Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X TGB3 pada mata diklat konstruksi bangunan di SMK Negeri 1 Singosari / Ferdi Irawan
Main Author: | Irawan, Ferdi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/44353/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKIrawanFerdi.2017.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeStudentTeamsAchievementDivision(STAD)untukmeningkatkanMotivasidanHasilBelajarSiswaKelasXTGB3PadaMataDiklatKonstruksiBangunandiSekolahMenengahKejuruanNegeri1Singosari.SkripsiJurusanTekniSipilFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SutrisnoS.T.M.Pd.(II)Drs.MadeWenaM.Pd.M.T.KataKunciStudentTeamsAchievementDivision(STAD)MotivasiHasilBelajarSelamainigurulebihbanyakmenggunakanmetodeceramahdalammengajarakibatnyahasilbelajarsiswarendah.Olehkarenaituperluditerapkanpembelajaraninovatifuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswasalahsatupembelajaraninovatifadalahmodelpembelajarankooperatiftipe(STAD).Tujuanpenelitianiniadalah(1)PenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeStudentTeamsAchievementDivision(STAD)(2)MengetahuiPeningkatanmotivasidan(3)Peningkatanhasilbelajarsiswa.PenelitiantindakankelasinidilaksanakandalamIIsiklusyangsesuaidenganprosedurnyayangsetiapsiklusnyamempunyailangkahperencanaantindakanobservasidanrefleksi.Jumlahsiswayangmenjadisubjekpadapenelitianiniada28siswa.Metodepengumpulandatamengunakanhasilobservasidanhasiltestulis.Hasilpenelitiantindakankelasmenunjukanbahwa(1)Langkah-langkahpembelajarankooperatiftipeStudentTeamsAchievementDivision(STAD)sebagaiberikutMemberiTujuanMotivasiPersentasiGuruMembagiKelompokPersentasiKelasEvaluasiRefleksi.KeterlaksanaanPenerapanpembelajarankooperatiftipeStudentTeamsAchievementDivision(STAD)padasiklusIdenganpersentasesebesari7262dansiklusIIsebesari8571(2)Terjadipeningkatanmotivasibelajarpadapra-tindakansebesar4583padasiklusIsebesar5178dansiklusIIsebesar5476(3)Hasilbelajarpadapra-tindakansebesar6796siklusIsebesar7211danSiklusIIsebesar7868.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeStudentTeamsAchievementDivision(STAD)dapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranKonstruksiBangunankelasXTGB3SMKNegeri1Singosari.