Analisis daya dukung dan penurtunan (settlement) pondasi bored pile jembatan kali Rambut dengan menggunakan software allpile pada proyek pembangunan jalan tol Pejagan Pemalang seksi 3-4 / Darma Dana
Main Author: | Dana, Darma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45500/ |
Daftar Isi:
- vABSTRAKDanaDarma.2018.AnalisisDayaDukungdanPenurunan(Settlement)PondasiBoredPileJembatanKaliRambutdenganMenggunakanSoftwareAllpilepadaProyekPembangunanJalanTolPejaganPemalangSeksi3-4.Skripsi.JurusanTeknikSipilFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.EkoSetyawanS.T.M.T.(II)Drs.EkoSuwarnoM.Pd.KataKunciDayaDukungSettlementAllpile.Pondasiboredpilemerupakansalahsatustrukturbawahyangberfungsiuntukmenyalurkanbeban-bebandaribangunandiatasnyakelapisantanahkerasdenganletaksangatdalam.Masalahyangseringdijumpaidalamkontruksisecaraumumtermasukjembatanadalahterjadinyakegagalanstrukturakibatpenurunanpondasi.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuihasilanalisisdayadukungdanpenurunan(settlement)pondasiboredpilemenggunakansoftwareAllpile.Hasilanalisiskemudiandibandingkandenganhasilanalisismenggunakanmetodeanalitissehinggadidapatkanpersentaseperbedaan.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitianyangbersifatkuantitatif.Analisisdayadukungdanpenurunan(settlement)pondasiboredpilemenggunakansoftwareAllpile.PadametodeanalitisanalisisdayadukungmenggunakanmetodeMeyerhoffdanReeseWright(1977)sedangkananalisispenurunan(settlement)menggunakanmetodeMeyerhoff(1976)danmetodeVesic(1977).Hasilanalisisdayadukungdanpenurunan(settlement)pondasiboredpiledenganmenggunakansoftwareAllpiledidapatkandayadukungasksialijinkelompoktiang(Qpg)padaAbutmen1(A1)15.34204tonAbutmen2(A2)14.41327tonPier1(P1)25.84608tondanPier2(P2)23.56809ton.Dayadukunglateralijin(Hijin)padaA16189tonA27078tonP12323tondanP22318ton.NilaiDefleksikepalatiang(yt)padaA117mmA223mmP107mmdanP2101mm.Besarsettlement(Spg)padaA1147mmA2152mmP1154mmdanP214mm.Setelahdilakukanefisiensi(penguranganjumlahtiang)dayadukungaksialijinkelompoktiang(Qpg)padaA112.04398tonP120.30764tondanP218.51779ton.Bebanlateralijin(Hijin)padaA1788tonP12947tondanP22948ton.NilaiDefleksi(yt)didapatkanpadaA12416mmP1192mmdanP228mm.Settlement(Spg)padaA1147mmA2152mmP1154mmdanP114mm.EfisiensihanyadapatdilakukanpadapondasiA1P1danP2.PerbandinganhasilanalisisdayadukungaksialijinkelompoktiangmenggunakansoftwareAllpiledenganmetodeMeyerhoffdidapatkanselisihrata-ratasebesar2020%SoftwareAllpiledenganmetodeReeseWright(1977)sebesar2018%.SedangkanperbandinganhasilanalisisdayadukunglateraldannilaidefleksisoftwareAllpiledenganmetodeBromssebesar4364%dan5451%.PerbandinganhasilanalisissettlementkelompoktiangmenggunakansoftwareAllpiledenganmetodeMeyerhoff(1976)didapatkanselisihrata-ratasebesar9015%SoftwareAllpiledenganmetodeVesic(1977)sebesar9339%.Perbedaandarihasilanalisisdisebabkanolehmetodeperhitunganataurekayasapendekatanyangberbeda.