Study karakteristik pengguna dan efektivitas penggunaan jembatan penyeberangan orang di Kabupaten Malang / Failut Barzani
Main Author: | Barzani, Failut |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45350/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKBarzaniF.2017StudyKarakteristikPenggunadanEfektivitasPenggunaanJembatanPenyeberanganOrangdiKabupatenMalang.SkripsiJurusanTeknikSipilFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)PranotoS.T.M.T.(II)Drs.BoediRahardjoM.Pd.M.T.KataKuncikarakteristikefektivitasjembatanpenyeberanganJembatanpenyeberanganorang(JPO)sebagaisaranapenyeberangandiperuntukanagarpejalankakitidakberkonflikdenganaruslalulintaskendaraandiruasjalansehinggaresikokecelakaanlalulintasyangmelibatkanpejalankakidapatdicegah.Minimnyapejalankakiyangmenyeberangdenganmenggunakanjembatanpenyeberanganmenyebabkankemacetankarenavolumekendaraanpadatsedangkanpejalankakitidakmenyeberangpadatempatyangtelahdisediakan.TujuanpembangunanJPOadalahuntukmengurangikemacetandanangkakecelakaanpenyeberangjalan.KondisiJPOyangkurangmendukungsebagaisaranapenunjangpenyeberangjalanhendaknyadievaluasisehinggapejalankakimauuntukmenyeberangpadaJPO.TerdapattigajembatandiKabupatenMalangyaituduajembatanpenyeberangandijalanRayaSingosaridandijalanRayaThamrinLawang.Penelitianinibertujuan(1)untukmengetahuikarakteristikpenggunajembatanpenyeberanganorangdiKabupatenMalang(2)untukmengetahuiefektivitaspenggunaanjembatanpenyeberanganorangdiKabupatenMalang.Penelitianinimenggunkanmetodedeskriptifkuantitatif.PengumpulandatakarakteristikpenggunajembatanpenyeberangandilakukanmelaluipenyebaranangketkepadarespondenpenggunajembatanpenyeberangandiKabupatenMalang.Sedangkanuntukefektivitaspengumpulandatavolumepenggunajembatanpenyeberangandilakukanmelaluipencatatansetiap15menitjumlahpenyeberangjalanyangmenggunakanjembatanpenyeberangandanjumlahpenyeberangjalanyangtidakmenggunakanjembatanpenyeberangan.HasilPenelitianmenunjukkanKarakteristikpenggunajembatanpenyeberangandiKabupatenMalangbanyakdidominasiolehperempuanusia40tahundengantingkatpendidikanSMUpekerjaansebagaipegawaiswastaasalperjalanandarirumahtujuanperjalanankepasardanmaksudperjalananbelanja.Padafrekuensipenggunaanjembatanpenyeberanganseringmenggunakan.Alasanmenggunakanjembatanpenyeberangankarenakeselamatandanalasanjikatidakmenggunakanjembatanpenyeberangankarenajaraktempuh.EfektivitaspenggunaanjembatanpenyeberangandiKabupatenMalangditinjaudarivolumepenggunamenunjukkanpersentasepenyeberangjalanyangmenggunakanjembatanpenyeberangansebesar89%dantidakmenggunakansebesar11%jadisudahtermasukkategorisangatefektif.TingkatefektivitaspenggunaanjembatanpenyeberangandiKabupatenMalangditinjaudarisegisyaratJPO(ketepatanestetikakeselamatanfasilitaspenunjangdankondisisekitarJPO)yangtermasukdalamkategoriefektifdengannilaipersentase70%.ABSTRACTBarzaniF.2017UserscharacteristicstudyandEffectivenessofPedestrianCrossingBridgeUsageinMalangRegency.EssayCivilEngineeringStudyTechnicFacultyStateUniversityofMalang.Advisor(I)PranotoS.T.M.T.(II)Drs.BoediRahardjoM.Pd.M.T.KataKuncicharacteristicefectivenesscrossingbridgePedestrianCrossingBridge(PCB)asamediaforpedestriantocrosstheroadsotheydonothavetoconflictwiththevehicletrafficflowsotheriskoftrafficaccidentsinvolvingpedestrianscanbeprevented.Lackofpedestriancrossingbyusingpedestrianbridgeleadtotrafficjambecauseofthedensitiynumberofvehiclewhilepedestriandonotcrosstheroadinprovidedfacility.ThegoalofbuildingPCBistoreducetrafficjamandtoreduceaccidentsthatinvolvepedestrians.TheconditionofPCBthatlacksofitsfunctiontosupportpedestrianscrossingshouldbeevaluatedsopedestrianswanttouseitforcrossingtheroad.TherearethreepedestriancrossinginMalangRegencywhicharetwocrossingbridgeinSingosariHighwayandoneinThamrinRoadLawang.Theaimsofthisstudyare(1)todeterminecharacteristicofpedestriancrossingbridgeuserinMalangDistrictand(2)todetermineeffectivenessoftheuseofpedestriancrossingbridgeinMalangRegency.Thisstudyusesdescriptivequantitativemethod.ThedatacollectionofpedestrianbridgeusercharacteristicswillbedonethroughquestionnairedistributiontorespondentsthatusecrossingbridgeinMalangRegency.Whilefortheeffectivenessdatacollectingforvolumeofcrossingbridgeuserswillbedonethroughrecordingevery15minutesfortheamountofthepeoplewhousethecrossingbrideandthepeoplewhodonot.ThestudyresultpointsthatmajorityofcrossingbridgeusercharacteristicinMalangRegencyaredominatedbywomenage40yearswithhighschooleducationlevelworkingasaprivateemployeedestinationoriginisfromhousethedestinationisthemarketandthepurposeistoshop.Whileforthefrequenceofcrssingbridgeusermostofthemareusingit.Theirreasonforusingitisforsafetyreasonsandforthosewhodonotisforthemileage.TheeffectivenessofpedestriancrossingbridgeusageinMalangRegencyfromthesideofuservolumeshowstheprecentageamountofroadcrosserswhousethecrossingbridgeis89%andthosewhodonotusethecrossingbridgeis11%whichiscategorizedasveryeffective.UsageeffectivenessofcrossingbridgelevelinMalangRegencyjudgedfromthetermsofPCB(accuracyaestheticsafetysupportingfacilitiesandconditionsaroundPCB)whichfallintotheeffectivecategoryarethosethathaveapercentageof70%.