Penerapan metode pembelajaran quantum learning untuk meningkatkan prestasi belajar siswa padxa mata pelajaran mekanika teknik kelas X TGB SMK Negeri 6 Malang / Mohammad Zaini
Main Author: | Zaini, Mohammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/44122/ |
Daftar Isi:
- ZainiMohammad.2014PenerapanMetodePembelajaranQuantumTeachingUntukMeningkatkanPrestasiBelajarSiswaPadaMataPelajaranMekanikaTeknikKelasXTGBSMKNegeri6Malang.SkripsiProgramStudiS1PendidikanTeknikBangunanFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.IMadeOkaMulyaM.Pd(II)Drs.Ir.IWayanJirnaM.T.KataKunciMetodeQuantumTeachingPrestasiBelajarMekanikaTeknik12288122881228812288Metodepembelajaranmempunyaiperananyangsangatpentingdalamprosespembelajaran.Penerapanmetodeyangbaikadalahmetodeyangmampumengoptimalkanprosespembelajaransehinggaprestasibelajarsiswamaksimal.Siswadituntutaktifdalamprosespembelajaransehinggagurutidakhanyamenyampaikandalambentukceramahsaja.ProsespembelajarandikelasXTGBSMKNegeri6Malangmasihmenggunakanmetodepembelajarankonvensionalyaituceramahdantugas.Metodeinimasihkurangtepatditerapkankepadasiswaseiringdenganpenerapankurikulum2013.Siswamerasabosandanjenuhdalamprosespembelajaransiswahanyadiamsajadudukrapimendengarkanceramahdarigurusehinggaprestasibelajarsiswatidakmaksimal.HalinitidakbolehberlangsungsangatlamakarenaakanberdampakterhadapkualitaspendidikandiIndonesia.Untukitumakadiperlukanmetodepembelajaranbaruyangmampumembuatsiswalebihaktifsehinggaprestasibelajarsiswamaksimal.12288122881228812288PenelitianTindakanKelas(PTK)inibertujuanuntukmengetahuipenerapanmetodepembelajaranquantumteachingdapatmeningkatkanprestasibelajarsiswa.Selainitujugamelihatadanyapeningkatankeaktifansiswadalamprosespembelajaran.Penelitianinidiharapkandapatmemperluaswawasanilmutentangmetodepembelajaranquantumteaching.12288122881228812288Metodepengumpulandatadenganwawancaraobservasidandokumentasi.Datayangbersifatkuantitatifdianalisisdengandeskriptifkuantitatifdandatayangbersifatkualitatifdianalisisdengandeskriptifkualitatif.12288122881228812288Hasilpenelitiantindakankelasmenunjukkanbahwapenerapanmetodepembelajaranquantumteachingdapatmeningkatkankeaktifansiswasecaraindividu3243%maupunsecarakelompok342%.Penerapanmetodepembelajaranquantumteachingjugameningkatkanprestasibelajarsiswa9091%dimanaketuntasanklasikaldikatakanberhasilapabilamencapai80%.12288122881228812288Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelasdapatdisarankankepadasekolahuntukmengembangkanmetodepembelajaranquantumteachinguntukmeningkatkankualitaspembelajarandisekolah.Gurujugadiharapkanuntukmenerapkanmetodepembelajaranquantumteachinguntukmeningkatkanprestasibelajarsiswa.