Penggunaan serbuk limbah ban sepeda motor sebagai pengganti agregat halus dan HDPE sebagai bahan tembahan pada Asphalt Concrete-Binder Course (AC-BC) terhadap parameter Marshall / Arif Rokhman

Main Author: Rokhman, Arif
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/45310/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRokhmanArif.2016.PenggunaanSerbukLimbahBanSepedaMotorSebagaiPenggantiAgregatHalusdanHDPESebagaiTambahanpadaAsphaltConcreteBinderCourse(AC-BC)TerhadapParameterMarshall.SkripsiProgramStudiS1TeknikSipilFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)IrHenriSiswantoM.T.(II)Ir.TitiRahayuningsihM.Si.KatakunciserbuklimbahbansepedamotorHDPEagregathalusAC-BCparametermarshall.Jalanrayamerupakansaranapentingsebagairodaperekonomiandalamnegaratetapipermasalahanperkerasanjalankerapterjadisehinggadiperlukankualitasyanglebihbaikagarkerusakanjalandapatdikurangi.PenggunaanbansepedamotordanHDPEdalamkehidupansehari-harisemakinmeningkatsehinggalimbahtersebutsemakinbanyakjadiperluadanyapemanfaatandarilimbahserbukbandanHDPE.PemanfaatanlimbahbansepedamotordanHDPEdapatdilakukanpadaperkerasanjalandiharapkanpenambahanbahantersebutdapatmeningkatkankualitasperkerasanjalan.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk(1)Mengetahuaipengaruhpenggunaanserbuklimbahbansepedamotorsebagaipenggantiagregathalus(saringanNo.50danNo.100)danpenambahanHDPEpadaAC-BCterhadapparameterMarshalldanIKS.(2)MengetahuipersentaseterbaikkadarpenggunaanserbuklimbahbansebagaipenggantiagregathalusdanHDPEsebagaibahantambahan(AC-BC).Penelitianinidiawalidenganpemeriksaanbahanpembuatanbendaujiuntukmencarikadaraspaloptimumdengankadaraspal4%45%5%55%6%65%terhadapberatagregatsehinggadiperolehnilaiKAO544%pembuatanbendaujiuntukmencarinilaikadarHDPEoptimumdarinilaiKAOdengankadarHDPE1%2%3%4%5%terhadapberataspalsehinggadidapatkannilaikadarHDPEoptimum1%selanjutnyapembuatanbendaujidenganKAOdankadarHDPE1%menggunakanvariasikadarserbuklimbahbansepedamotor2%4%6%8%10%terhadapberatagregatsaringanno.50danno.100sebagaipenggantiagregathalussaringanno.50danno.100.Hasilpenelitianpenggunaanserbuklimbahbansepedamotorsebagaipenggantiagregathalus(saringanNo.50danNo.100)danHDPEcenderungmenurunkannilaistabilitasMQVFADensitysedangkancenderungmenaikkannilaiflowVIMdanVMAdannilaiIKScenderungturunnaik.Kadarterbaikserbuklimbahbanpadakadar2%dankadarHDPEterbaikpadakadar1%karenamemilikinilaiparameterMarshallyanglebihbaikdarikadaryanglainnya.