Kinerja pelayanan angkutan umum bus Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP) trayek Bojonegoro-Surabaya / Surya Anita Rachmawati

Main Author: Rachmawati, Surya Anita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/44201/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRachmawatiSuryaAnita.2015.KinerjaPelayananAngkutanUmumBusAntarKotaDalamPropinsi(AKDP)TrayekBojonegoro-Surabaya.SkripsiProgramStudiS1PendidikanTeknikBangunanFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.SugiyantoS.TM.T(II)PranotoS.T.M.T.KataKuncikinerjapelayananangkutanumumSaranaangkutanumumharusdimaksimalkansebaikmungkinselainuntukmenarikpenggunajasaangkutanumumsertadapatmemberikandampakpositifterhadapperkembanganangkutanumumuntukmasamendatangkarenasaatinibanyakmasyarakatyanglebihmemilihmenggunakankendaraanpribadi.MasalahyangmunculdaribusantarkotatrayekBojonegoro-Surabayayaituketikapenumpangharusmenungguwaktuyangcukuplamasaatoperatorbusmencaripenumpangataubiasadisebutdenganistilahngetemkemudianketikamelajukankendaraanyangterlalukencangsehinggasopirbusugal-ugalanketikadijalanhal-haliniyangmembuatsebagianpenumpangterkadangmalasmenggunakanbussebagaisaranaperpindahantempat.MempertimbangkanmasalahinimakadiperlukankinerjapelayananangkutanumumbustrayekBojonegoro-Surabaya.PenelitianinidilakukandengantujuanuntukmendeskripsikankinerjapelayananangkutanumumbusantarkotadengantrayekBojonegoro-Surabayayangmanakinerjapelayananmencangkupaksesibilitaskerapatankecepatanheadwayfaktormuat(loadfactor)waktutungguutilitasdanwaktuperjalanan.Pengumpulandatamenggunakanmetodepenyebaranangketuntukmendapatkaninformasimengenaiaksesbilitaswawancaraterhadapsupiruntukmengetahuibesaranutilitasbusdansurveionboarduntukmendapatkanjumlahpenumpangwaktuantara(headway)kecepatanperjalananaksesibilitasmenujuterminal.AnalisisdatamenggunakanalatbantuberupasoftwareMicrosoftexcel.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwakinerjapelayananangkutanumumbusantarkotatrayekBojonegoro-Surabayacukupbaikbiladitinjaudarisegiaksesibilitasdanheadwaydantidaktidakidealketikaditinjaudarisegibesarnyakerapatanyangterlalukecil01491kend/kmdankurangdankurangdrstandaryangtelahditentukandanuntukkecepatanrata-ratabus3826km/jamyangbelummemenuhistandaryangada25km/jam(DirjenPerhubunganDarat).Kinerjaangkutanumumyangditinjaudariwaktutungguyangtidakmelebihi10-20menit(WorldBank)danwaktuperjalananyangtidakmelebihiwaktumaksimal2-3jam(DirjenPerhubunganDarat)sementarautilitasyangmencapai490km/kend/haridalamkondisijaringanjalanyangbaiktidakidealdenganstandartyangada230-260km/kend/hari(WorldBank)danloadfactorrata-rata6475%dan6520%yangkurangdari70%(DirjenPerhubunganDarat)jugamengakibatkankurangidealnyakinerjapelayananbus.