Perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode ekspositori terhadap peningkatan hasil belajar TIK pada pokok bahasan pengenalan perangkat internet dan intranet siswa kelas IX SMP Negeri 4 Malang / Fatkhur Rochman
Main Author: | Rochman, Fatkhur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45610/ |
Daftar Isi:
- KataKuncikooperatifTipeSTADEkspositoriHasilBelajarTIKPermasalahanyangseringkalidijumpaidalampembelajarankhususnyapembelajaranTIKadalahbagaimanacaramenyajikanmaterikepadasiswasecarabaiksesuaidengankarakteristikmateripembelajaransehinggadiperolehhasilyangmaksimal.Dalammenyampaikanmateripembelajaranguruharusmampumemilihmetodemengajaryangpalingefektifdaninovatifsesuaidengankondisidansituasi.Kenyataanbahwasiswamemilikikemampuanyangheterogenmerupakantantanganbagiguruuntukmembantumeningkatkanhasilbelajarsiswadenganmetodepembelajaranyanginovatif.SalahsatumetodeyangdapatmenunjangkemampuansiswayangheterogenadalahmodelpembelajarankooperatiftipeSTAD.Penelitianinibertujuanuntuk(1)untukmengetahuihasilbelajarsiswaKelasIXSMPNegeri4MalangdenganmenggunakanmetodekooperatifLearningTipeSTAD(StudentTeamAchievementDivision)(2)untukmengetahuihasilbelajarsiswaKelasIXSMPNegeri4Malangdenganmenggunakanmetodeekspositori(3)UntukmengetahuiperbedaanhasilbelajaryangsignifikanantaramodelpembelajarankooperatiftipeSTADdenganmetodepembelajaranekspositoripadamateriPengenalanPerangkatInternetdanIntranetSiswaKelasIXSMPNegeri4Malang.Rancanganpenelitianinimenggunakanrancanganeksperimentalsemu(quasyexperimentaldesign)denganpre-testdanpost-testnonequivalentcontrolgroupdesigndanjenispenelitiannyayaitukuantitatif.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasIXSMPNegeri4Malangsemestersatutahunajaran2010/2011.SampelpenelitianterdiridariduakelompokyaitukelasIXAsebagaikelaskontroldankelasIXCsebagaikelaseksperimen.Instrumenpenelitianiniyaituinstrumenperlakuandanpengukuran.Instrumenperlakuanberupaperangkatpembelajaransedangkaninstrumenpengukuranberupainstrumentesdanlembarobservasi.TeknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisstatistikkuantitatifdenganbantuanSPSS.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadaperbedaandarihasilrata-ratatesawaldengantesrata-rataakhirdimanakelaseksperimenmeningkatdari6426menjadi8517atausebesar3254%dankelaskontrolmeningkatdari6400menjadi7826atausebesar2228%.SetelahdiujihipotesismenggunakanUji-tdiperolehhasilthitung3803ttabel199yangberartiterdapatperbedaanhasilbelajarTIKantarakelompokkontroldankelompokeksperimensecarasignifikan.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwaterdapatpeningkatanhasilbelajarantarasiswayangbelajarmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADdansiswayangbelajardenganmetodepembelajaranekspositori.