Penerapan strategi think pair square dan explicit instruction untuk meningkatkan hasil belajar TIK siswa kelas X di SMA Negeri 1 Tumpang / Rosiana Andriyani

Main Author: Andriyani, Rosiana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/45579/
Daftar Isi:
  • KataKunciThinkPairSquareExplicitInstructionHasilBelajarTIKMunculnyavariasistrategipembelajarandiharapkandapatmeningkatkankualitasdanhasilbelajardiduniapendidikanIndonesia.NamunsayangnyatidaksemuagurumenguasaipenerapanvariasimodelpembelajaranyangadatakterkecualigurumatapelajaranTIKdiSMANegeri1Tumpangyanghampirsemuagurunyatelahtersertifikasi.GurubidangstudimenerapkanstrategiExplicitInstructionyangbelumbanyakmemberikanperubahankarenamasihberpusatpadaguru.Halinitentudinilaikurangefektifkarenapembelajaranyangdiharapkansaatinibersifatstudentcentereddengankemampuanberpikirsecarakolaboratif.UntukmeningkatkankualitaspembelajarantersebutperludicobaberbagaivariasistrategipembelajarankelompokyangjugamampumengatasipermasalahankurangnyafasilitasdisekolahmisalnyastrategiThinkPairSquare.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)perbedaanhasilbelajarkognitif(2)perbedaanhasilbelajarafektif(3)perbedaanhasilbelajarpsikomotorik(4)perbedaanhasilbelajarkeseluruhansiswayangbelajarmenggunakanstrategiThinkPairSquaredanExplicitInstruction(5)pengaruhpenerapanstrategiThinkPairSquareterhadaphasilbelajarsiswadikelasXSMANegeri1Tumpang.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimentalsemu.Rancanganeksperimentalsemudigunakanuntukmembandingkanhasilbelajarsiswa.SampelpenelitianadalahsiswakelasX4sebagaikelaskontrol(ExplicitInstruction)dansiswakelasX2sebagaikelaseksperimen(ThinkPairSquare)yangdiambildenganteknikRandomSampling.InstrumenyangdigunakanyaituinstrumenperlakuanyaitusilabusRPPdanLKSdaninstrumenpengukuranyaitusoalteslembarpenilaianafektiflembarpenilaianpsikomotorikdanlembarangketresponsiswa.TeknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisstatistikkuantitatifdenganbantuanSPSS.Dalampenelitianinididapatkanrata-ratahasilbelajarkognitifsiswapadakelaskontrolsebesar7975dankelaseskperimen7937hasilbelajarafektifsiswakelaskontrol7276dankelaseksperimen8328hasilbelajarpsikomotoriksiswakelaskontrolsebesar6145dankelaseksperimen7664hasilbelajarkeseluruhansiswakelaskontrolsebesar7132dankelaseksperimen7977sertahasilangketresponsiswaterhadappenerapanstrategithinkpairsquaresebesar7847.Datahasilbelajarsiswadarimasing-masingkelasdiujihipotesismenggunakanuji-tdandatahasilangketresponsiswadiujimenggunakanujiregresilinearsederhana.Kesimpulannyaadalahtidakterdapatperbedaanhasilbelajarkognitifterdapatperbedaanhasilbelajarafektifpsikomotorikdanhasilbelajarkeseluruhansiswa.SelanjutnyahasilujiregresilinearsederhanadiperolehSig.(0054)(005)sehinggakesimpulannyatidakadapengaruhyangsignifikanpenerapanstrategiThinkPairSquareterhadaphasilbelajarsiswanamunsecarakeseluruhanresponsiswaterhadappenerapanstrategipembelajaraniniadalahbaik.