Pengaruh Rendaman Air Laut Terhadap Parameter Marshall dan Indeks Kekuatan Sisa Pada Campuran Aspal Beton (AC-WC) Dengan Substitusi Filler Batu Kapur / Ach. Rudi Purnomo
Main Author: | Purnomo, Ach. Rudi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45446/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPurnomoAchRudi.2018.PengaruhRendamanAirLautTerhadapParameterMarshalldanIndeksKekuatanSisaPadaCampuranAspalBeton(AC-WC)DenganSubstitusiFillerBatuKapur.SkripsiJurusanTeknikSipilFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)PranotoS.T.M.T(II)Drs.BoediRahardjoM.Pd.M.T.KatakunciFillerbatukapurRendamanairlautAC-WCMarshallIKS.Ruasjalandidaerahpantaiseringtergenangiairbaikhujanmapunairlaut.Genanganairpadabadanjalanmenyebabkankerusakanpermukaanjalanberupalubangbergelombangretak-retakpelepasanbutirandangerusantepi.LapisanperkerasanjalanyangpalingseringmengalamikerusakanadalahlapisanAC-WC(AsphaltConcreteWearingCourse)karenamerupakanlapispermukaanyanglangsungbersentuhandenganpanasairdanbebankendaraan.Penggunaanbahantambahsudahbanyakdigunakansebagaimaterialbahancampuranaspaldalammeningkatkankualitasperkerasanjalansalahsatunyaadalahfillerbatukapur.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)kadaraspaloptimum(KAO)campuranaspalbetonAC-WCditinjaudariparametermarshall(2)karakteristikcampuranaspalbetonAC-WCdengansubstitusifillerbatukapurditinjaudariparametermarshall(3)pengaruhrendamanairlautpadacampuranaspalbetonAC-WCdengansubstisusifillerbatukapurterhadapparametermarshalldanindekskekuatansisa(IKS)(4)apakahadaperbedaannilaistabilitasdanflowpadaaspalbetonAC-WCantararendamanairlautdanairtawar.PenelitianinimerupakanpenelitianlaboratorisyangdilaksanakandiLaboratoriumPerkerasanJalanRayaJurusanTeknikSipilUniversitasNegeriMalang.Datadiperolehdarihasilpengujiandilaboratorium.Pengujianbahancampuranmeliputipengujianaspalagregatdanfiller.PengujianuntukmenentukanKAOyaitudenganvariasikadaraspal5%55%6%65%7%.LangkahselanjutanyamembuatbendaujidenganKAOdanvariasikadarfillerbatukapur0%15%30%45%dan60%.LangkahselanjutnyamembuatbendaujidenganKAOdanfillerbatukapuroptimumyangdirendamairlautdanairtawarselama30menitdan24jam.Hasilpenelitianbahancampurandidapatkanbahwabahancampuranmemenuhipersyaratan.NilaiKAOdidapat675%.PenambahanfillerbatukapurcenderungmeningkatkannilaistabilitasVIMVMAdanVFAsedangkannilaiflowdanMQcenderungturun.Kadarfillerbatukapurterbaikyaitukadar60%.KarakteristikmarshallcampuranAC-WCdenganfillerbatukapuryangdirendamairlautmemilikinilaistabilitasMQdanVFAcenderungmenurunsedangkannilaiflowVIMdanVMAcenderungmeningkat.NilaiIKSyangdirendamairlautsebesar7242%danyangdirendamairtawarsebesar8753%halmenunjukkanbahwarendamanairlautlebihmerusakcampuranaspaldibandingkanairtawar.Ujibedat-testmenunjukkanadaperbedaanyangsignifikannilaistabilitasdanflowpadaaspalbetonAC-WCantararendamanairlautdanairtawar.