Penerapan strategi think pair square dan explicit instruction untuk meningkatkan hasil belajar TIK siswa kelas X di SMA Negeri 1 Tumpang / Rosiana Andriyani
Main Author: | Andriyani, Rosiana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45579/ |
Daftar Isi:
- KataKunciThinkPairSquareExplicitInstructionHasilBelajarTIKMunculnyavariasistrategipembelajarandiharapkandapatmeningkatkankualitasdanhasilbelajardiduniapendidikanIndonesia.NamunsayangnyatidaksemuagurumenguasaipenerapanvariasimodelpembelajaranyangadatakterkecualigurumatapelajaranTIKdiSMANegeri1Tumpangyanghampirsemuagurunyatelahtersertifikasi.GurubidangstudimenerapkanstrategiExplicitInstructionyangbelumbanyakmemberikanperubahankarenamasihberpusatpadaguru.Halinitentudinilaikurangefektifkarenapembelajaranyangdiharapkansaatinibersifatstudentcentereddengankemampuanberpikirsecarakolaboratif.UntukmeningkatkankualitaspembelajarantersebutperludicobaberbagaivariasistrategipembelajarankelompokyangjugamampumengatasipermasalahankurangnyafasilitasdisekolahmisalnyastrategiThinkPairSquare.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)perbedaanhasilbelajarkognitif(2)perbedaanhasilbelajarafektif(3)perbedaanhasilbelajarpsikomotorik(4)perbedaanhasilbelajarkeseluruhansiswayangbelajarmenggunakanstrategiThinkPairSquaredanExplicitInstruction(5)pengaruhpenerapanstrategiThinkPairSquareterhadaphasilbelajarsiswadikelasXSMANegeri1Tumpang.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimentalsemu.Rancanganeksperimentalsemudigunakanuntukmembandingkanhasilbelajarsiswa.SampelpenelitianadalahsiswakelasX4sebagaikelaskontrol(ExplicitInstruction)dansiswakelasX2sebagaikelaseksperimen(ThinkPairSquare)yangdiambildenganteknikRandomSampling.InstrumenyangdigunakanyaituinstrumenperlakuanyaitusilabusRPPdanLKSdaninstrumenpengukuranyaitusoalteslembarpenilaianafektiflembarpenilaianpsikomotorikdanlembarangketresponsiswa.TeknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisstatistikkuantitatifdenganbantuanSPSS.Dalampenelitianinididapatkanrata-ratahasilbelajarkognitifsiswapadakelaskontrolsebesar7975dankelaseskperimen7937hasilbelajarafektifsiswakelaskontrol7276dankelaseksperimen8328hasilbelajarpsikomotoriksiswakelaskontrolsebesar6145dankelaseksperimen7664hasilbelajarkeseluruhansiswakelaskontrolsebesar7132dankelaseksperimen7977sertahasilangketresponsiswaterhadappenerapanstrategithinkpairsquaresebesar7847.Datahasilbelajarsiswadarimasing-masingkelasdiujihipotesismenggunakanuji-tdandatahasilangketresponsiswadiujimenggunakanujiregresilinearsederhana.Kesimpulannyaadalahtidakterdapatperbedaanhasilbelajarkognitifterdapatperbedaanhasilbelajarafektifpsikomotorikdanhasilbelajarkeseluruhansiswa.SelanjutnyahasilujiregresilinearsederhanadiperolehSig.(0054)(005)sehinggakesimpulannyatidakadapengaruhyangsignifikanpenerapanstrategiThinkPairSquareterhadaphasilbelajarsiswanamunsecarakeseluruhanresponsiswaterhadappenerapanstrategipembelajaraniniadalahbaik.