Pengaruh pengalaman PRAKERIN, prestasi belajar mata pelajaran produktif, dan minat berwirausaha terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang / Syarifah Nur Octavia

Main Author: Octavia, Syarifah Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/44339/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKOctaviaSyarifahNur.2017.PengaruhPengalamanPRAKERINPrestasiBelajarMataPelajaranProduktifdanMinatBerwirausahaTerhadapKesiapanBerwirausahaSiswaKelasXIKompetensiKeahlianGambarBangunanSMKN6Malang.SkripsiJurusanTeknikSipilFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.R.M.SugandiS.T.M.T.(II)Drs.N.BambangRevantoroS.T.M.T.KataKunciPengalamanPRAKERINPrestasiBelajarMataPelajaranProduktifMinatBerwirausahaKesiapanBerwirausaha.PengalamanPRAKERINyangtelahdilaksanakansiswaprestasibelajarmatapelajaranproduktifdanminatberwirausahasiswamerupakanfaktorpemicuadanyakesiapanberwirausahasiswa.SiswayangtelahmelaksanakanPRAKERINmemilikipengalamankemampuanawaluntukmelakukanwirausaha.SedangkanprestasibelajarmatapelajaranproduktifmemengaruhipengalamanPRAKERINsiswa.Berdasarkanduavariabeltersebutsecarabersama-samamemengaruhiadanyaminatberwirausaha.Dengandemikiankesiapanberwirausahasiswadapatdiukurmelaluipengaruhketigavariabeltersebut.Penelitianinitermasukpenelitiankuantitatifdenganpendekatandeskriptif.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiadanyapengaruhyangditimbulkanolehketigavariabelterhadapvariabelkesiapanberwirausaha.Padatahapujicobainstrumendengankuisionerdiperolehhasil25itemtidakvaliddan45itempertanyaanlainnyavalid.UjireliabilitaspengaruhpengalamanPRAKERINprestasibelajarmatapelajaranproduktifdanminatberwirausahaterhadapkesiapanberwirausahasebesar0717yangtermasukmemilikireliabilitastinggi.Setelahmemperolehdatapenelitimelakukantabulasi(skor)untukmendeskripsikanketigavariabeldananalisisstatistikinferensialmenggunakanbantuanSPSSforWindosVersi20.Hasilanalisisdatadiperolehsebagaiberikut1)PengalamanPRAKERINsiswasebesar086termasukkriteriasangatbaik.2)PrestasiBelajarMataPelajaranproduktifsiswasebesar083termasukkriteriasangatbaik.3)MinatBerwirausahasiswasebesar086termasukkriteriasangatbaik.4)KesiapanBerwirausahasiswasebesar088termasukkriteriasangatbaik.5)PengalamanPRAKERINPrestasiBelajarMataPelajaranProduktifdanMinatBerwirausahasecarabersama-samamemengaruhiKesiapanBerwirausahasebesar019.ABSTRACTOctaviaSyarifahNur.2017.TheInfluenceofField(Work)PracticeExperienceLearningAchievementonProductiveSubjectsandInterestonEntrepreneurshipTowardEntrepreneurshipReadinessofGradeXIStudentSkillCompetenceofDrawingEngineeringatStateVocationalHighSchool6Malang.SkripsiDepartmentofCivilEngineeringEngineeringFacultyStateUniversityofMalang.Lecturer(I)Dr.R.M.SugandiS.T.M.T.(II)Drs.N.BambangRevantoroS.T.M.T.PRAKERINexperiencesthathavebeenimplementedbystudentslearningachievementofproductivesubjectsandentrepreneurshipinterestofstudentsisafactortriggerthereadinessofstudententrepreneurship.StudentswhohavepracticedPRAKERINhaveexperienceofinitialabilitytoundertakeentrepreneurship.WhereaslearningachievementofproductivesubjectsinfluencesstudentsPRAKERINexperiences.Basedonthesetwovariablessimultaneouslyaffecttheinterestofentrepreneurship.Thusthereadinessofstudententrepreneurshipcanbemeasuredthroughtheinfluenceofthethreevariables.Thisresearchincludesquantitativeresearchwithdescriptiveapproach.Thisstudyaimstodeterminetheeffectcausedbythethreevariablesonentrepreneurshipreadinessvariables.Attheteststagetheinstrumentwiththequestionnaireobtainedtheresultof25invaliditemsand45otherquestionitemsvalid.ReliabilitytestofinfluenceofPRAKERINexperiencelearningachievementofproductivesubjectsandentrepreneurshipinterestinentrepreneurshipreadinessamountingto0.717whichincludeshavinghighreliability.Afterobtainingthedatatheresearcherperformsatabulation(score)todescribethethreevariablesandinferentialstatisticalanalysisusingSPSSforWindosVersion20assistance.Resultsofdataanalysiswereobtainedasfollows1)PRAKERINexperienceofstudentsof0.86includingcriteriaverywell.2)Learningachievementofstudentsproductivesubjectsof0.83includingcriteriaverywell.3)Interestinentrepreneurshipof0.86studentsincludingverygoodcriteria.4)ReadinessStudententrepreneurshipof0.88includingcriteriaverygood.5)PRAKERINExperienceLearningAchievementofProductiveSubjectsandInterestinEntrepreneurshiptogetheraffectentrepreneurialreadinessof0.19.