Penggunaan serbuk limbah ban sepeda motor sebagai pengganti agregat halus dan HDPE sebagai bahan tambah pada Asphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC) terhadap parameter Marshall / Syaifullah Aditya Permana
Main Author: | Permana, Syaifullah Aditya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45300/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPermanaSyaifullahAditya.2016.PenggunaanSerbukLimbahBanSepedaMotorsebagaiPenggantiAgregatHalusdanHDPEsebagaiBahanTambahpadaAsphaltConcrete-WearingCourse(AC-WC)TerhadapParameterMarshall.SkripsiProgramStudiS1TeknikSipilFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Ir.HenriSiswantoM.T.(II)Drs.H.BambangSupriyantoS.T.M.T.KatakunciserbukbansepedamotoragregathalusHDPEAC-WCparameterMarshallKerusakanjalanrayaseringterjadipadalapisaus(AC-WC)karenalapisausmerupakanlapisanpermukaanyangbersentuhanlangsungdenganrodakendaraandanberhubunganlangsungdengancuaca.Kerusakanyangseringdijumpaiadalahretakdeformasidanbleeding.Olehkarenaituperluadanyaupayaperbaikankualitascampuranperkerasanjalanrayabaikdarisegikualitasagregatmaupunkualitasaspalnya.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk1)mengetahuipengaruhpenggunaanserbuklimbahbansepedamotorsebagaipenggantiagregathalusdanpenambahanHDPEpadaAC-WCterhadapparameterMarshalldanIKS2)mengetahuipersentasekadarpenambahanserbuklimbahbansepedamotordanHDPEoptimumpadacampuranAC-WCterhadapparameterMarshalldanIKS.Metodepadapenelitianinidilakukandenganpembuatanbendaujiuntukmenentukannilaikadaraspaloptimum(KAO)denganvariasikadaraspal5%55%6%65%7%dan75%dandiperolehnilaiKAOsebesar615%.KemudiandilakukanpenelitianselanjutnyadenganpembuatanbendaujiuntukmenentukannilaikadarHDPEoptimum(KHO)denganvariasikadarHDPE0%1%2%3%4%dan5%dandiperolehhasilkadarHDPEoptimumsebesar1%.SetelahdiperolehnilaiKHOyaitusebesar1%makadilanjutkanpenelitianberikutnyayaitupembuatanbendaujiuntukmenentukannilaikadarserbukbanoptimumdenganvariasikadarserbukban0%2%4%6%8%dan10%dandiperolehhasilkadarserbukbanoptimumsebesar2%.Hasildaripenelitiandiperolehbahwanilaioptimumadapadapersentasekadarpenggunaanserbukban2%danpenambahanHDPE1%.PadakadartersebutmampumemperbaikinilaidariparameterMarshallkhususnyastabilitasVIMVMAdanMQ.Semakinbanyakkadarserbukbanyangdigunakanbisamenurunkannilaistabilitaspadacampuranaspalbeton.NilaiIKScenderungmeningkatseiringbertambahnyakadarserbukban.SehinggakadaroptimumatauterbaikpadapengguanaanserbukbandanpenambahanHDPEpadalapisanAC-WCadalahpadakadarserbukban2%danHDPE1%.