Penggunaan serbuk limbah ban bekas sepeda motor sebagai pengganti agregat halus no. 50 dan no. 100 pada Asphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC) terhadap parameter marshall / Revi Oktavia Putri
Main Author: | Putri, Revi Oktavia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45253/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPutriReviOktavia.2016.PenggunaanSerbukLimbahBanBekasSepedaMotorsebagaiPenggantiAgregatHalusNo.50danNo.100padaAsphaltConcrete-WearingCourse(AC-WC)terhadapParameterMarshall.SkripsiJurusanTeknikSipilFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Ir.HenriSiswantoM.T.(II)Drs.H.BambangSupriyantoS.T.M.T.KatakunciserbuklimbahbanbekaspenggantiagregathaluslapisanAC-WCparameterMarshallKerusakanlapisanpermukaanjalanrayamasihseringdijumpaidiIndonesiasepertiretakbleedingataukarenaperubahansuhu.Penggunaanlimbahsudahbanyakdigunakansebagaimaterialbahancampuranaspaldalammeningkatkankualitasperkerasanjalansalahsatunyaadalahbanbekas.PenggunaanbanbekassepedamotordiharapkandapatmeningkatkankualitaspadalapisanAC-WC.Padapenelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)pengaruhpenggunaanserbuklimbahbanbekassepedamotorsebagaipenggantiagregathaluspadacampuranAC-WCterhadapparameterMarshalldanIndeksKekuatanSisa(IKS)(2)mengetahuiprosentaseterbaikkadarserbuklimbahbanbekassepedamotorsebagaipenggantiagregathalusterhadapparameterMarshall.MetodepadapenelitianinidilakukandenganpembuatanbendaujiuntukmenentukannilaiKadarAspalOptimum(KAO)denganvariasikadaraspal5%55%6%65%7%dan75%dandiperolehnilaiKAOsebesar615%.VariasikadarserbukbanbekassepedamotorsebagaiagregathalussaringanNo.50danNo.100dariberatagregatyaitu0%5%10%15%dan20%.Pencampuranserbukbanbekassepedamotordilakukansecaradryprocess.HasilpenelitianpenggunaanserbukbanbekassebagaipenggantiagregathaluscenderungmenurunkanVIMVMAstabilitasdanMQsedangkanflowdanVFAcenderungnaikkecualiflowpadakadar5%.NilaiIKSmengalamikenaikandengannilaiIKStertinggipadakadar10%.Kadarpenggunaanserbukbanbekassepedamotorterbaikadalah5%.