Studi evaluasi kerusakan jalan menggunakan SK No. 77/KPT/Db/1990 dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 13/PRT/M/2011 untuk penyusunan prioritas penanganan jalan (studi kasus Kabupaten Tulungagung) / Yeni Rahmawati

Main Author: Rahmawati, Yeni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/45364/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRahmawatiYeni.2017.StudiEvaluasiKerusakanJalanMenggunakanSKNo.77/KPTS/Db/1990danPeraturanMenteriPekerjaanUmumNo.13/PRT/M/2011untukPenyusunanPrioritasPenangananJalan(StudiKasusKabupatenTulungagung).SkripsiJurusanTeknikSipilFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Ir.HenriSiswantoM.T.(II)PranotoS.T.M.T.KatakuncikerusakanjalanSKNo.77/KPTS/Db/1990PermenPUNo.13/PRT/M/2011prioritaspenanganan.Jalanmerupakansaranatransportasidaratyangmenunjangseluruhpergerakanmanusiasekaligussebagaisektorperhubungandalampendistribusianbarangmaupunjasa.Tulungagungmemilikijumlahpanjangjalansepanjang2.007kmdengankondisijalanbaiksepanjang543kmsedangsepanjang1.119kmrusakringansepanjang154kmdanrusakberatsepanjang189km.Kegiatanpemeliharaanjalanmembutuhkandanayangrelatifbesarsedangkanjumlahjaringanjalanyangperluditanganipunjugabesar.Olehkarenaitudilaksanakanpemeliharaanyanglebihdiprioritaskansesuaidanayangtersediagunamempertahankankondisijalanagarberjalansesuaifungsinya.Penelitianinibertujuanuntuk(1)MengetahuinilaikondisikerusakanjalanberdasarkanjenisdantingkatkerusakanjalandenganSKNo.77/KPTS/Db/1990danPeraturanMenteriPekerjaanUmumNo.13/PRT/M/2011diKabupatenTulungagung.(2)MenyusunprioritaspenangananterhadapkerusakanjalansesuaidenganjenisdantingkatkerusakanyangterjadidiKabupatenTulungagungdenganSKNo.77/KPTS/Db/1990danPeraturanMenteriPekerjaanUmumNo.13/PRT/M/2011.MetodepadapenelitianinidilakukandenganmenilaikondisikerusakanjalansecaravisualsesuaiSKNo.77/KPTS/Db/1990menggunakanformulirS1danS2denganmenghitungpersentaseluaskerusakanuntukmenilaikondisikerusakanjalankemudianmenghitungNPVuntukmenentukanperingkatprioritaspenanganan.SedangkanPeraturanMenteriPekerjaanUmumNo.13/PRT/M/2011menilaikondisikerusakanjalansecaravisualmenggunakanformulirRCI.HasilpenelitianmenurutSKNo.77/KPTS/Db/1990menunjukkankondisijalanmantapsebesar11ruasdengankondisibaikdan4ruasdengankondisisedang.Nilaikondisiyangpalingtinggidengannilaisebesar11yangartinyakondisikerusakannyapalingparah.Sedangkannilaikondisiterendahdengannilaisebesar7yangartinyakondisijalannyabaik.UntukurutanprioritaspenanganandidasarkanpadavolumelalulintasdanangkaNPVtertinggi.SedangkanhasilpenelitianmenurutPeraturanMenteriPekerjaanUmumNo.13/PRT/M/2011menunjukkankondisijalan12ruasdengankondisibaikdan2ruasdengankondisisedangdan1ruasdengankondisirusakringan.Hasilkondisipalingbagusdengannilaisebesar75sedangkanhasilkondisikerusakanrusakringandengannilaisebesar2.Urutanprioritasdidasarkanpadavolumelalulintasyangtinggidannilaikondisiyangrendah.ABSTRAKRahmawatiYeni.2017.StudyofRoadDamageEvaluationUsingDecreeNo.77/KPTS/Db/1990andRegulationoftheMinisterofPublicWorksNo.13/PRT/M/2011forPreparationofPriorityofRoadHandling(CaseStudyofTulungagungDistrict).ThesisDepartmentofCivilEngineeringFacultyofEngineeringStateUniversityofMalang.Counselor(I)Ir.HenriSiswantoM.T.(II)PranotoS.T.M.T.KeywordsroaddamageDecreeNo.77/KPTS/Db/1990MinisterofAgricultureDecreeNo.13/PRT/M/2011priorityhandling.Theroadisameansoflandtransportationthatsupportsallhumanmovementaswellasthetransportationsectorinthedistributionofgoodsandservices.Tulungagunghasalongroadlengthof2007kmwithgoodroadconditionsalong543km1119kmlong154kmoflightdamageandseverelydamagedalongthe189km.Roadmaintenanceactivitiesrequirerelativelylargefundswhilethenumberofroadnetworksthatneedtobehandledisalsolarge.Thereforemoreprioritymaintenanceiscarriedoutaccordingtoavailablefundstomaintainroadconditionstorunaccordingtofunction.Thisstudyaimsto(1)KnowthevalueofroaddamageconditionsbasedonthetypeandlevelofroaddamagebyDecreeNo.77/KPTS/Db/1990andRegulationoftheMinisterofPublicWorksNo.13/PRT/M/2011inTulungagungDistrict.(2)CompilethepriorityhandlingofroaddamageinaccordingthetypeandextentofdamageoccurringinTulungagungRegencywithDecreeNo.77/KPTS/Db/1990andRegulationoftheMinisterofPublicWorksNo.13/PRT/M/2011.ThemethodologyofthisstudywereconductedbyassessingtheconditionofroaddamagevisuallyinaccordancewithDecreeNo.77/KPTS/Db/1990usingS1andS2formsbycalculatingthepercentageofdamagetoassesstheroaddamageconditionthencalculatingtheNPVtorankthehandlingpriority.MeanwhileMinisterofPublicWorksRegulationNo.13/PRT/M/2011assessedtheconditionofroaddamagevisuallyusingtheRCIform.TheresultsaccordingtoDecreeNo.77/KPTS/Db/1990showsthatthesteadyroadconditionsof11segmentswithgoodconditionand4segmentswithmoderateconditions.Thehighestconditionvaluewithavalueof11whichmeansthemostseveredamageconditions.Whilethevalueofthelowestconditionwithavalueof7whichmeansgoodroadconditions.ForpriorityorderhandlingisbasedontrafficvolumeandhighestNPVrate.WhiletheresultsofresearchaccordingtoRegulationofMinisterofPublicWorksNo.13/PRT/M/2011showstheconditionofroads12segmentswithgoodconditionand2segmentswithmoderateconditionsand1segmentwithminordamagecondition.Thebestconditionresultswithavalueof7.5whereastheresultofthedamageconditionisslightlydamagedwithavalueof2.Theorderofpriorityisbasedonhightrafficvolumeandlowconditionvalue.