Meningkatkan motivasi dan prestasi belajar pada pembelajaran konstruksi bangunan melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas X TGB 2 SMK Negeri 6 Malang / Adriana Hunggu Rami

Main Author: Rami, Adriana Hunggu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/44350/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHungguRamiAdriana.2017.MeningkatkanMotivasidanPrestasiBelajarpadapembelajarankonstruksibangunanmelaluipenerapanModelProblemBasedLearning(PBL)PadaSiswaKelasXTGB2SMKNegeri6Malang.JurusanTeknikSipilProgramStudiPendidikanTeknikBangunan(SI)FakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.R.M.SugandiS.T.M.T.Pembimbing(II)Dr.H.A.DardiriM.Pd.KataKuncimodelpembelajaranproblembasedlearningmotivasibelajarprestasibelajar.LatarpenelitianiniadalahmotivasidanprestasibelajarsiswayangrendahdariKriterianKetuntasanMinimal(KKM).KelemahaninididugakarenaprosespembelajarandikelasyangkurangmenariksehinggaperluadanyainovasipembelajaransalahsatumetodepembelajaranyangdipilihdansesuaidengananalisisadalahProblemBasedLearning(PBL).PBLataupembelajaranberbasismasalahmeliputipengajuanpertanyaanataumasalahmemusatkanpadaketerkaitanantardisiplinpenilaianautentikkerjasamadanmenghasilkankaryasertaperagaan.Pembelajaranberbasismasalahtidakdirancanguntukmembantugurumemberikaninformasisebanyak-banyaknyapadasiswa.Pembelajaranberbasismasalahantaralainbertujuanmembantusiswauntukmengembangkanketerampilanberfikirdanketerampilanpemecahanmasalah.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mengetahuipelaksanaanpembelajarankonstruksibangunandenganpenerapanmodelProblemPBL(2)meningkatkanmotivasibelajarsiswadan(3)meningkatkanprestasibelajarsiswakelasXTGB2SMKNegeri6MalangdenganmenggunakanmodelPBL.PenelitianTindakanKelas(PTK)inidilaksanakandalam2siklusdenganteknikpengumpulandatayangdigunakanyaituobservasidansoaltes.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwamodelPBLdapatmeningkatkanPelaksanaanpembelajarandikelasmotivasibelajardanprestasibelajarsiswa.HaliniterbuktidaridarihasilpengamatandanhasiltessiswayangmengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusII.Hasilyangdiperolehyaitu(1)PelaksanaanpembelajarandenganmenggunakanmodelPBLpadasiklusIdiperolehpersentaseketerlaksanaansebesar6363%danmeningkatpadasiklusIIsebesar8787.(2)MotivasibelajarsiswamelaluipenerapanmodelPBLpadasiklusIdiperolehpersentasesebesar6042%danmeningkatanpadasiklusIImenjadi8125.(3)prestasibelajarsiswadenganpenerapanmodelPBLpadasiklusIIdiperolehpersentaseketuntasansebesar6666%danpadasiklusIImeningkatmenjadi9696%.HalinimenunjukanbahwaketerlaksanaanrencanapelaksanaanpembelajaranolehgurudenganmodelPBLberjalandenganbaikrasaingintausiswaakanmateriyangdiberikangurumengalamipeningkatandenganpenerapanmodelPBLpemahamansiswatentangmateriyangtelahdiberikangurumengalamipeningkatandenganmodelPBL.ModelPBLberdampakpositifterhadapkegiatanpembelajarankonstruksibangunan.HaliniterbuktidaridatasiklusIdansiklusIIyangmengalamipeningkatan.ABSTRACTHungguRamiAdriana.2017.ImprovingLearningMotivationandAchievementonBuildingConstructionsubjeckthroughProblemBasedLearning(PBL)ModelinGradeBuldingDrawingAngineeringatstatevocationalschool6Malang.UndergraduateThesisDepartmentofCivilEngineeringStudyProgramofBuildingEngineeringEducationFacultyofEngineeringStateUniversityofMalangSupervisors(I)Dr.R.M.SugandiS.T.M.T.Pembimbing(II)Dr.H.A.DardiriM.Pd.Keywordslearningmodelofproblembasedlearninglearningmotivationlearningachievement.Thestudyisconductedduetothefactthatstudentslearningmotivationandachievementareundertheminimumcompletenesscriteria.Theseweaknessesarebelievedbecausethelearningprocessisnotinterestingatclasssoitrequiresthelearninginnovation.OneoflearningmethodsthatischosenandinlinetotheanalysisisProblemBasedLearning(PBL).Itinvolvesquestioningfocusingontheinterrelatedofdisciplineauthenticassessmentcooperationandproducingamasterpieceandexhibition.ProblemBasedLearningisnotintendedtohelpteachersgiveinformationasmuchaspossibletostudentshoweveritaimstohelpstudentsdeveloptheirthinkingskillandproblemsolvingskill.Thisstudyaimsto(1)findouttheimplementationofbuildingconstructionlearningthroughtheuseofPBLmodel(2)improvestudentslearningmotivationand(3)improvestudentslearningachievementinXTGB2ofSMKNegeri6MalangbyapplyingPBLmodel.ThisstudyusesClassroomActionResearch(CAR).Itisdoneintwocyclesbyusingobservationandtestitemsasdatacollectiontechnique.BasedontheresearchfindingsitcanbeconcludedthatPBLmodelisabletoimprovelearningimplementationatclassstudentslearningmotivationandachievement.ItisprovedthroughtheobservationandstudentstestsresultsthatshowstheimprovementfromcycleItocycleII.Theresearchfindingswere(1)ThelearningimplementationthatusedPBLmodelobtainedpercentageof63.63%oncycleIanditimprovedtobe87.87%oncycleII.(2)StudentslearningmotivationthatwasthroughPBLmodelimplementationgot60.42%oncycleIanditincreasedinto81.25%oncycleII.(3)StudentslearningachievementthatwasthroughPBLmodelimplementationobtainedcompletenesspercentageof66.66%oncycleIanditbecame96.96%oncycleII.ThoseresultsshowthattheimplementationoflessonplanbyteachersusingPBLmodelrunswell.InadditionstudentscuriositytowardsthematerialsthatwillbegivenbyteachersisimprovedandstudentscomprehensiontowardsthematerialsisalsoimprovedthroughPBLmodelimplementation.SincethereisimprovementfromcycleItocycleIIdataPBLmodelgivespositiveeffecttowardsthelearningactivitiesonbuildingconstruction.