Kesesuaian tingkat ranah kognitif pada soal ujian dengan tujuan pembelajaran siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK di Kabupaten Kediri / Niswah Qurrota A'yun

Main Author: A'yun, Niswah Qurrota
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/44208/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAyunNiswahQurrota.2016.KesesuaianTingkatRanahKognitifpadaSoalUjiandenganTujuanPembelajaranSiswaProgramKeahlianTeknikGambarBangunanSMKdiKabupatenKediri.SkripsiJurusanTeknikSipilFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SutrisnoS.T.M.Pd(II)Drs.MadeWenaM.Pd.M.T.KataKuncitingkatranahkognitifsoalujiantujuanpembelajaranTujuanpembelajaranmerupakanrumusanstandaryangharusdicapaisiswa.Standarkemampuanberfikirsiswadifokuskansebagaiperumusantujuanpembelajarandenganmenggunakandasarranahkognitif.Ranahkognitifadalahkemampuanyangmencakupkegiatanberfikir.Padaranahkognitifterdapattingkatanyangmengarahkanpesertadidikuntukberfikirmulaidaritingkatanrendahhinggatinggi(C1-C6).Soalujiansebagaiinstrumenyangmengujikemampuanberfikirsiswa.Soalmengarahkansiswaagardapatmencapaitujuanpembelajaran.Olehkarenaitudibutuhkankesesuaiantingkatranahkognitifyangdigunakandalammembuatsoalujiandanmerumuskantujuan.Masalahyangterjadidaribeberapapenelitianlainditemukanketidaksesuaianantarasoaldengantujuanpembelajaransehinggasoaltidakdapatmengukurketercapaiantujuanpembelajaran.Berkaitandenganhalitumakadiperlukanpembahasanmengenaikesesuaiantingkatranahkognitifpadasoalujiandengantujuanpembelajaran.TujuanPenelitianiniadalahuntukmendeskripsikan(1)penyebarantingkatranahkognitifpadasoalujian(2)penyebarantingkatranahkognitifpadatujuanpembelajarandan(3)kesesuaiantingkatranahkognitifpadasoalujiandengantujuanpembelajaran.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkuantitatif.Datadokumentasidalampenelitianiniadalahsoalujianhariantujuanpembelajarandansoalujianakhirsemester.Kegiatananalisisdatadimulaidaripengkategoriantingkatranahkognitifpadasetiapbutirsoalujiandantiappointujuanpembelajaranpenyesuaiantingkatranahkognitifpadasoaldantujuandananalisischi-square.Hasilpenelitianmenunjukkanpertamapenyebarantingkatranahkognitifpadasoalujiandidapat37%padatingkatranahmengingat(C1)33%padatingkatranahmemahami(C2)30%padatingkatranahmengaplikasi(C3)dan0%padatingkatranahmenganalisis(C4)mengevaluasi(C5)danmencipta(C6).Keduapenyebarantingkatranahkognitifpadatujuanpembelajarandidapat1%padatingkatranahmengingat(C1)57%padatingkatranahmemahami(C2)42%padatingkatranahmengaplikasi(C3)dan0%padatingkatranahmenganalisis(C4)mengevaluasi(C5)danmencipta(C6).Ketigatidakadakesesuaiantingkatranahkognitifpadasoalujiandengantujuanpembelajaran.TingkatranahkognitifsoalcenderunglebihrendahdaripadatingkatranahkognitifpadatujuanpembelajarankeahlianprogramTeknikGambarBangunan(TGB)SMKdiKabupatenKediri.