Pengaruh penerapan pembelajaran CLSEG dan pembelajaran ceramah interaktif terhadap hasil belajar TIK materi mempraktikan keterampilan dasar komputer kelas VII SMP Negeri 13 Malang / Gres Dyah Kusuma Ningrum

Main Author: Ningrum, Gres Dyah Kusuma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/45580/
Daftar Isi:
  • KatakunciCooperativeLearningExpertGrouppengaruhhasilbelajarpe-rangkat.keras.Salahsatukunciutamadalamprosesbelajarmengajaradalahguru.Namunpadakenyataannyamasihbanyakguruyangkurangmemperhatikanpenggunaanmetodebelajaryangtepat.Polapembelajaranmasihdidominasiolehperanseorangguru.OlehkarenaitudalampenelitianiniditerapkansebuahmodelCLSEG(CooperativeLearningStrategiExpertGroup)padamaterimempraktikanketerampilandasarkomputer.TujuandaripenelitianiniadalahMengetahuiseberapabesarpengaruhdanperbedaanhasilbelajarsiswaantarapenerapanpembelajaranmodelCLSEGdanceramahinteraktifmateriMempraktikanKeterampilanDasarKomputerKelasVIISMPNegeri13MalangsertauntukmengetahuimampuatautidaknyamodelCLSEGdalammeningkatkanKriteriaKetuntasanMinimal(KKM)yangadadisekolah.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemudenganpolapretest-posttestcontrolgroupdesign.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVIISMPN13MalangTahunPelajaran2010/2011yangterdiridari8kelas.Sampelpenelitianmenggunakanduakelasdimanateknikpengambilannyamelaluipurposivesam-pling.KelasVIIGsebagaikelaseksperimendanVIIEsebagaikelaskontrol.Variabelpenelitianterdiridarivariabelbebasyaitumetodepembelajarandanvariabelterikatyaituhasilbelajar.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahinstrumenperlakuandaninstrumenhasilbelajar.HasilpenelitianmenunjukkanbahwadenganpenerapanmodelCLSEGterdapatpengaruhyangsignifikanterhadaphasilbelajarsiswadilihatdariperbedaanrata-ratasebelumdansesudahperlakuanyaitusebesar3471sedang-kandenganpenerapanceramahinteraktifjugaterdapatpengaruhmeskipuntidaksebesardenganpenerapanmodelCLSEGdilihatdariperbedaanrata-ratasebelumdansesudahperlakuanyaitu2779.HasilbelajarantarakelaskontroldaneksperimenjugamenunjukkanperbedaansignifikanyaitudengannilaiSig(p)0002