasIXCsebagaikelaseksperimen.Instrumenpenelitianiniyaituinstrumenperlakuandanpengukuran.Instrumenperlakuanberupaperangkatpembelajaransedangkaninstrumenpengukuranberupainstrumentesdanlembarobservasi.TeknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisstatistikkuantitatifdenganbantuanSPSS.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadaperbedaandarihasilrata-ratatesawaldengantesrata-rataakhirdimanakelaseksperimenmeningkatdari6426menjadi8517atausebesar3254%dankelaskontrolmeningkatdari6400menjadi7826atausebesar2228%.SetelahdiujihipotesismenggunakanUji-tdiperolehhasilthitung3803ttabel199yangberartiterdapatperbedaanhasilbelajarTIKantarakelompokkontroldankelompokeksperimensecarasignifikan.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwaterdapatpeningkatanhasilbelajarantarasiswayangbelajarmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADdansiswayangbelajardenganmetodepembelajaranekspositori.