Persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru mata pelajaran konstruksi bangunan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Malang / Nanang Aries Daryanto

Main Author: Daryanto, Nanang Aries
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/44342/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKDaryantoAriesNanang.2017.PersepsiSiswaTerhadapKompetensiPedagogikdanKompetensiProfesionalGuruMataPelajaranKonstruksiBangunandiSekolahMenengahKejuruanNegeri6Malang.SkripsiJurusanTeknikSipilFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.TriKuncoroS.T.M.Pd.(II)Dr.R.M.SugandiS.T.M.T.KatakunciKompetensiGuruSebagaiseorangpendidikprofesionalmakaseoranggurudituntutuntukmemilikikompetensidalammenjalankanprofesinya.Guruyangprofesionalakantercermindalampelaksanaanpengabdiantugas-tugasyangditandaidengankeahlianbaikdalammaterimaupunmetode.Guruyangprofesionalakanmampumemotivasisiswauntukmengoptimalkanpotensinyadalamkerangkapencapaianstandarpendidikanyangditetapkan.Penelitianinibertujuanuntukmendiskripsikankompetensipedagogikdankompetensiprofesionalgurumenurutpersepsisiswa.Rancanganpenelitianinimemaparkantentangpenelitiandeskriptif.Pengumpulandatadilakukandengancaramenyebarangket/kuesioner.Kuesioneryangdibuatberdasarkaninstrumentkompetensipedagogikdankompetensiprofesionalgurudandiberikankepadasiswauntukmenilaikompetensipedagogikdankompetensiprofesionalgurumenurutpersepsisiswa.Hasilvalidasiberupaangketdiperoleh40pernyataanyangvaliddari45pernyataanyangdisebardanreliabilitasdarivariabelpemanfaatanperpustakaansekolahsebesar0918005yangberartireliabel.Hasilpenelitianinisebagaiberikutkompetensipedagogikgurumenurutpersepsisiswamasukdalamkategoribaikdenganpersentasecapaianskorrerata75%.Kompetensiprofesionalgurumenurutpersepsisiswamasukdalamkategoribaikdenganpersentasecapaianskorrerata76%.Saranyangdiberikanpenelitiyaitukompetensipedagogikdankompetensiprofesionalguruperludipertahankandanterusditingkatkan.Guruyangberkompetensijugaakanmeningkatkankualitasgurudalammengajarsehinggamemilikiberbagaialternatifdalammeraihtujuanpembelajaran