Study karakteristik pengguna dan efektivitas penggunaan jembatan penyeberangan orang di Kabupaten Malang / Failut Barzani

Main Author: Barzani, Failut
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/45350/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKBarzaniF.2017StudyKarakteristikPenggunadanEfektivitasPenggunaanJembatanPenyeberanganOrangdiKabupatenMalang.SkripsiJurusanTeknikSipilFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)PranotoS.T.M.T.(II)Drs.BoediRahardjoM.Pd.M.T.KataKuncikarakteristikefektivitasjembatanpenyeberanganJembatanpenyeberanganorang(JPO)sebagaisaranapenyeberangandiperuntukanagarpejalankakitidakberkonflikdenganaruslalulintaskendaraandiruasjalansehinggaresikokecelakaanlalulintasyangmelibatkanpejalankakidapatdicegah.Minimnyapejalankakiyangmenyeberangdenganmenggunakanjembatanpenyeberanganmenyebabkankemacetankarenavolumekendaraanpadatsedangkanpejalankakitidakmenyeberangpadatempatyangtelahdisediakan.TujuanpembangunanJPOadalahuntukmengurangikemacetandanangkakecelakaanpenyeberangjalan.KondisiJPOyangkurangmendukungsebagaisaranapenunjangpenyeberangjalanhendaknyadievaluasisehinggapejalankakimauuntukmenyeberangpadaJPO.TerdapattigajembatandiKabupatenMalangyaituduajembatanpenyeberangandijalanRayaSingosaridandijalanRayaThamrinLawang.Penelitianinibertujuan(1)untukmengetahuikarakteristikpenggunajembatanpenyeberanganorangdiKabupatenMalang(2)untukmengetahuiefektivitaspenggunaanjembatanpenyeberanganorangdiKabupatenMalang.Penelitianinimenggunkanmetodedeskriptifkuantitatif.PengumpulandatakarakteristikpenggunajembatanpenyeberangandilakukanmelaluipenyebaranangketkepadarespondenpenggunajembatanpenyeberangandiKabupatenMalang.Sedangkanuntukefektivitaspengumpulandatavolumepenggunajembatanpenyeberangandilakukanmelaluipencatatansetiap15menitjumlahpenyeberangjalanyangmenggunakanjembatanpenyeberangandanjumlahpenyeberangjalanyangtidakmenggunakanjembatanpenyeberangan.HasilPenelitianmenunjukkanKarakteristikpenggunajembatanpenyeberangandiKabupatenMalangbanyakdidominasiolehperempuanusia40tahundengantingkatpendidikanSMUpekerjaansebagaipegawaiswastaasalperjalanandarirumahtujuanperjalanankepasardanmaksudperjalananbelanja.Padafrekuensipenggunaanjembatanpenyeberanganseringmenggunakan.Alasanmenggunakanjembatanpenyeberangankarenakeselamatandanalasanjikatidakmenggunakanjembatanpenyeberangankarenajaraktempuh.EfektivitaspenggunaanjembatanpenyeberangandiKabupatenMalangditinjaudarivolumepenggunamenunjukkanpersentasepenyeberangjalanyangmenggunakanjembatanpenyeberangansebesar89%dantidakmenggunakansebesar11%jadisudahtermasukkategorisangatefektif.TingkatefektivitaspenggunaanjembatanpenyeberangandiKabupatenMalangditinjaudarisegisyaratJPO(ketepatanestetikakeselamatanfasilitaspenunjangdankondisisekitarJPO)yangtermasukdalamkategoriefektifdengannilaipersentase70%.ABSTRACTBarzaniF.2017UserscharacteristicstudyandEffectivenessofPedestrianCrossingBridgeUsageinMalangRegency.EssayCivilEngineeringStudyTechnicFacultyStateUniversityofMalang.Advisor(I)PranotoS.T.M.T.(II)Drs.BoediRahardjoM.Pd.M.T.KataKuncicharacteristicefectivenesscrossingbridgePedestrianCrossingBridge(PCB)asamediaforpedestriantocrosstheroadsotheydonothavetoconflictwiththevehicletrafficflowsotheriskoftrafficaccidentsinvolvingpedestrianscanbeprevented.Lackofpedestriancrossingbyusingpedestrianbridgeleadtotrafficjambecauseofthedensitiynumberofvehiclewhilepedestriandonotcrosstheroadinprovidedfacility.ThegoalofbuildingPCBistoreducetrafficjamandtoreduceaccidentsthatinvolvepedestrians.TheconditionofPCBthatlacksofitsfunctiontosupportpedestrianscrossingshouldbeevaluatedsopedestrianswanttouseitforcrossingtheroad.TherearethreepedestriancrossinginMalangRegencywhicharetwocrossingbridgeinSingosariHighwayandoneinThamrinRoadLawang.Theaimsofthisstudyare(1)todeterminecharacteristicofpedestriancrossingbridgeuserinMalangDistrictand(2)todetermineeffectivenessoftheuseofpedestriancrossingbridgeinMalangRegency.Thisstudyusesdescriptivequantitativemethod.ThedatacollectionofpedestrianbridgeusercharacteristicswillbedonethroughquestionnairedistributiontorespondentsthatusecrossingbridgeinMalangRegency.Whilefortheeffectivenessdatacollectingforvolumeofcrossingbridgeuserswillbedonethroughrecordingevery15minutesfortheamountofthepeoplewhousethecrossingbrideandthepeoplewhodonot.ThestudyresultpointsthatmajorityofcrossingbridgeusercharacteristicinMalangRegencyaredominatedbywomenage40yearswithhighschooleducationlevelworkingasaprivateemployeedestinationoriginisfromhousethedestinationisthemarketandthepurposeistoshop.Whileforthefrequenceofcrssingbridgeusermostofthemareusingit.Theirreasonforusingitisforsafetyreasonsandforthosewhodonotisforthemileage.TheeffectivenessofpedestriancrossingbridgeusageinMalangRegencyfromthesideofuservolumeshowstheprecentageamountofroadcrosserswhousethecrossingbridgeis89%andthosewhodonotusethecrossingbridgeis11%whichiscategorizedasveryeffective.UsageeffectivenessofcrossingbridgelevelinMalangRegencyjudgedfromthetermsofPCB(accuracyaestheticsafetysupportingfacilitiesandconditionsaroundPCB)whichfallintotheeffectivecategoryarethosethathaveapercentageof70%.