Penerapan strategi Project Based Learning (PBL) untuk meningkatkan proses dan hasil belajar mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak di SMKN 1 Udanawu Blitar / Rizza Bahtiar Ilmi

Main Author: Ilmi, Rizza Bahtiar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/44467/
Daftar Isi:
  • RINGKASANBahtiarIlmiRizza.2018.PenerapanStrategiProjectBasedLearning(PBL)untukMeningkatkanProsesdanHasilBelajarMataPelajaranMenggambardenganPerangkatLunakDiSmkN1UdanawuBlitar.SkripsiProgramStudiS1PendidikanTeknikBangunanFakultasTeknik.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.EkoSuwarnoM.pd(II)Drs.AntelasEkoWinahyoM.Pd.KataKunciPembelajaranBerbasisProyek(ProjectBasedLearning)HasilBelajarSiswa.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswadalamprosespembelajaranpadaKompetensiMenggambardenganPerangkatLunakmelaluipenerapanstrategipembelajaranProjectBasedLearning(PBL)sertauntukmeningkatkanhasilbelajarsiswamelaluipenerapanstrategipembelajaranProjectBasedLearning(PBL)dikelasXITGB1JurusanTeknikGambarBangunanSMKN1UdanawuBlitar.Berdasarkanobservasiawalgurulebihseringmenggunakanstrategipembelajrankonvesionalsehinggasiswapasifhanyamendengarkandanmencatat.Haltersebutmempengaruhipemahamansiswaterhadapmateridanmembuathasilbelajarsiswakurangmaksimal.Untukmengatasimasalahtersebutmakadiperlukanmodelpembelajaranyanginovatif.SalahsatustrategipembelajaranyangdapatditerapkanyaitustrategipembelajaranProjectBasedlearning(PBL)merupakanpembelajaranberbasisproyekmerupakantugaskompleksyangdidasarkanpadapertanyaaan-pertanyaanyangmenantangataupermasalahanyangmelibatkanparasiswadidalamdesainpemecahanmasalahdanakhinrnyamenghasilkanproduk-produknyata.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas.Penelitianinidilaksanakandengankolaborasiantarapenelitiobservergurukelasdanmelibatkanpartisipasisiswa.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXITGB1JurusanTeknikGambarBangunanSMKN1UdanawuBlitartahunpelajaran2017/2018yangberjumlah36siswa.Teknikpengumpulandatadilakukanmelaluikegiatanberupa(a)observasi(b)memberikantes.Prosedurpenelitianmeliputitahap(a)perencanaantindakan(b)pelaksanaantindakan(c)observasidaninterpretasidan(d)analisisdanrefleksi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanstrategipembelajaranProjectBasedLearning(PBL)yangdilaksanakandikelasXITGB1SMKN1UdanawuBlitardapatmeningkatkanprosesdanhasilbelajarsiswa.Dilihatdarinilairata-ratakelaspadakegiatansebelumdiberisiklussebesar7475kemudianmeningkatmenjadi7883padasiklusIdanmeningkatlagisebesar8106padasiklusII.Jumlahsiswayangyangtuntaspadakegiatansebelumsiklussebesar20siswa(5556)meningkatmenjadi29siswa(8056%)padasiklusIdanmeningkatmenjadi33siswa(9167%)padasiklusII.MelaluipenelitianinidiharapkangurudapatmengembangkanstrategiinigunameningkatkanpemahamandankemampuansiswadalampembelajaransepertimenggunakanstrategipembelajaranProjectBasedLearning.