Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dan TPS (Think Pair Share) untuk meningkatkan prestasi belajar perangkat lunak pembuat grafis siswa kelas X SMA Negeri 2 Malang / Rahmania Sri Untari

Main Author: Untari, Rahmania Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/45589/
Daftar Isi:
  • KataKunciPembelajarankooperatifTAI(TeamAssistedIndividualization)pembelajaranTPS(ThinkPairShare)danprestasibelajarBerdasarkanobservasilapanganyangdilaksanakanpenelitiselamamelaksanakanPraktikPengalamanLapangan(PPL)diSMANegeri2MalangpadabulanAgustus2010diketahuibahwaSMANegeri2Malangtelahmenerapkansistemsks(sistemkreditsemester).DiSMANegeri2MalangkhususnyapadamatapelajaranTIKyaitubahasanperangkatlunakpembuatgrafismasihditerapkanmetodekonvensionalsehinggahasilyangdiperolehkurangmaksimal.PenelitimelihatbahwakondisipadaprosespembelajaranberlangsungdenganbaiktetapipersentaseketuntasanbelajarsiswakelasX-B1masih631%.Kebanyakansiswamasihmerasatakutjikabertanyakepadagurunyasehinggadibutuhkantemanataututoryangmampumemberikanbimbinganuntukmenyelesaikanmasalahjikaadayangmengalamikesulitandanmembantuselamaprosespembelajaranberlangsung.Penelitimengidentifikasiadanyabeberapamasalahyaitu1)aktivitasbelajarbaiksecaraindividualmaupunkelompokrendahdan2)keterlibatanberfikirsecaraindividualmaupunkelompokrendah.TAImerupakansalahsatumetodeyangpernahditerapkandiSMANegeri2MalangpadasaatpenelitimelaksanakanPraktikPengalamanLapangan(PPL)danhasilnyaadalahsiswacukuptertarikdansiswaterlihatlebihaktifselamaprosespembelajaran.Namunpenggunaanmetodeinimasihkurangmemaksimalkanpemahamansetiapsiswa.OlehkarenaitupenelitimengkombinasikanmetodeTAIdanTPS.DalamTPSsetiapkelompokyangberpasangandiharuskanuntukdapatmemberdayakankemampuanberpikirnyaketikapasanganituberdiskusidanantarpasangansalingbertukarinformasilebihdalam.SehinggajikaTAIdanTPSdikombinasikanmakaakanmenjadisebuahmetodeyangbagusdalampembentukankelompokuntukmenyelesaikanpermasalahanataulatihanyangdiberikan.ImplementasimetodepembelajaranTAIdanTPSterdiridarisembilantahapyaituteachinggroupthinkpair(teamTPS)shareteamTAIteamstudywholeclassunitsposttestdanteamscoresandteamrecognition.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanpembelajarankooperatiftipeTAI(TeamAssistedIndividualization)danTPS(ThinkPairShare)dalammeningkatkanprestasibelajarperangkatlunakpembuatgrafissiswakelasXSMANegeri2Malang.PendekatanpenelitianyangdigunakanadalahpenelitiankualitatifdenganrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK)dandirancangdalamduasiklus.Masing-masingterdiridariempattahapyaituperancangan(planning)pelaksanaantindakan(action)pengamatan(observation)danrefleksi(reflection).SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasX-B1SMANegeri2Malangyangberjumlah19siswa.Teknikpengumpulandataaktivitasguruselamapembelajaranberlangsungmelalui1)lembarketerlaksanaanaktivitasguru2)lembarpedomanaktivitasguru3)lembarpedomanaktivitassiswa4)prestasibelajar5)angketresponsiswa6)wawancaradan7)posttest.Datatersebutdianalisisdenganperhitunganrata-ratadanpersentaseyangkemudiandianalisissecaradeskriptifkualitatif.PenerapanpembelajarankooperatifTAIdanTPSdapatmeningkatkanprestasibelajarsiswa.Diukurdenganskorrata-ratayaituskorawalrata-ratasebelumperlakuansebesar757skorrata-ratasiklusIsebesar80danskorrata-ratasiklusII831.DiukurdenganpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalSKMsebelumperlakuansebesar368%padasiklusIsebesar789%dansiklusIIsebesar947%.PembelajarankooperatifTAIdanTPSdapatditerapkanpadapokokbahasanperangkatlunakpembuatgrafisdenganmelakukanteamsteachingagarwaktuyangtersediadapatdimanfaatkansebaikmungkinsehinggapelaksanaanpembelajarandapatterlaksanadenganbaik.