Pengembangan media pembelajaran berbasis animasi untuk materi dasar-dasar proyeksi pada mata pelajaran dasar-dasar gambar teknik kompetensi keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 6 Malang / M. Musthofa Al Ansyorie

Main Author: Ansyorie, M. Musthofa Al
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/43995/
Daftar Isi:
  • Katakuncimediapembelajarananimasidasar-dasarproyeksiSebagaisalahsatukomponenpokokdalamprosespenyampaiandalampembelajaranmediapembelajaranmemilikiperanyangsangatpenting.Pengembanganmediapembelajarandilakukanuntukmenghasilkansebuahprodukyangdapatdigunakandalamprosespembelajaran.Salahsatubentukdarimediapembelajaranadalahmediapembelajaranberbasisanimasi.Denganmenggunakananimasiprosestransferpesanataupengetahuandariseorangpendidikdiharapkandapattersampaikansecaramaksimalkepadapesertadidik.Hasilobservasiyangdilakukandidapatkansuatutemuanbahwakhususpadamateripelajaranproyeksisiswamengalamikesulitandalammemahamimateri.Dalammemahamimateriproyeksiinimemerlukanimajinasidankemampuanmembayangkankonsepproyeksijikatidakadacontohnyatadalampembelajaran.Makaberdasarkanpermasalahantersebutpenelitianinibertujuanuntukmengembangkanmateriproyeksiyangsudahadakedalammediapembelajaranberbasisanimasi.Modelpenelitianyangdigunakanmenggunakanmodelpenelitiandanpengembangandenganlangkah-langkah(1)penelitiandanpengumpulaninformasiawal(2)perencanaanmedia(3)pengembanganprodukawal(4)validasiahli(5)analisadanrevisihasilvalidasi(6)ujicobakelompokbesarserta(7)analisisdanrevisiprodukakhir.Validasidilakukanterhadapprodukawaloleh2orangahlimediadan3orangahlimateri.SelainitujugamediapembelajarnainidiujicobakanpadasiswakelasXGB1danXGB2SMKN6Malanguntukmengetahuiresponsiswaterhadappenggunaanmediaini.Data-datadikumpulkandenganmenggunakaninstrumenpengumpulandataberupalembarvalidasidanlembarresponsiswadankemudiandianalisa.Produkyangdihasilkanadalahmediapembelajaranberupafilepresentasiyangberbasisanimasidandilengkapidenganvideoanimasiuntukmateridasardasarproyeksi.Hasilyangdidapatkandarivalidatoradalahnilairata-ratapenilaianolehahlimediasebesar354yangtergolongvalidataujikadiprosentasekansebesar885%.Sedangkanuntukrata-ratapenilaiandanprosentasepenilaianolehahlimateriadalah338denganprosentasesebesar846%.Untuknilairata-rataresponsiswaterhadapmediapembelajaransecarakeseluruhansebesar322denganprosentase804%.Jadidapatdisimpulkanmediapembelajaranyangdikembangkantergolongdalamkategorivaliddanlayakuntukdigunakan.Untukpengembanganlebihlanjutmediainidapatdibuatmenjadilebihinteraktifsehinggatidakperlupendampingangurusaatmenggunakanmediaini.