Evaluasi sarana prasarana dan pengelolaan workshop program keahlian teknik gambar bangunan sekolah menengah kejuruan di Kota Blitar / Early Nuari Pria Sandy

Main Author: Sandy, Early Nuari Pria
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/44114/
Daftar Isi:
  • NuariPEarly.2014.EvaluasiSaranaPrasaranadanPengelolaanWorkshopProgamKeahlianTeknikGambarBangunanSekolahMenengahKejuruandiKotaBlitar.SkripsiProgamStudiS1PendidikanTeknikBangunan.FakultasTeknik.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.IsnandarM.T(II)Drs.Ir.IWayanJirnaM.T.KataKunciKelayakanSaranaPrasaranaPengelolaanWorkshopteknikgambarbangunan12288122881228812288TerkaitkebijakanpengembanganproporsiSMKterhadapSMAmakaperluupayapeningkatanterhadapkualitasSMK.DalampenyelenggaraanpendidikanSMKkhususnyajurusanTeknikGambarBangunanterdapatbeberapapermasalahansalahsatunyaadalahkeusangansaranadanprasaranaworkshopteknikgambarbangunan.Salahsatustrategiuntukmenanggulangipermasalahantersebutadalahdenganperbaikansaranaprasaranadanpengelolaanworkshopteknikgambarbangunan.12288122881228812288PenelitianinibertujuanuntukmengevaluasidanmengetahuisejauhmanatingkatkelayakansaranaprasaranadanpengelolaanworkshopgambarbangunanpadaprogamkeahlianpadaProgramKeahlianTeknikGambarBangunandiSMKNegeri1BlitardanSMK1IslamBlitarberdasarkanstandaryangdipersyaratkandenganPeraturanMenteriPendidikanNasionalRINomor40tahun2008danPeraturanMenteriPendidikanNasionalRINomor28tahun2009.12288122881228812288Jenispenelitianinimerupakanpenelitiandeskriptif.SubyekpenelitianiniadalahsaranaprasaranadanpengelolaanworkshopteknikgambarbangunanpadaSMKNegeri1BlitardanSMK1IslamBlitar.Datapenelitiandiperolehdarihasilobservasidandokumentasi.InstrumenpenelitianmenggunakanchecklistyangdigunakanpadasaatobservasidenganskalapenilaianmodelRatingScale.DatasaranaprasaranadanpengelolaanyangdiperolehkemudiandibandingkandenganstandaryangtelahditentukanyangberdasarkanPeraturanMenteriPendidikanNasionalRINomor40tahun2008TentangStandarSaranadanPrasaranaSekolahMenengahKejuruandanPeraturanMenteriPendidikanNasionalRINomor28tahun2009tentangStandarKompetensiKejuruan.12288122881228812288Darihasilpenelitiandiperolehpersentasekelayakansaranadarimasing-masingruangworkshopkemudiandirata-ratasehinggadiperolehtingkatkelayakansarananworkshopteknikgambarbangunansebagaiberikut(1)tingkatkelayakansaranaworkshopgambarteknikbangunandiSMKNegeri1BlitarlebihtinggidaripadaSMK1IslamBlitaryaituSMKNegeri1Blitarmencapai9672%(sangatlayak)sedangkanSMK1IslamBlitarmencapai8452%(layak)(2)TingkatkelayakanprasaranaworkshopgambarteknikbangunandiSMKNegeri1BlitarlebihtinggidaripadaSMK1IslamBlitarnamuntergolongdalamkategoriyangsamayaituSMKNegeri1Blitarsebesar7916%(layak)danSMK1IslamBlitarmencapai7292%(layak)(3)TingkatkelayakanpengelolaanworkshopgambarteknikbangunandiSMKNegeri1BlitarlebihtinggidaripadaSMK1IslamBlitarnamuntergolongdalamkategoriyangsamayaituSMKNegeri1Blitarsebesar8571%(layak)danSMK1IslamBlitarmencapai7142%(layak).Berdasarkanhasilujihipotesisdidapatkanbahwa(1)AdaperbedaansaranaworkshopteknikgambarbangunandiSMKNegeri1BlitardenganSMK1IslamBlitarpadatarafsignifikansi0042005.(3)TidakadaperbedaanpengelolaanworkshopteknikgambarbangunandiSMKNegeri1BlitardenganSMK1IslamBlitarpadatarafsignifikansi0552005.