Implementasi metode Course Review Honary (DRH) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika kelas IV semester 1. SDN Tumpak Kepuh 02 Blitar / Tety Nur Cholifah

Main Author: Cholifah, Tety Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/446/
Daftar Isi:
  • Cholifah, T.N. 2013. Implementasi Metode Course Review Horay (CRH) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Kelas IV Semester 1, SDN Tumpakkepuh 02 Blitar. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sulton, M.Pd (2) Eka Pramono Adi, S.IP., M.Si Kata Kunci : Penerapan Metode CRH, Aktivitas, Hasil Belajar. Pendidikan saat ini dalam peranan pemerintah mengupayakan agar pendidikan di Indonesia lebih memiliki makna dan lebih maju. Tetapi pada kenyataannya proses belajar mengajar pada pembelajaran Matematika di SDN Tumpakkepuh 02 Blitar, peran siswa hanya terikat dengan apa yang guru inginkan dalam pembelajaran bukan dari siswa sendiri yang muncul. Sehingga hal itu akan mempengaruhi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Maka diperlukan metode pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa atau digunakan untuk memperbaiki pendidikan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penerapan metode CRH dan aktivitas belajar siswa yang diharapkan dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa dalam dalam pelaksanaan pembelajaran Matematika, (2) melalui penerapan metode CRH diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dalam penerapan metode CRH pada pembelajaran Matematika kelas IV semester 1 dengan kompetensi dasar ÔÇ£Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan derajatÔÇØ yang dilaksanakan 2 siklus. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan test. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014. Dalam penelitian ini peneliti menjadi pengajar dan guru kelas sebagai observer.     Dalam pelaksanaan siklus 2 dengan menggunakan metode CRH penerapan yang dilakukan guru di kelas sudah baik yaitu pada pada indikator pra kegiatan dan kegiatan awal yaitu guru sudah melaksanakannya dengan baik, pada indikator penggunaan media pembelajaran yaitu sudah menggunakan media yang menarik agar siswa tidak bosan, pada indikator pelaksanan kegiatan CRH yaitu sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan langkah-langkah metode CRH, pada indikator kegiatan akhir pembelajaran yaitu sudah dilaksanakan dengan baik dengan menyimpulkan materi yang telah dibahas serta mengevaluasi pembelajaran yang telah disampaikan sesuai dengan lembar observasi yang telah dibuat. Pada aktivitas siswa ditemukan pada indikator kedisiplinan kebanyakan siswa bersikap sopan, berdoÔÇÖa, memberikan salam, dan masuk tepat waktu sudah dilakukan siswa tanpa diperintah, pada indikator keberanian siswa berani membacakan jawabannya di depan kelas tanpa perintah guru, pada indikator keaktifan siswa aktif bertanya, menjawab pertanyaan guru, dan melaksanakan tugas tanpa diperintah guru, pada indikator ketepatan jawaban siswa berteriak ÔÇ£horeÔÇØ atau yel-yel 6-8 kali dalam kegiatan CRH, pada indikator kekompakan siswa kompak menampilkan yel-yel tanpa diperinta, dan pada indikator kegiatan akhir pembelajaran siswa cenderung sudah tidak pasif lagi akantetapi kebanyakan siswa menarik kesimpulan atau refleksi dari pelajaran saat itu setelah diperintah guru.     Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode CRH pada pembelajaran Matematika siswa kelas IV SDN Tumpakkepuh 02 Blitar dengan kompetensi dasar ÔÇ£Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan derajatÔÇØ dapat dilaksanakan sesuai dengan langkah metode CRH 65,27 pada awal siklus 1 menjadi 87,23 pada akhir siklus 2. Hasil belajar siswa juga meningkat dari rata-rata siklus 1 69,50 dan ketuntasan kelas mencapai 45% pada ke siklus 2 menjadi 86,95 dan ketuntasan kelas mencapai 85%. Dengan demikian penerapan metode CRH dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan dalam melakukan metode CRH ini, hendaknya guru mempersiakan matang-matang alat yang akan digunakan utuk mengajar di kelas dengan menggunakan metode CRH.