Perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe expert group (Jigsaw) dengan model ceramah bermakna terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan perbaikan peripheral kelas X TKJ di SMK Negeri 6 Malang / Ainun Kusuma Ningrum
Main Author: | Ningrum, Ainun Kusuma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45557/ |
Daftar Isi:
- KataKuncihasilbelajarModelPembelajaranKooperatiftipeExpertGroup(JIGSAW)modelCeramahBermaknaperbaikanperipheralSalahsatukunciutamadalampeningkatanmutupendidikanadalahguru.Gurusecaralangsungdapatmenciptakankondisidansituasiyangmemungkinkansiswamembentukmaknadaribahan-bahanpelajaranmelaluisuatuprosesbelajardanmenyimpannyadalamingatanyangsewaktu-waktudapatdiprosesdandikembangkanlebihlanjut.Usahaguruuntukmencapaitujuanpembelajaranantaralainmemilihmodelyangtepatsesuaidenganmaterinyadanmenunjangterciptanyakegiatanbelajarmengajaryangkondusif.Berdasarkanwawancaradanobservasiyangdilakukandilokasipenelitian(SMKN6Malang)diperolehdatahasilbelajardanrata-ratakelasyangsangatrendahpadamatapelajaranPeripheralkompetensiMelakukanPerbaikanPeripheral.SelamainisiswakelasXTKJdiSMKN6Malangbanyakyangkurangberhasildalammelakukanpraktikumkarenakurangmampumenerapkanteorikedalampraktikum.Bahkanpadakelasyangdijadikansampeldalampenelitianinidiperolehnilairata-ratapre-testyangrendahyaitu5421dengannilaitertinggihanya63danterendah43dikelasXTKJ3sedangkandiXTKJ5rata-rata5507dengannilaitertinggi67danterendah33.UntukmengatasipermasalahandiatasdalampenelitianiniditerapkanmodelpembelajarankooperatifExpertGroup(JIGSAW)denganpertimbanganmodelpembelajarankooperatiftipeExpertGroup(JIGSAW)adalahpembelajaranyangdidesainuntukmeningkatkanrasatanggungjawabsiswaterhadappembelajaransendiridanjugapembelajaranoranglain.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanperbedaanhasilbelajar(ranahkognitifdanpsikomotorik)antarasiswayangdiajarmenggunakanmodelpembelajaranExpertGroup(JIGSAW)dengansiswayangdiajarmenggunakanmodelCeramahBermaknapadakompetensiMelakukanPerbaikanPeripheral.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemu.VariabeldalampenelitianiniadalahhasilbelajarranahkognitifdanranahpsikomotoriksiswakelasXTKJpadapokokbahasanPerbaikanPeripheralsebagaivariabelterikatsedangkanvariabelbebasnyaadalahmodelpembelajarankooperatiftipeExpertGroup(JIGSAW)danmodelCeramahBermakna.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXTKJdiSMKN6Malangsemester2tahunajaran2009/2010sebanyak239siswadengansampelpenelitianiniadalahkelasXTKJ3(42siswa)sebagaikelaskontroldankelasXTKJ5(41siswa)sebagaikelaseksperimen.Pengambilansampelmenggunakantekniksamplingkelompok(kluster).Instrumenpenelitianiniyaituinstrumenpembelajarandanpengukuran.Instrumenpembelajaranberupaperangkatpembelajaran.Instrumenpengukuranberupainstrumentesdanlembarobservasi.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisstatistikkuantitatif.Analisisstasistikkuantitatifuntukmenganalisisdatakemampuanawalsiswadanhasilbelajarsiswayangterdiridariujinormalitasujihomogenitasdanujihipotesis.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadaperbedaanhasilbelajarantarasiswayangdiajardenganmodelpembelajarankooperatiftipeExpertGroup(JIGSAW)dengansiswayangdiajardenganmodelceramahbermakna.HasilbelajarsiswayangdiajardenganmodelpembelajarankooperatiftipeExpertGroup(JIGSAW)lebihtinggidaripadasiswayangdiajardenganceramahbermakna.Untukhasilbelajarranahkognitifdiperolehnilairata-ratakelaseksperimen(7227)lebihtinggidaikelaskontrol(6705)denganselisihsebesar522poin.Sedangkanuntukhasilbelajarranahpsikomotorikdiperolehnilairata-ratakelaseksperimen(8161)lebihtinggidaikelaskontrol(7690)denganselisihsebesar471poin.SehinggadisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeExpertGroup(JIGSAW)dapatmeningkatkanhasilbelajar(ranahkognitifdanpsikomotorik)siswapadakompetensiMelakukanPerbaikanPeripheral.