Studi evaluasi kerusakan jalan menggunakan metode analytical hierarchy process dan metode SK. No. 77/KPTS/Db/1990 untuk penyusunan prioritas penanganan jalan (studi kasus Kabupaten Pasuruan) / Maulana Aviv Friansa

Main Author: Friansa, Maulana Aviv
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/45382/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKFriansaM.A.2017.StudiEvaluasiKerusakanJalanMenggunakanMetodeAnalyticalHierarchyProcessdanMetodeSK.No.77/KPTS/Db/1990untukPenyusunanPrioritasPenangananJalan(StudiKasusKabupatenPasuruan).SkripsiJurusanTeknikSipilFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Ir.HenriSiswantoM.T.(II)Drs.H.BambangSupriyantoS.TM.TKataKuncikerusakanjalanSK.No.77/KPTS/Db/1990AHPprioritaspenangananjalanKabupatenPasuruanKabupatenPasuruanmemilikijumlahpanjangjalansepanjang2.316kmdengankondisijalanbaiksepanjang1892.2kmkondisirusaksedangsepanjang272.32kmdanrusakberatsepanjang146.48km.SalahsatuprogrampemerintahKabupatenPasuruanuntukmelaksanakanotonomidaerahyaitukegiatanpemeliharaanjalanpadakegiatantersebutmembutuhkandanayangrelatifbesarsedangkanjumlahjaringanjalanyangperludiperbaikijugabesar.Kegiatanpemeliharaanjalanlebihdiprioritaskansesuaidanayangtersediagunamempertahankankondisijalanagarberjalansesuaifungsinya.Penelitianinibertujuanuntuk1)mengetahuinilaikondisikerusakanjalanberdasarkanjenisdantingkatkerusakandenganmetodeSKNo.77/KPTS/Db/19902)menyusunurutanskalaprioritaspenangananruasjalanterhadapkerusakanjalansesuaidenganjenisdantingkatkerusakanyangterjadidiKabupatenPasuruandenganMetodeSKNo.77/KPTS/Db/1990danMetodeAHPMetodepadapenelitianiniyaitumelakukanrekamanvideopadaruasjalanyangakanditelitidanuntukselanjutnyadilakukanpenilaiankondisikerusakanjalandenganmenggunakanformulirS1danS2padasurveiinidilakukanpenilaianpadatiapruaspersegmenyaituper100m.DataLHRdidapatdariDinasBinaMargaKabupatenPasuruanTahun2016.SetelahnilaikerusakandandataLHRsudahdiperolehselanjutnyadipergunakanuntukmenghitungnilaiNPV.KemudianmenyusunurutanprioritaspenangananjalandenganMetodeSKNo.77/KPTS/Db/1990danMetodeAHP.HasildalampenelitianinimenunjukkanKondisikerusakankategoribaikterdapat2ruasjalankategorisedangterdapat9ruasjalankategorirusakterdapat3ruasjalandankategorirusakberatterdapat1ruasjalanyangartinyakondisiruastersebutkerusakannyapalingparah.HasilpenelitiandenganmetodeSKNo.77/KPTS/Db/1990yaituRuasjalanyangmenempatiurutanpertamaprioritaspenangananjalanadalahWilo-KetanirengdenganjumlahLHR274kendaraandanNPVsebesarRp2.090.888.010danruasjalanyangmenempatiurutanterakhirprioritaspenangananjalanadalahMasangan-KradenandenganjumlahLHR54kendaraandanNPVRp675.710.844.SedangkanhasilpenelitianmenurutMetodeAHPUrutanpertamaprioritaspenangananjalandenganbobot0502yaituruasjalanWilo-Ketanirengdanprioritaspenangananjalanyangterakhirdenganbobot0205yaituruasjalanMasangan-Kradenan.