Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan kelas X di SMK Negeri 1 Singosari / Sulastri

Main Author: Sulastri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/44371/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSulastri.2017.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeTimesGamesTournament(TGT)untukMeningkatkanHasilBelajaraSiswapadaMataPelajaranKonstruksiBangunanKelasXdiSMKNegri1Singosari.SkripsiJurusanTeknikSipilFakultasTeknikUniversitasNegriMalang.Pembimbing(1)Drs.MadeWenaM.Pd.M.T.(II)Dr.H.TriKuncoroS.T.M.Pd.KataKunciModelPembelajaranKooperatifTipeTeamsGamesTournament(TGT)untukMeningkatkanHasilBelajarSiswa.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipeningkatankeaktifanbelajaruntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarPenelitianinibertujuanuntukmengelahui(1)bagaimanaketerlaksanaanmodelpembelajaranTeamsGamesTournament(TGT)untukmeningkatkanhasilbelajarsiswaKonstruksiBangunansiswakelasXTGBSMKNegeri1Singosari(2)BgaimanapeningkatanaktivitassiswakelasXTGBSMKNegeri1SingosarimelaluipenerapanmodelpembelajaranTeamsGamesTournament(TGT)dan(3)bagaimanapeningkatanhasilbelajarKonstruksiBangunankelasXTGBSMKNegeri1SingosarimelaluipenerapanmodelpembelajaranTeamsGamesTournament(TGT).Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelasyangterdiridari2siklusyangterdiridarirencanaawalpelaksanaanpengamatandanrefleksi.PenelitianinidilaksanakandiSMKNegeri1Singosari.Datapenelitianiniadalahketerlaksanaanpembelajaranaktivitasbelajarsiswadanhasilbelajarsiswa.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahlembartesdanlembarobservasiuntukmengukurketerlaksanaanpembelajaranaktivitasbelajarsiswadanhasilbelajaryangterdiriatasaspekkognitifpsikomotordanafektif.HasilpenelitianmenunjukanbahwahasilbelajarKonstruksiBangunansiswamengalamipeningkatan.haltersebutditunjukandengannilairata-ratakelasyaitupadasaatketerlaksanaanpembelajaranmeningkatmenjadi8466%padasiklusIkemudianmeningkatlagipadasiklusIImenjadi9523%.selainitudaridataobservasidiperolehsebelumdiberikantindakansiswaterlihatkurangaktifdalamkegiatanpembelajarankegiatanpembelajaranlebihdidominasiolehguru.Setelahdiberikantindakansiswaterlihataktifbaikpadasaatkegiatantanyajawabmaupunpadasaatkegiatankelompok