Perbandingan prestasi gambar interior dan eksterior bangunan gedung dengan program autocad dan program google sketchup pada siswa kelas XII Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Probolinggo / M. Farizal Utama

Main Author: Utama, M. Farizal
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/44182/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKUtamaMuhammadFarizal.2015.PerbandinganPrestasiGambarInteriorDanEksteriorBangunanGedungDenganProgramAutoCADDanProgramGoogleSketchupPadaSiswaKelasXIITeknikGambarBangunanDiSMKNegeri2Probolinggo.SkripsiProgramStudiS1PendidikanTeknikBangunanFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.SuparnoS.T.M.T(II)Drs.N.BambangRevantoroS.T.M.TKatakunciprogramAutCADdanprogramGoogleSketchupprestasigambarinteriordaneksteriorbangunangedungGambarInteriordanEksteriorBangunanGedung(GIEB)merupakanmatapelajarankejuruanTGByangdiajarkandiSMKN2ProbolinggopadakelasXIIdimanadalammatapelajaranGIEBsiswadituntutmampumengusaimateridesaininteriordaneksteriorbangunansertadapatmenyajikanyadalambentukgambar3dimensi.PadamatapelajaraniniprogramyangdigunakanuntukmenggambaradalahprogramAutoCAD.KemudahanpenggunaanprogramGoogleSketchUpdalammenggambar3dimensimembuatsebagianorangmemilihprograminiuntukmenggambar3dimensi.TujuandalampenelitianiniadalahuntukmengetahuiapakahadaperbedaanprestasiGIEBantarasiswayangmenggunakanprogramAutoCADdanprogramGoogleSketchuppadaprogramkeahlianTGBdiSMKNegeri2Probolinggo.Desainpenelitianiniadalahquasieksperimentalbentukdesainquasieksperimentalyangdigunakanadalahnonequivalentcontrolgroup.Rancanganinimembandingkanprestasisatukelompokyangtidakmendapatkanperlakuandengankelompoklainyangtelahmendapatkanperlakuaneksperimen.PadakelaskontroldibelajarkandenganpembelajaranmenggunakanprogramAutoCADsedangkanpadakelaseksperimenmenggunakanprogramGoogleSketchUp.Dalampenelitianinidiperolehkesimpulansebagaiberikut(1).PrestasiGIEBsiswayangmenggunakanprogramAutoCADadalah(a).reratapre-test37.46dengannilaitertinggi39dannilaiterendah34(b).reratapost-test68.62dengannilaitertinggi77dannilaiterendah61.(2).PrestasiGIEBsiswayangmenggunakanprogramGoogleSketchUpadalah(a).reratapre-test39.66dengannilaitertinggi44dannilaiterendah35(b).reratapost-test80dengannilaitertinggi92dannilaiterendah77.(3).AdaperbedaanyangsignifikanprestasiGIEBantarasiswayangmenggunakanprogramAutoCADdansiswayangmenggunakanprogramGoogleSketchUp.