Meningkatkan prestasi dan keaktifan belajar siswa mata pelajaran Konstruksi Bangunan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Singosari / Muhammad Akmal
Main Author: | Akmal, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/44372/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAkmalMuhammad.2017.MeningkatkanPrestasidanKeaktifanBelajarSiswaMataPelajaranKonstruksiBangunanMelaluiModelPembelajaranKooperatifTipeStudentTeamsAchievementDivision(STAD)padaSiswaKelasXTeknikGambarBangunan(TGB)SMKNegeri1Singosari.SkripsiJurusanTeknikSipilFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.BoediRahardjoM.Pd.M.T(II)Drs.MadeWenaM.Pd.M.T.KataKunciStudentTeamsAchievementDivisionPrestasiBelajarKeaktifanBelajar.StudentTeamsAchievementDivision(STAD)adalahsuatumodeltipepembelajarankooperatifyangpalingsederhanayangmemberikesempatankepadasiswauntukbelajardalamtimyangberanggotakan4-5orangyangmerupakancmpuranmenuruttingkatkinerjanyajeniskelamindansuku.Gurumenyajikanpelajarankemudiansiswabekerjadalamtimuntukmemastikanbahwaanggotatimtelahmenguasaipelajarantersebut.ModelpembelajarankooperatiftipeSTADmerupakanpendekatanCooperatifLearningyangmenekankanpadaaktivitasdanmemotivasidansalingmembantudalammenguasaimateripelajarangunamencapaiprestasibelajaryangmaksimal.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(ClassroomActionResearch)yangdilaksanakansesuaidenganprosedurpenelitiansebagaiberikutperencanaantindakanpengamatandanrefkleksi.Datadiperolehdarihasiltestulislembarobservasiaktivitassiswawawancaradandokumentasi.Penelitianinibertujuanuntuk(I)MeningkatkanprestasisiswapadamatapelajaranKonstruksiBangunanmelaluimodelpembelajarankooperatiftipeSTAD(2)MeningkatkankeaktifanbelajarsiswapadamatapelajaranKonstruksiBangunanmelaluimodelpembelajarankooperatiftipeSTAD.Hasilpenelitianmenunjukkanterjadipeningkatan(1)PrestasibelajarsiswapadasiklusIdenganpresentasesebesar70%danjumlahsiswayangtuntassebanyak21dari30siswasementarapadasiklusIImenjadi8333%denganjumlahsiswayangtuntassebanyak25dari30siswa.(2)KeaktifanbelajarsiswapadasiklusImemilikipresentasesebesar76%danmeningkatpadasiklusIImenjadi8533%.HasiltersebutdapatdisumpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranKooperatiftipeSTADdapatmeningkatkanprestasidankeaktifanbelajarsiswapadamatapelajaranKonstruksiBangunankelasXTGB1SMKNegeri1Singosari.