Penerapan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran autocad kelas X di SMK Negeri I Singosari / Rustam

Main Author: Rustam
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/43933/
Daftar Isi:
  • KatakuncipembelajarankooperatifmodeljigsawmotivasidanhasilbelajarDisaatinimasihbanyaktenagapendidikyangmenggunakanmetodeceramahdalamkegiatanpembelajarandikelassehinggasuasanabelajarterkesankakudandidominasiolehguru.Prosespembelajaranyangdilakukanolehbanyaktenagapendidiksaatinicenderungpadapencapaiantargetmaterikurikulumlebihmementingkanpadapenghafalankonsepbukupadapemahaman.Dalamhalinidiperlukanguruyangkreatifyangdapatmembuatpembelajaranmenjadilebihmenarikdandisukaiolehsiswa.Suasanakelasperludirencanakandandibangunsedemikianrupadenganmenggunakanmodelpembelajaranyangtepatagarsiswadapatmemperolehkesempatanuntukberinteraksisatusamalainsehinggapadagilirannyadapatdiperolehhasilbelajaryangoptimal.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk(1)MengetahuipenerapanpembelajarankooperatifmodeljigsawdikelasXpadamatapelajaranautocaddiSMKNegeri1Singosari(2)Mengetahuimotivasibelajarsiswapadamatapelajaranautocadmelaluipenerapanpembelajarankooperatifmodeljigsaw3)MengetahuihasilbelajarsiswamelaluipenerapanpembelajarankooperatifmodelJigsaw.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK).SubjekyangditelitiadalahsiswakelasXdiSMKNegeriISingosariMalangpadamatapelajaranautocad.Pengumpulandatayangdigunakanberupaobservasiaktivitassiswaangketdanposttest.Untukmenjaminvaliditasdatadigunakanteknikperpanjanganpengamatanpeningkatanketekunandiskusitemansejawat.Analisisdatadalampenelitianinidilakukansecaradeskriptifkualitatifdenganmetodealur.Berdasarkanhasilpenelitian(1)penerapanmetodepembelajarankooperatifmodelJigsawdapatmeningkatkankeaktifansiswapadamatapelajaranautocadyangmanapadaakhirputaranmencapaisebesar819%(2)penerapanmetodepembelajarankooperatifmodelJigsawdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswapadamatapelajaranautocadyangmanamengalamiperubahanmotivasibelajarsiswamencapaikualitas970%dengankategori(sangatbaik)(3)penerapanmetodepembelajarankooperatifmodelJigsawdapatmeningkatkanhasilbelajarpadamatapelajaranautocadyangditunjukandenganadanyapeningkatannilairata-ratasiswanilairata-ratasiswapadaakhirputaranmencapai7909%.