Penerapan metode pembelajaran belajar tuntas (mastery learning) pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan (GKB) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI paket keahlian Teknik Gambar Bangunan (TGB) SMK negeri 6 Malang / Dewi Maisaroh

Main Author: Maisaroh, Dewi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/44223/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMaisarohDewi.2016.PenerapanMetodePembelajaranBelajarTuntas(MasteryLearning)padaMataPelajaranGambarKonstruksiBangunan(GKB)untukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasXIPaketKeahlianTeknikGambarBangunan(TGB)SMKNegeri6Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanTeknikBangunan.JurusanTeknikSipil.FakultasTeknik.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.MadeWenaM.Pd.M.T.(II)Drs.MujiyonoM.Pd.KataKunciPenerapanmetodebelajartuntas(masterylearning)hasilbelajarGambarKonstruksiBangunan.GambarKonstruksiBangunan(GKB)merupakansalahsatubidangilmuutamayangdipelajaridipaketkeahlianTeknikGambarBangunan(TGB.MetodepembelajarangambarkonstruksibangunandipaketkeahlianTGBmasihmenggunakanmetodepembelajarankonvensionalsehinggamengakibatkansiswabersikappasifdanrendahnyahasilbelajarsiswa.Faktor-faktoryangmenyebabkanhasilbelajarsiswarendahantaralain(1)siswakurangmemahamimateriyangdiajarkan(2)siswakurangtermotivasidalammenyelesaikantugas-tugasyangdiberikanguru(3)minatbacasiswakurangdan(4)siswajarangberanibertanyapadasaatprosesbelajarmengajar.TujuanpenelitianiniadalahmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasXIpaketkeahlianTeknikGambarBangunan(TGB)padamatapelajaranGambarKonstruksiBangunan(GKB)denganpenerapanmotodepembelajaranbelajartuntas(masterylearning).Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelasyangmenggunakanpendekatankualitatifdankuantitatif.Metodepengumpulandatayaitumenggunakanmetodeobservasiwawancaratugasdantescatatanlapangandandokumentasi.Datatersebutkemudianakandibandingkandengankajianpustakasehinggadapatdiambilkesimpulandansaran.Hasilpenelitianinisebagaiberikut(1)metodepembelajaranbelajartuntas(masterylearning)padamatapelajaranGambarKonstruksiBangunandapatditerapkansesuaitahapyangdisepakati(2)persentasehasilbelajarsiswasecaraklasikalpadasiklusIsebesar5600%dansiklusIIsebesar8800%atauterjadikenaikan3200%darisiklusIkesiklusII.Berdasarkanhasilpenelitiandiatasdapatdiketahuibahwametodepembelajaranbelajartuntas(masterylearning)dapatditerapkandalammatapelajarangambarkonstruksibangunan(GKB)sertadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Berdasarkanpenelitianinidisarankan(1)gurudapatmenetapkanmodelpembelajaranbelajartuntas(masterylearning)sebagaialternatifpembelajarankarenaterbuktimampumeningkatkanhasilbelajarsiswakelasXITGB1(2)siswadiharapkanmembiasakandiriuntukmengeluarkanidemaupungagasandalamsemuaprosespembelajaran(3)sebaiknyadalampenelitianselanjutnyadapatditelitijugafaktor-faktorlainyangmempengaruhihasilbelajarsiswasehinggapenelitianpadametodebelajartuntas(masterylearning)bisalebihspesifikdanterperinci.