Penerapan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran autocad kelas X di SMK Negeri I Singosari / Rustam
Main Author: | Rustam |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/43933/ |
Daftar Isi:
- KatakuncipembelajarankooperatifmodeljigsawmotivasidanhasilbelajarDisaatinimasihbanyaktenagapendidikyangmenggunakanmetodeceramahdalamkegiatanpembelajarandikelassehinggasuasanabelajarterkesankakudandidominasiolehguru.Prosespembelajaranyangdilakukanolehbanyaktenagapendidiksaatinicenderungpadapencapaiantargetmaterikurikulumlebihmementingkanpadapenghafalankonsepbukupadapemahaman.Dalamhalinidiperlukanguruyangkreatifyangdapatmembuatpembelajaranmenjadilebihmenarikdandisukaiolehsiswa.Suasanakelasperludirencanakandandibangunsedemikianrupadenganmenggunakanmodelpembelajaranyangtepatagarsiswadapatmemperolehkesempatanuntukberinteraksisatusamalainsehinggapadagilirannyadapatdiperolehhasilbelajaryangoptimal.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk(1)MengetahuipenerapanpembelajarankooperatifmodeljigsawdikelasXpadamatapelajaranautocaddiSMKNegeri1Singosari(2)Mengetahuimotivasibelajarsiswapadamatapelajaranautocadmelaluipenerapanpembelajarankooperatifmodeljigsaw3)MengetahuihasilbelajarsiswamelaluipenerapanpembelajarankooperatifmodelJigsaw.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK).SubjekyangditelitiadalahsiswakelasXdiSMKNegeriISingosariMalangpadamatapelajaranautocad.Pengumpulandatayangdigunakanberupaobservasiaktivitassiswaangketdanposttest.Untukmenjaminvaliditasdatadigunakanteknikperpanjanganpengamatanpeningkatanketekunandiskusitemansejawat.Analisisdatadalampenelitianinidilakukansecaradeskriptifkualitatifdenganmetodealur.Berdasarkanhasilpenelitian(1)penerapanmetodepembelajarankooperatifmodelJigsawdapatmeningkatkankeaktifansiswapadamatapelajaranautocadyangmanapadaakhirputaranmencapaisebesar819%(2)penerapanmetodepembelajarankooperatifmodelJigsawdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswapadamatapelajaranautocadyangmanamengalamiperubahanmotivasibelajarsiswamencapaikualitas970%dengankategori(sangatbaik)(3)penerapanmetodepembelajarankooperatifmodelJigsawdapatmeningkatkanhasilbelajarpadamatapelajaranautocadyangditunjukandenganadanyapeningkatannilairata-ratasiswanilairata-ratasiswapadaakhirputaranmencapai7909%.