Pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi untuk mata pelajaran TIK semester genap pada siswa kelas X SMA / Bian Dwi Pamungkas
Main Author: | Pamungkas, Bian Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45605/ |
Daftar Isi:
- KatakunciMediaPembelajaranGameTIKSMAKelasXBelajarmerupakankegiatanyangtidakakanpernahberhentidaridetikdemidetiksejakmanusialahirsampaimati.Manusiasejaklahirbelajaruntukmengenaldirinyadanjugalingkungannya.Seiringberjalannyawaktutuntutanmanusiaakanbelajarsemakinbertambahkarenaterusmunculnyailmupengetahuan-ilmupengetahuanyangbaru.Kemunculanilmupengetahuanyangbarutersebutdisebabkanakibatberkembangnyateknologi.Teknologimerupakansesuatuyangesensialuntukkehidupanmanusiasaatinikarenateknologitelahmemberikanmanusiakemudahandalamberbagaiaspekkehidupandantelahmembuatnyabergantungpadakemudahantersebut.Semakinberkembangnyateknologimakasemakinbesarpulatuntutanmasyarakatakankemudahan.Salahsatunyaadalahtuntutanakankemudahandalambelajaragarlebihpraktisnyamandanlebihmudahuntukdiingat.Untukmengatasihaltersebutmakadiperlukansuatumediapembelajaranberbasismultimediayangterkomputerisasi.Salahsatumediapembelajaranberbasismultimediaadalahgameedukasi.Gamesataupermainanmerupakankegiatanterstrukturbiasanyadilakukanuntukkesenangandankadang-kadangdigunakansebagaialatpendidikan.Komponenkuncidarigameadalahtujuanaturantantangandaninteraksi.Padapengembanganinipenelitimenggunakangamebertipeplatformer.Gameplatformmerupakanvideogamegenreyangmempunyaikarakteristikmelompatkedandariplatformdiamataurintangan(jumpingpuzzle)danmemungkinkanuntukmengontrolarahlompatannyaagartidakjatuhkejurang.SebagaidasarpengembanganpenelitimenggunakanmodelpengembanganBorgGall.PengembanganinibertujuanuntukmengetahuibagaimanakahcarapengembanganmediapembelajaranberbasisgameedukasiuntukmatapelajaranTIKsemestergenapKelasXSMAberdasarkanmodelBorgGall.BerdasarkanmodelBorgGallprosedurpengembangannyadibagidalam8tahaputamayaitu(1)AnalisisKebutuhan(2)PerencanaanMedia(3)PengembanganProduk(4)UjiCobaPerseorangan(5)UjiCobaKelompokKecil(6)UjiCobaLapangan(7)Revisidan(8)PenyebarandanLaporan.Berdasarkanpadahasilujicobadiperolehpresentasedaritiap-tiapsubyekcobasebagaiberikut(1)Padaahlimediadiperolehpresentasesebesar933%(2)Padaahlimateridiperolehpresentasesebesar7143%(3)Padakelompokkecildiperolehpresentasesebesar8254%(4)Padasubyekcobalapangandiperolehpresentasesebesar9143%.Sehinggadapatdisimpulkanbahwapengembanganmediapembelajaranberbasisgameedukasiinilayakuntukdigunakansebagaimediapembelajaran.