Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan blog terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran peripheral kelas X TKJ di SMK Negeri 6 Malang / Aldina Ramayumanti

Main Author: Ramayumanti, Aldina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/45588/
Daftar Isi:
  • KataKunciThinkPairShareBlogHasilBelajarPendidikanmerupakansalahsatubentukupayauntukmeningkatkankualitassumberdayamanusia.Iklimpembelajaranyangdikembangkanolehgurumempunyaipengaruhyangsangatbesarterhadapkeberhasilandankegairahanbelajarsiswa.Namunumumnyasampaisaatinikegiatanpembelajaranhanyadilaksanakansecarakonvensionalpembelajaranmasihdidominasiolehguru(teachercentered)danmeminimalkanketerlibatansiswa.SehinggadalampenelitianiniditerapkansebuahmodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairSharesebagaivariasipembelajaransehinggaterciptasuasanabelajaryanglebihhidupaktifkreatifefektifdanmenyenangkan.ManfaatBloginidigunakanuntukmembantusiswamemperolehmateripelajaranyangsedangdipelajari.TujuanpenelitianuntukmendeskripsikanpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairShareberbantuanBlogdanpengaruhpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairShareberbantuanBlogterhadaphasilbelajar.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianquasyexperimentaldesigndenganpolapretest-posttestcontrolgroupdesign.SampelpenelitianditentukandenganmenggunakanteknikpurposivesampleyaitukelasXTKJ2sebagaikelaseksperimen(diberiperlakuanmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairShareberbantuanBlog)dankelasXTKJ3sebagaikelaskontrol(digunakanmetodeceramahbermakna).Teknikanalisadatayangdigunakanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarkeduakelasyaitudenganuji-tduapihaksertamenggunakananalisaregresisederhanauntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranThinkPairShareberbantuanBlog.Hasilanalisisdatamenunjukkanbahwa(1)PelaksanaanpembelajaranmodelThinkPairShareberbantuanBlogdapatmeningkatkanaktivitassiswa.AktivitassiswaselamaprosespembelajarandenganmodelThinkPairShareberbantuanBlogmengalamipeningkatanpadasetiappertemuanyaitupertemuanpertama485%pertemuankedua7272%danpertemuanketiga8787%.(2)Adanyaperbedaanhasilbelajarpadakelaseksperimendankontrol.HalinidibuktikannilaiSig.(0000)005padauji-tduapihak.Kesimpulandarianalisisuji-tmenunjukkanbahwaadaperbedaanhasilbelajarantarasiswakelaskontroldaneksperimen.DarihasilanalisisregresisederhanamenghasilkanR2(0331)artinyasumbanganmodelpembelajaranterhadaphasilbelajarsebesar331%daripersamaanregresiY312460631XdandiperolehhasilyaituSig.(0001)005sehinggadapatdisimpulkanbahwaadapengaruhpositifyangsignifikanpenerapanmodelpembelajaranThinkPairShareberbantuanBlogterhadaphasilbelajarpadamatapelajaranPeripheral.