Pengaruh penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan media interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas VIII SMPI Al-Ishlah Trowulan Mojokerto / Siti Masruroh

Main Author: Masruroh, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/45551/
Daftar Isi:
  • KataKunciContextualTeachingAndLearningHasilBelajarCeramahBermaknaTIK.Keberhasilandalamprosespembelajaranyangdicapaiolehguruselaindarimediayangdigunakanjugatidaklepasdaristrategiataumetodepembelajaranyangdigunakan.Kepandaiangurudalammenentukanmetodepembelajaranberdampakpositifdalampeningkatanhasilbelajaryangdicapaisiswa.Salahsatumetodepembelajaranyangdapatdigunakanadalahcontextualteachingandlearning.Contextualteachingandlearningmerupakansuatukonsepbelajaryangmembantugurumengaitkanmateriyangdiajarkandengansituasidunianyatasiswakedalamkelas.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhdanperbedaanhasilbelajarantarasiswayangbelajarmenggunakanmodelpembelajaranCTLberbantuanmediainteraktifdengansiswayangbelajarmenggunakanmetodeceramahbermaknaberbantuanmediaLCDpadakompetensidasarMembuatdokumenpengolahangkasederhana.Rancanganpenelitianiniadalahkuantitatifkomparatifdenganmenggunakanmetodeeksperimensemu(quasiexperimental).PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIIISMPIAl-IshlahTrowulanMojokertotahunpelajaran2009/2010yangberjumlah195siswa.SedangkansampelyangdigunakanadalahduakelasyaituVIIIdsebagaikelompokkontroldankelasVIIIesebagaikelompokeksperimenkelaskontroladalahkelasyangdiajarmenggunakanmetodeceramahbermaknaberbantuanmediaLCDsedangkankelompokeksperimenadalahkelompokyangdiajarmenggunakanmodelpembelajaranCTLberbantuanmediainteraktif.Pengambilansampelmenggunakantekniksamplingkelompok(kluster).VariabelbebasdalampenelitianiniadalahmetodeceramahbermaknaberbantuanmediaLCDdanmodelpembelajaranCTLberbantuanmediainteraktifdanvariabelterikatdalampenelitianiniadalahhasilbelajarsiswakelasVIIISMPIAl-IshlahTrowulanMojokerto.InstrumenyangdigunakanadalahinstrumenperlakuanyaiturppsilabusLKSkisi-kisisoaldankuncijawabandaninstrumenpengukuranberupatesakhirlembarpenilaianobservasiafektifdanpsikomotorik.TeknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisstatistikkuantitatifdenganbantuanSPSSForWindows.Analisisstasistikkuantitatifdigunakanuntukmenganalisisdatakemampuanawalsiswadanhasilbelajarsiswayangterdiridariujinormalitasujihomogenitasujikesamaanduarata-rataujihipotesisdanujikorelasiProductMoment.ivHasilpenelitiandidapatkanbahwarata-ratanilaihasilbelajarsiswapadakelaskontroladalah622danpadakelaseksperimenadalah705nilairata-ratadarimasing-masingkelasdiujihipotesisdenganmeggunakanUji-tdanUjikorelasiProductMoment.Uji-tdigunakanuntukmengetahuiapakahadaperbedaannilairata-ratahasilbelajarkelaskontroldankelaseksperimendariUji-tdiperolehhasilyaituthitung.2173ttabel1658.SedangkanUjikorelasiProductMomentdigunakanuntukmengetahuipengaruhpenggunaanmodelpembelajaranpadakelaskontroldankelaseksperimendariUjikorelasiProductMomentdiperolehhasilyaiturhitungrtabel(04960316)padakelaskontroldanrhitungrtabel(05280329)padakelaseksperimen.Kesimpulandarihasilanalisismenunjukkanbahwaterdapatperbedaanrata-ratanilaihasilbelajarsiswayangbelajarmenggunakanpembelajaranCTLberbantuanmediainteraktifdengansiswayangbelajardenganmetodeceramahbermaknaberbantuanmediaLCDpadakompetensidasarMembuatdokumenpengolahangkasederhana.ModelpembelajaranCTLberbantuanmediainteraktifmemberikanpengaruhyangpositifterhadapkelasVIIIedenganpenerapanmodelCTLsiswamenjadiaktifdalamkegiatanpembelajarandikelassehinggahasilbelajarkelasVIIIe(eksperimen)lebihtinggidaripadakelasVIIId(kontrol).